Agar Kucing Tidak Hamil, Bagaimana Caranya?

Diposting pada

Bagaimana agar kucing tidak hamil? Ini mungkin menjadi sebuah pertanyaan bagi kamu yang sudah terlalu banyak memelihara kucing. Selain itu, terkadang pemilik kucing juga membatasi usia kucing betina, yang sudah mulai tua, agar tidak hamil lagi sehingga tidak menganggu kesehatan mereka. Lalu bagaimana cara mencegah agar kucing tidak hamil?

Pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan bagaimana mencegah agar kucing tidak hamil, cara alami menstrerilkan kucing betina, obat untuk menurunkan birahi kucing, hingga ramuan agar kucing tidak hamil.

Agar Kucing Tidak Hamil, Bagaimana Caranya?

Mencegah Agar Kucing Tidak Hamil

Seperti yang kita tahu, berkembang biak adalah kondisi alami semua binatang, termasuk kucing. Namun terdapat beberapa kondisi ketika pemilik kucing sudah tidak ingin agar kucing tidak hamil lagi. Dalam kondisi ini, ada beberapa alasan, menurut kami sendiri yang pernah memelihara banyak kucing. Diantaranya adalah:

  • Usia kucing yang sudah terlalu tua. Kucing betina yang sudah tua memang direkomendasikan agar tidak hamil lagi. Hal ini bertujuan untuk memenimalisir risiko kesehatan yang mungkin dialami oleh kucing yang hamil tua. 
  • Jarak antara kucing setelah melahirkan dan birahi yang dekat. Dalam beberapa kasus, terkadang masa birahi kucing tak dapat diprediksi. Bahkan kami pernah memiliki kucing yang masih memiliki anak berusia 3 bulan namun sudah birahi lagi. Jarak yang terlalu dekat inilah yang membuat kita harus melakukan pencegahan agar kucing tidak hamil.
  • Populasi kucing di rumah yang terlalu banyak. Ini adalah penyebab umum mengapa pemilik kucing tidak ingin agar kucing mereka hamil lagi. Terlalu banyak kucing tentu juga akan menambah biaya pakan, perawatan, dan lain sebagainya. Benar, kan? Terlebih apabila kamu masih nge-kost.

Lalu bagaimana cara mencegah agar kucing tidak hamil? Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

1. Jangan Lepaskan Kucing saat Sedang Birahi

Ini adalah cara alami agar kucing tidak hamil yang sangat aman untuk dilakukan. Biasanya kucing yang sedang birahi akan mengalami beberapa tanda seperti mengeong keras hingga suka mondar-mandir. Cara agar kucing tidak hamil yang satu ini memang mudah dilakukan pada kucing ras seperti persia, anggora, ataupun himalaya yang memang umumnya dipelihara di kandang ataupun ruangan khusus. Namun untuk kucing dome (kucing kampung), cara ini dapat membuat kucing menjadi stress. 

2. Mensterilkan Kucing

Sterilisasi kucing merupakan cara yang paling tepat agar kucing tidak hamil. Metode ini juga terbukti lebih efektif karena dilakukan secara medis. Sterilisasi kucing dapat dilakukan baik pada kucing jantan ataupun kucing betina. Dampaknya adalah kucing tidak akan lebih stress saat mereka sedang birahi. Selain itu, menurut pengalaman kami bertanya beberapa mahasiswa kedokteran Hewan UGM, sterilisasi kucing dapat membuat kucing lebih sehat. 

Lantas berapa biaya yang dibutuhkan untuk sterilisasi kucing? Biayanya cukup beragam mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu, bahkan ada yang gratis. Namun harga ini kami peroleh dari beberapa tahun memelihara kucing ras saat berada di Yogyakarta. Setiap tahun, komunitas cat lovers Jogja biasanya akan mengadakan semacam event untuk vaksin gratis dan sterilisasi gratis untuk kucing. 

3. Pisahkan Kucing Jantan dan Betina

Bagi kamu yang memelihara banyak kucing dalam satu ruangan, maka sebaiknya kamu pisahkan mereka terlebih dahulu hingga masa birahi mereda. Hal ini karena tidak menutup kemungkinan mereka akan kawin ketika tidak sedang dalam pengawasan kamu. 

4. Menggunakan Feliway Diffuser

Feliway Diffuser merupakan salah satu alat atau obat untuk menurunkan birahi kucing agar tidak hamil. Alat ini memang mungkin asing di telinga kamu, namun bagi cat breeding, mereka terkadang juga menggunakan alat ini agar kucing tidak hamil. Fungsi dari Feliway Diffuser adalah mengeluarkan zat feromon dari tubuh kucing sehingga kucing lebih tenang dan tidak stress ketika masa birahi tiba.

Adapun cara kerja Feliway Diffuser mirip dengan pengharum ruangan yang mengeluarkan zat kimia. Zat inilah yang berfungsi untuk menenangkan kucing. Pemasangan atau pemberian Feliway Diffuser sebaiknya dilakukan pada hari pertama kucing birahi. Lebih baik lagi jika kamu berikan jauh-jauh hari sebelum kucing birahi. Bagaimana cara mendapatkan alat ini? Kamu dapat mencarinya di banyak e-commerce

5. Memandikan Kucing Birahi

Ini adalah metode alami agar kucing tidak hamil yang dapat kamu coba lakukan. Cara ini biasanya juga kami lakukan untuk meredakan birahi kucing betina ataupun kucing jantan. Jadi kamu dapat memandikan kucing dengan air hangat saat tanda-tanda birahi muncul pada kucing. 

Cara Mencegah agar Kucing Tidak Hamil (Namun Tidak Kami Rekomendasikan)

Disclaimer, cara mencegah agar kucing tidak hamil ini tidak kami rekomendasikan. Sebaiknya kamu melakukan beberapa cara di atas. Cara ini biasanya dicantumkan dalam banyak artikel mengenai kesehatan kucing. Namun setelah melakukan penelitian, review, dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke dokter hewan, sebaiknya jangan melakukan cara berikut. 

1. Memberikan Pil KB untuk Kucing

Banyak yang percaya bahwa pil KB dapat mencegah kehamilan kucing. Padahal pil KB ditujukan untuk manusia, bukan untuk hewan. Lalu mengapa banyak website yang merekomendasikan cara ini? Mungkin mereka hanya sekedar menulis dan belum pernah memiliki pengalaman memelihara kucing. 

Sebenarnya tidak ada istilah obat KB kucing alami atau obat KB untuk kucing. Metode medis yang paling benar untuk mencegah agar kucing tidak hamil adalah sterilisasi. 

2. Ragi untuk Kucing Jantan dan Betina

Cara agar kucing tidak hamil yang juga tidak kami rekomendasikan adalah dengan memberikan ragi untuk makanan kucing. Cara ini memang cukup bekerja dalam mencegah kehamilan kucing. Namun perlu diketahui, pemberian ragi dapat memberikan efek kesehatan pada kucing. Bahkan kucing yang secara tidak sengaja diberikan ragi pada makanannya dapat mengalami keguguran. 

Demikian apa yang dapat kami sampaikan mengenai bagaimana mencegah agar kucing tidak hamil. Apapun caranya, lakukan cara yang aman demi kesehatan kucing kamu. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.