10 Fakta Menarik Tentang Anjing German Shepherd Atau Herder

Posted on

anjing jenis german shepherd

German Shepherd dog atau anjing gembala Jerman yang sering kita sebut dengan anjing herder adalah jenis anjing yang sangat populer dan banyak sekali dipelihara oleh para pencinta anjing baik sebagai anjing rumahan keluarga maupun anjing pekerja.

Cantik, elegan dan kepintaran serta kesetiaan mereka membuat banyak sekali keluarga yang memeliharanya, German Shepherd adalah salah satu anjing yang sangat populer di dunia.

Kemampuan untuk dilatih dan kepatuhannya membuat jenis ini telah menjadikan mereka sebagai anjing yang paling diinginkan untuk dipelihara.

Tinggi badan jantan ada di kisaran sekitar 60-65 cm sementara untuk betina sekitar 55-60 cm sedangkan berat badan mereka ada di sekitar 37-48 kg dan memiliki double coat medium yang beragam seperti warna mereka.

Berikut adalah 10 fakta menarik mengenai Jerman Shepherd

  1. Sejarah Anjing German Shepherd

Fakta menarik dari anjing yang satu ini adalah sejarahnya, seperti namanya Jerman Shepherd memang berasal dari Jerman awal mereka mendapatkan perhatian publik pada akhir tahun 1800-an.

Terima kasih kepada bapak Max Von stephaniz mantan Kapten kavaleri yang berpikir bahwa anjing harus difungsikan untuk bekerja.

Oleh karena itu jenis anjing ini mulai berkembang ketika dia melihat sebuah pameran anjing ditahun 1899 dia menghampiri seekor anjing bernama Hector linkshrein.

Kagum dengan kepintaran dan kemampuannya membuat Max Von stephaniz membeli Anjing itu dan menamakannya Horand Von Grafath.

Lalu sebuah klub didirikannya dimana Horand dideklarasikan sebagai anjing yang pertama dan anjing tersebut menjadi dasar atau awal dari genetika anjing herder modern, Setelah dikawinkan dengan beberapa betina dan menjadi ayah dari banyak anakan.

  1. etimologi

Apakah kamu tahu bagaimana jenis ini dinamakan?

Kembali ke awal mulanya di anjing ini digunakan untuk menggembala dan menjaga domba di sebuah peternakan dan akhirnya dinamakan German Shepherd.

Tetapi setelah perang dunia pertama dipercaya bahwa popularitas mereka akan berdampak dengan kata Jerman Oleh karena itu namanya diganti oleh sebagai Alsatin Wolf Dog.

Setelah lebih dari lima dekade disebut dengan wolfdog, German Shepherd kembali disebut dengan nama aslinya setelah mendapatkan tekanan demi tekanan dari penggemar anjing.

Ini juga untuk memastikan keaslian dari jenis ini agar legalitasnya tidak menjadi masalah di kemudian hari.

  1. Varian Warna

Anjing Herder hadir dengan banyak jenis warna seperti halnya jenis anjing yang lain, pada umumnya mereka berwarna hitam, Abu, krem, tane Stable, perak atau campuran dari dua atau lebih warna tersebut.

Kita juga terkadang bisa menemukan warna yang sangat jarang ditemukan seperti coklat hati, biru atau pola panda.

Jika kamu ingin memelihara anjing ini harus diperhatikan bahwa beberapa jenis warna tidak diakui oleh banyak organisasi anjing yang mempertimbangkan beberapa corak adalah kesalahan.

Warna putih polos, biru Solid, coklat kekuningan, merah polos dengan titik hitam dan titik hitam dan putih adalah warna yang tidak bisa diterima oleh kebanyakan organisasi Anjing.

Jadi sebelum yakin meminang anjing jenis ini, kamu perhatikan juga warna dan corak yang akan kamu pilih agar tidak menjadi kesalahan di kemudian hari.

  1. grooming

German Shepherd terkadang suka dicandai dengan julukan German ciders karena bulu mereka rontok seperti badai salju sebanyak dua kali setahun menyisir bulu mereka sebanyak dua atau tiga kali seminggu sangatlah disarankan.

Selain perawatan bulu, memotong kuku, pengecekan telinga, membersihkan gigi serta perawatan lain harus selalu diperhatikan untuk menjaga kebersihan serta kesehatannya.

  1. intelegensia atau kecerdasan di atas rata – rata

German Shepherd berada di urutan ketiga Sebagai anjing paling pintar di dunia pada buku anjing pintar yang ditulis oleh Stanley Coren diketahui bahwa German Shepherd dapat mempelajari suatu hal yang diajarkan hanya dalam lima kali pengulangan.

