Hewan Ternak yang Dimanfaatkan dan Dibudidayakan

Posted on

Apa saja hewan ternak yang dimanfaatkan dan dibudidayakan di Masyarakat? Ya, seperti yang kita tahu, di Indonesia, banyak sekali peternakan dengan berbagai hewan di dalamnya.

Hal ini karena peternakan menjadi salah satu mata pencaharian dan menguntungkan masyarakat. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang apa saja hewan ternak yang paling sering dipelihara, dimanfaatkan, dan dibudidayakan di masyarakat.

Contoh Hewan Ternak yang Dibudidayakan di Masyarakat

Ada beberapa contoh hewan ternak yang dibudidayakan di masyarakat. Hewan ternak yang kami sebutkan di sini dipelihara karena memang cukup menguntungkan dalam faktor ekonomi. Diantaranya adalah:

Hewan Ternak yang Dibudidayakan di Masyarakat
Hewan Ternak yang Dibudidayakan di Masyarakat
  1. Hewan Ternak Ayam

Ayam merupakan contoh hewan ternak yang paling banyak dimanfaatkan dan dibudidaya di masyarakat. Hal ini karena pemeliharaan ayam ternak cukup mudah. Selain itu, banyak sekali kebutuhan akan daging ataupun telur ayam sebagai bahan makanan konsumsi masyarakat Indonesia.

Hewan Ternak Ayam
Hewan Ternak Ayam

Secara garis besar, hewan ternak ayam dapat dikategorikan menjadi dua yakni ayam petelur dan ayam potong. Dua jenis peternakan ayam ini memang menjanjikan keuntungan yang besar dengan modal yang cukup terjangkau.

Namun seiring berkembangnya zaman, terdapat juga peternakan ayam hias atau ayam lomba dan ayam petarung. Hal ini menunjukkan bahwa ayam merupakan salah satu contoh hewan ternak yang dibudidayakan di masyarakat luas.

  1. Hewan Ternak Bebek

Apa saja hewan ternak yang juga cukup menguntungkan selain ayam? Jawabannya adalah bebek. Seperti halnya ayam, bebek juga dibudidayakan di masyarakat dengan mengambil telur dan dagingnya.

Hewan Ternak Bebek
Hewan Ternak Bebek

Namun popularitas hewan ternak bebek tidak se-ramai ayam. Hal ini karena kebutuhan akan telur ataupun daging bebek tidak sebanyak ayam.

Meski demikian, tidak sedikit orang yang menjalankan ternak bebek karena baik harga daging ataupun telurnya lebih mahal dibandingkan ayam.

  1. Hewan Ternak Sapi

Sapi juga merupakan salah satu contoh hewan ternak yang dibudidayakan di masyarakat. Sebagai hewan mamalia, umumnya sapi diambil dagingnya.

Hewan Ternak Sapi
Hewan Ternak Sapi

Namun ada juga jenis sapi hanya diambil susunya sebagai bahan dasar berbagai makanan. Ternak sapi dapat dikatakan cukup banyak di masyarakat karena harganya yang cenderung mahal.

  1. Hewan Ternak Kambing

Kambing juga merupakan hewan ternak yang cukup banyak dibudidayakan di masyarakat. Berbeda dengan ayam ataupun bebek, biasanya ternak kambing hanya diambil dagingnya.

Hewan Ternak Kambing
Hewan Ternak Kambing

Peternakan kambing lebih ramai pembeli ketika memasuki hari qurban. Di samping itu, kambing juga biasanya dibeli untuk muslim yang akan melakukan ibadah aqiqah.

  1. Hewan Ternak Babi

Nah, babi juga dapat dimasukkan ke dalam salah satu jenis hewan ternak. Meskipun mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, namun di beberapa wilayah yang menganut agama lain juga membuka peternakan babi.

Hewan Ternak Babi
Hewan Ternak Babi

Untuk babi sendiri, bagian yang dimanfaatkan adalah dagingnya. Di Indonesia, peternakan babi dapat dikatakan sangat sedikit. Berbeda dengan peternakan babi di luar negeri.

