Daftar Harga Grooming Kucing Terbaru

Posted on

Apakah Anda memiliki kucing di rumah? Jika ya, pasti Anda rutin melakukan grooming pada kucing Anda. Grooming adalah kegiatan memandikan kucing untuk membuat bulunya lebih bersih, wangi, dan bebas dari kotoran dan kutu. Harga grooming kucing bervariasi, tergantung pada kategori dan ukuran tubuh kucing. Untuk memperoleh gambaran tentang biayanya, Anda bisa memperhatikan uraian di bawah ini.

Harga Grooming Kucing?

Layanan grooming kucing di pet shop atau salon dilakukan oleh profesional dengan menggunakan alat-alat khusus. Biasanya hasilnya lebih memuaskan dibandingkan jika Anda melakukan grooming sendiri di rumah. Berapa biaya grooming kucing di pet shop atau salon tersebut? Berikut ini adalah rincian Harga grooming kucing.

  • Untuk kategori mandi biasa, biaya grooming kucing kecil berkisar antara Rp50.000 – Rp120.000, sedangkan untuk kucing besar biayanya berkisar antara Rp50.000 – Rp150.000.
  • Untuk kategori mandi anti kutu, biaya grooming kucing kecil berkisar antara Rp75.000 – Rp150.000, sedangkan untuk kucing besar biayanya berkisar antara Rp75.000 – Rp200.000.
  • Untuk kategori mandi anti jamur, biaya grooming kucing kecil berkisar antara Rp75.000 – Rp150.000, sedangkan untuk kucing besar biayanya berkisar antara Rp75.000 – Rp2000.000.
  • Untuk kategori mandi kombinasi, biaya grooming kucing kecil berkisar antara Rp100.000 – Rp200.000, sedangkan untuk kucing besar biayanya berkisar antara Rp100.000 – Rp300.000.
  • Untuk kategori mandi maintenance, biaya grooming kucing kecil sekitar Rp200.000, sedangkan untuk kucing besar biayanya sekitar Rp325.000.

Harga grooming kucing dipengaruhi oleh kategori grooming dan ukuran kucing. Walaupun begitu, biaya tersebut cukup terjangkau. Namun, besaran harga tersebut mungkin berbeda di tempat lain. Sebaiknya Anda mempersiapkan dana lebih untuk berjaga-jaga.

Kenapa Harus Grooming Kucing?

Grooming merupakan salah satu cara terbaik untuk merawat kucing. Selain menjaga kebersihan bulu kucing, grooming juga dapat menjaga kesehatan kucing. Terlebih lagi, jika Anda memilih melakukan grooming di pet shop yang menyediakan berbagai pilihan jenis grooming, Anda akan semakin terjamin bahwa kucing Anda mendapatkan perawatan terbaik.

Meskipun grooming kucing dapat dilakukan sendiri di rumah, mandi kucing tidak hanya sebatas memberikan air dan sampo ke tubuhnya, kemudian dibilas dengan air mengalir. Pet shop biasanya menyediakan beberapa pilihan perawatan mandi khusus seperti mandi jamur atau anti kutu yang dapat membantu menjaga kesehatan kucing Anda.

Oleh karena itu, lebih baik membayar lebih untuk melakukan grooming di pet shop daripada melakukannya sendiri tapi tidak sempurna. Beberapa kucing mungkin memiliki masalah atau penyakit yang akan memburuk jika tidak diobati, sehingga perawatan yang tepat di pet shop dapat membantu mencegah masalah tersebut semakin parah.

Manfaat Grooming Kucing

Rutin melakukan grooming sesuai anjuran tentunya bertujuan untuk menjaga kebersihan dan menghilangkan bau pada kucing. Namun, terdapat juga beberapa manfaat lain dari grooming kucing, seperti berikut:

1. Mencegah Bulu Rontok

Kucing yang tidak mendapat perawatan yang baik dapat mengalami infeksi parasit seperti kutu yang dapat menyebabkan rambut rontok akibat terus menggaruk. Agar kucing Anda selalu sehat, lakukan grooming secara rutin. Ini akan membantu menjaga kebersihan kucing dan mencegah masalah seperti infeksi parasit.

2. Mencegah Iritasi Kulit

Salah satu tahapan dari grooming kucing adalah membersihkan bulunya dengan menyikat atau menyisir. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran, mencegah iritasi pada kulit, dan mencegah timbulnya kerutan. Dengan melakukan grooming secara teratur, Anda dapat membantu menjaga kesehatan dan kecantikan bulu kucing Anda.

3. Bebas dari Bakteri dan Ektoparasit

Ektoparasit adalah parasit yang hidup di luar tubuh inang, seperti kutu dan tungau. Salah satu penyakit serius yang dapat terjadi pada kucing akibat infeksi ektoparasit adalah anemia, yang disebabkan oleh ektoparasit menelan darah kucing. Oleh karena itu, penting untuk melakukan grooming secara berkala untuk mencegah infeksi bakteri dan ektoparasit pada kucing Anda.