Apa Manfaat Beternak Hewan-Hewan Kecil?

Diposting pada

Apa Manfaat Beternak Hewan-Hewan Kecil – Ternak hewan kecil merupakan salah satu jenis peternakan yang cukup banyak ditemukan di Indonesia.

Maksud dari ternak hewan kecil adalah usaha ternak yang secara khusus membudidayakan hewan-hewan bertubuh kecil. Contohnya adalah kambing, domba, kelinci, dan babi.

Lalu apa saja manfaat ternak hewan kecil? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut.

Apa Manfaat Beternak Hewan-Hewan Kecil?

Manfaat Beternak Hewan Kecil

Sekedar informasi, pada penjelasan di atas kami hanya mencontohkan bahwa ternak hewan kecil adalah kambing, kelinci, babi, dan domba.

Mengapa ayam, itik, dan bebek tidak masuk dalam kategori hewan kecil? Karena baik ayam, itik, bebek, maupun angsa termasuk kategori ternak hewan unggas. Adapun manfaat beternak hewan-hewan kecil adalah:

  • Dimanfaatkan Daging

Manfaat ternak hewan kecil yang utama adalah dagingnya sebagai konsumsi manusia. Biasanya daging hewan ternak bertubuh kecil diolah menjadi aneka makanan seperti sate, gulai, dan lain sebagainya.

  • Dimanfaatkan Susu

Manfaat yang berikutnya adalah susunya. Tidak semua hewan ternak bertubuh kecil yang dapat menghasilkan susu. Salah satu contohnya adalah kambing.

Terdapat jenis kambing yang memang khusus diternak untuk diambil susunya. Susu kambing dapat diminum atau juga difermentasi menjadi keju.

  • Dimanfaatkan Kulit dan Bulunya

Manfaat beternak hewan kecil yang terakhir adalah bulu dan kulitnya. Hewan ternak bertubuh kecil yang dimanfaatkan kulitnya adalah kambing.

Kulit kambing biasanya dijadikan sebagai bahan industri pakaian ataupun bedug. Sedangkan contoh hewan yang dimanfaatkan bulunya adalah domba. Bulu domba juga dapat dimanfaatkan untuk industri pakaian.

Itulah jawaban atas pertanyaan apa Manfaat Beternak Hewan – Hewan Kecil. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda. sobat binatangmu.com