  1. Hewan Ternak Lebah

Hasil ternak yang dimanfaatkan dari lebah adalah madu. Biasanya sarang lebah lebih mudah ditemukan di tempat-tempat seperti hutan.

Hewan Ternak Lebah
Hewan Ternak Lebah

Namun tak jarang ada banyak petani lebah di Indonesia yang memang secara khusus mengambil madu dari sarang lebah.

Hewan Ternak Kesayangan

Selain beberapa hewan ternak yang dibudidayakan di masyarakat seperti yang kami jelaskan di atas, terdapat juga kategori hewan ternak kesayangan.

Hewan Ternak Kesayangan
Hewan Ternak Kesayangan

Artinya hewan ternak tersebut tidak dimanfaatkan daging, telur, ataupun susunya. Hewan ternak kesayangan biasanya memang dipelihara dan diperjual-belikan karena keindahan tubuhnya. Apa saja hewan ternak kesayangan?

  1. Ikan Cupang

Kamu pasti tahu kan bahwa tak sedikit orang yang memelihara cupang khusus untuk lomba? Ya, belakangan banyak sekali masyarakat yang terjun untuk sebagai peternak cupang.

Ikan Cupang
Ikan Cupang

Ikan cupang sendiri biasanya digunakan untuk lomba dengan berbagai kategori misalnya keberaniannya dalam menghadapi cupang lain, keindahan cupang, dan lain sebagainya.

  1. Kucing Persia

Hewan ternak kesayangan yang berikutnya adalah kucing persia. Berbeda dengan jenis kucing ras lain, kucing persia memang lebih umum dan dikenal di masyarakat Indonesia.

Kucing Persia
Kucing Persia

Hal ini karena bentuk kucing persia yang sangat cantik dengan bulunya yang tebal. Daya tarik inilah yang membuat banyak orang memelihara kucing persia sebagai hewan ternak kesayangan.

  1. Aneka Burung

Apa saja hewan ternak kesayangan yang sangat populer? Jawabannya tentu saja burung. Memang tak dapat dipungkiri bahwa dari jaman dulu hingga sekarang, burung menjadi salah satu contoh hewan ternak kesayangan.

Aneka Burung

Berbeda dengan hewan ternak yang dikonsumsi, hewan ternak kesayangan seperti halnya burung biasanya dimanfaatkan untuk lomba, burung hias, dan lain sebagainya.

Contohnya adalah burung beo, murai batu, merpati, kakatua, jalak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Aneka Reptil

Pilihan hewan ternak kesayangan yang memang umumnya dijadikan peliharaan adalah aneka reptil. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya komunitas reptil di Indonesia.

Aneka Reptil
Aneka Reptil

Contoh reptil yang cukup terkenal dan dipelihara adalah iguana, ular, kadal, dan lain sebagainya.

Apa Saja yang Dapat Dimanfaatkan dari Hewan Ternak ?

Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat beberapa hal yang dapat dimanfaatkan dari hewan ternak. Contohnya adalah:

  • Sapi, Kambing, Ayam, Itik, Bebek, Babi, Ikan Lele, dan Kerbau dimanfaatkan dagingnya.
  • Ayam, Burung Puyuh, dan Bebek/Itik dimanfaatkan telurnya.
  • Sapi dan Kambing dimanfaatkan susunya.
  • Burung Walet dimanfaatkan liurnya.
  • Lebah dimanfaatkan madunya.
  • Ulat Sutra dimanfaatkan sutranya.
  • Sapi, Kerbau, dan Kuda dimanfaatkan tenaganya.
  • Binatang hias seperti Ikan, Kucing, dan Reptil dimanfaatkan keindahannya.

Itulah beberapa hal yang dapat dimanfaatkan dari hewan dan menguntungkan secara ekonomi ataupun kepuasan pribadi.

Demikian penjelasan mengenai Hewan Ternak yang Dimanfaatkan dan Dibudidayakan Masyarakat. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com