Cara Memandikan Kucing yang Takut Air

Posted on
Ilustrasi Kucing (Foto: Oyen Pet Insurance)

Binatangmu Pada umumnya kucing memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri dari kuman dan bakteri dengan menjilat dirinya sendiri. Walaupun begitu, terdapat waktu-waktu tertentu dimana kucing kesayangan kita harus dimandikan.

Sayangnya, tak sedikit spesies kucing yang takut dengan air. Karenanya, kalian perlu menyiapkan trik khusus cara memandikan kucing yang takut air agar kucing kesayangan kita tetap bersih, wangi dan sehat.

Cara memandikan kucing yang takut air pada dasarnya bisa dipelajari loh. Oleh sebab itu simak cara memandikan kucing yang takut air melalui artikel ini hingga selesai. Setelah memahaminya, langsung saja praktikan trik jitunya.

Beberapa hal yang berkaitan dengan cara memandikan kucing yang takut air akan dibahas mulai awal hingga akhir agar kalian benar-benar paham dan tidak salah langkah dalam memandikan kucing ya sobat. Berikut pembahasannya.

Apa Alasan Kucing Tidak Suka Air?

Beberapa ahli berpendapat jika alasan utama kucing tidak suka dengan air karena nenek moyangnya pertama kali hidup di daerah Afrika yang panas dan kering. Hal ini membuat kucing hanya sedikit menerima dan bertemu air sehingga menganggap air adalah hal asing.

Perilaku tersebut kemudian diturunkan dan membuat kucing-kucing lainnya tidak menyukai air. Alasan yang lebih ilmiah menyebutkan jika suhu tubuh kucing umumnya sekitar 98,1 Fahrenheit hingga 102,1 Fahrenheit yang artinya memiliki suhu lebih panas dari manusia.

Hal ini menyebabkan kucing memiliki toleransi cukup tinggi terhadap suhu panas dan suka berada di tempat hangat sehingga ia menjadi sensitif terhadap hal-hal yang berkaitan dengan suhu rendah seperti air.

Bagaimana Cara Memilih Waktu yang Tepat Untuk Memandikan Kucing?

Waktu yang tepat untuk memandikan kucing yang takut air yakni saat kucing kesayangan kita dalam kondisi bahagia, perutnya kenyang, dan sehat. Hal yang yang perlu diperhatikan yakni cuaca saat kita hendak memandikan kucing.

Seperti yang telah dibahas di atas, kucing sangat sensitif dengan suhu rendah dan kurang nyaman berada dalam kondisi dingin. Oleh sebab itu jangan mandikan kucing saat cuaca sedang mendung atau turun hujan agar kucing tidak sakit dan tidak memberontak karenan kedinginan.

Cara Memandikan Kucing yang Takut Air

Pertama, gunakan air hangat untuk memandikan kucing yang takut air. Hal ini bertujuan untuk membuat kucing kesayangan kita merasa nyaman saat dimandikan.

Kedua, basahi kucing secara perlahan dan jangan langsung mengguyurnya dengan air dalam jumlah banyak. Kalian bisa mengguyur kucing secara pelan dengan menggunakan tangan sambil menenangkan kucing agar tidak kaget.

Ketiga, pilih sampo khusus untuk kucing yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Penting diperhatikan jangan pernah menggunakan sampo manusia kepada kucing kesayangan kita karena kucing dan manusia memiliki struktur rambut dan bulu yang berbeda.

Terdapat beberapa pilihan sampo yang bisa dipilih berdasarkan fungsinya, seperti M-Pets Hairball Prevention Shampoo untuk bulu kucing yang gampang kusut, Volkpets Shampoo and Conditioner untuk membuat bulu kucing semakin lembut, atau Dogs and Cats Premium Pet Shampoo untuk melembabkan.

Keempat, setelah memberikan sampo pada kucing dan membilasnya, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yakni membersihkan area wajah dan telinga.

Bersihkan wajah kucing dengan hati-hati, begitu pula dengan bagian telingannya. Kalian bisa menggunakan kapas dan jangan diberi air karena bisa menumbuhkan jamur di telinga kucing.

Terakhir keringkan bulu kucing dengan menggunakan hair dryer atau dengan menjemur kucing dibawah hangatnya matahari setelah kalian membasuh kucing dengan handuk.

Hal ini bertujuan membuat kucing kembali merasa hangat dan nyaman setelah dimandikan sehingga tidak ada jamur yang tumbuh karena kucing dalam kondisi lembab alias tidak kering.

Tips Membuat Kucing Suka Mandi

Nah berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa dicoba untuk membuat kucing kesayangan kita menjadi suka mandi.

-Tips pertama yakni mandikan kucing sejak masih kecil atau masih anak kucing.

Tips pertama ini bisa membantu kucing kesayangan kita beradaptasi dan terbiasa dengan kebiasaan mandi sehingga ia tidak lagi takut dengan air saat hendak dimandikan.

-Tips kedua membuat kucing suka mandi yakni dengan membiasakan kucing kesayangan kita dengan keberadaan wastafel atau bak mandi.

Untuk membuat kucing terbiasa dengan kedua tempat tersebut, kalian bisa menaruh beberapa mainan kesukaannya disekitar wastafel atau bak mandi sehingga membuat kucing nyaman dan tidak takut lagi.

-Tips ketiga yakni dengan memberikan air pada wastafel atau bak mandi kucing setelah kucing kesayangan kita menerima keberadaannya.

Isikan sedikit air saja dan letakkan beberapa mainan kesukannya di atas air. Biarkan kucing bermain dengan air tersebut.

Setelah terbiasa, diharapkan kucing kesayangan kita tidak lagi takut dengan air dan bisa dimandikan dengan mudah.

Nah itu dia pembahasan tentang cara memandikan kucing yang takut air. Karena kucing merupakan hewan peliharaan yang takut air, diperlukan perlakuan khusus agar kucing kesayangan kita bisa mandi dengan nyaman dan tidak banyak memberontak.***