Kemampuan mengikuti perintah dari anjing ini adalah ada di kisaran 95% dan penggabungan kepintaran dan kekuatan ini sangat dibutuhkan untuk keperluan Search and Rescue.

Saat ini banyak sekali German Shepherd yang berprestasi dalam dunia Dog Sports seperti IGP dimana induk organisasi yang menyelenggarakan kejuaraan dunianya adalah WUSV.

Bahkan German Shepherd sempat digadang-gadang sebagai salah satu jenis anjing yang setara dengan anjing jenis belgian malinois.

6. kondisi kesehatan

German Shepherd sering dilaporkan banyak sekali kekurangan, pada umumnya mungkin disebabkan oleh perkawinan saudara beberapa zaman yang lalu.

Beberapa penyakit yang terjadi di jenis ini adalah Hip dan Elbow Dysplasia, Degenerative Myelopathy, kembung dan alergi.

khusus untuk luar visme kelenjar bawah otak juga terlihat di beberapa kesempatan meskipun jarang sekali ini bisa menyebabkan anjing terlihat seperti anak anjing selamanya.

7. temperamen

Pada dasarnya mereka sangat bersahabat jika kita sudah terbiasa dengan mereka, sosialisasi Dini sangat disarankan untuk anjing jenis ini karena mereka bisa saja menjadi galak terhadap orang asing.

Beberapa German Shepherd  yang dibesarkan dengan tidak benar dapat menunjukkan sikap yang gugup dan agresif mereka juga sangat protektif, aktif dan sangat cepat belajar hal-hal yang baru.

8. Anjing Pekerja

Mereka adalah anjing pekerja serta dikenal juga sebagai anjing polisi.

German Shepherd juga banyak digunakan di institusi militer untuk keperluan Search And Rescue, melacak penjahat, mendeteksi bahan peledak dan juga sebagai anjing patroli di area tertentu.

Beberapa diantara mereka adalah pahlawan di Perang Dunia ke-2 di mana mereka difungsikan sebagai anjing penjaga juga sebagai anjing pengirim berita.

Mereka memiliki kemampuan penciuman yang tajam dan kemampuan bekerja yang tinggi meskipun adanya gangguan membuat mereka sangat cocok untuk penugasan seperti ini.

Mereka telah menunjukkan kemampuan mereka tidak hanya melalui persahabatan tetapi juga melalui kerja keras dan dedikasi di banyak misi German Shepherd serta masih digunakan untuk menggembala domba di beberapa tempat.

9. Pola Makan dan Perawatan

Seperti banyak jenis anjing lainnya kita harus benar-benar memperhatikan pola makan dari German Shepherd sangat direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter hewan untuk mendapatkan porsi dan makanan yang tepat bagi mereka.

Perhatikan nutrisi yang mereka butuhkan dari anakan hingga dewasa dan juga pemberian pakan yang berlebihan tidak disarankan karena bisa menyebabkan masalah bagi kondisi kesehatan mereka.

Latihan rutin adalah sebuah keharusan karena jika kita biarkan mereka tanpa pelatihan untuk jangka waktu yang terlalu lama maka kita akan menemukan perilaku yang tidak menyenangkan seperti mengunyah barang, menggali tanah atau menggonggong.

10. popularitas

Banyak beredar film atau cerita yang dapat kita tonton atau baca tentang peran anjing ini dalam cerita drama peperangan penyelamatan dan lain-lain German Shepherd dikenal luas secara internasional setelah perang dunia pertama sampai hari ini.

Bagaimanapun pamor Mereka terlihat menurun setelah perang dunia kedua karena sentimen anti Jerman banyak tentara yang menyombongkan jenis anjing ini tetapi lupa bahwa artis terbesarnya adalah rintintin.

Siapa lagi kalau bukan yang menjadi sensasi internasional yang bermain di film layar lebar yaitu German Shepherd bernama Strong Heart adalah salah satu dari Hanya dua ekor German Shepherd yang masuk ke Hall Of Fame Hollywood.

Mereka adalah anjing yang sering bermain di film hitam-putih sekitar tahun 1920-an.

Itulah 10 fakta menarik tentang German Shepherd yang mungkin berguna bagi anda semua, jangan lupa juga untuk membaca artikel menarik lainnya seputar hewan di binatangmu.com dan bagikan artikel ini jika dirasa bermanfaat.

Baca Juga : Apakah Anjing dan Kucing Bisa Akur? Ini Jawabannya!