Apa Saja Jenis Peternakan dan Contohnya?

Diposting pada

Apa saja jenis peternakan – Peternakan adalah tempat budidaya hewan ternak yang nantinya akan diambil manfaat dari hewan ternak tersebut. Sedangkan istilah hewan ternak mengacu pada semua jenis hewan (termasuk serangga) yang dikembangbiakkan atau dibudidayakan pada tempat tertentu. Lalu apa saja jenis peternakan? Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan mengenai jenis peternakan serta contohnya.

Apa Saja Jenis Peternakan?

Secara garis besar, jenis peternakan dapat dibagi menjadi tiga yakni peternakan hewan besar, peternakan hewan kecil, dan peternakan unggas.

1. Peternakan Hewan Besar

Apa Saja Jenis Peternakan dan Contohnya?

Peternakan hewan besar mengacu pada kegiatan beternak hewan-hewan yang memiliki bentuk tubuh besar. Contohnya adalah ternak sapi, kerbau, kuda, dan lain sebagainya. Hal yang dimanfaatkan dari hewan ternak besar adalah daging, susu, kulit, dan tenaganya. Selain itu, hewan-hewan bertubuh besar juga memiliki kotoran yang dapat dimanfaatkan sebagai kompos atau pupuk alami untuk tumbuhan.

Peternakan hewan besar membutuhkan lahan yang cukup luas agar dapat dijalankan. Biasanya hewan ternak yang umumnya dibudidayakan di masyarakat adalah sapi dan kerbau. Sedangkan untuk kuda, di Indonesia sendiri masih sangat jarang terdapat peternakan kuda. 

2. Peternakan Hewan Kecil

Apa Saja Jenis Peternakan dan Contohnya?

Peternakan hewan kecil mengacu pada kegiatan beternak hewan-hewan yang memiliki bentuk tubuh yang relatif kecil. Adapun contoh ternak hewan kecil adalah kambing, domba, kelinci, babi, dan sebagainya. Hal yang dimanfaatkan dari hewan ternak bertubuh kecil adalah daging dan kulitnya. 

Selain kambing, domba, babi, dan kelinci, ternak serangga untuk pakan burung juga dikategorikan dalam peternakan hewan kecil. 

3. Peternakan Unggas

Apa Saja Jenis Peternakan dan Contohnya?

Peternakan unggas meliputi aneka hewan seperti ayam, itik, bebek, dan angsa. Peternakan unggas biasanya memanfaatkan telur dan daging unggas tersebut. Namun terkadang bulu unggas juga dapat diolah menjadi campuran pakan. 

Dalam menjalankan peternakan unggas, biasanya memanfaatkan tempat yang cukup luas dan jauh dari pemukiman. Hal ini karena umumnya peternakan unggas mengeluarkan bau yang cukup menganggu apabila berada di lingkungan tempat tinggal masyarakat. Selain itu, ternak unggas juga dapat memicu adanya polusi suara.

Itulah tiga jenis peternakan yang ada di Indonesia. Namun belakangan seiring dengan perkembangan minat masyarakat, ada juga jenis ternak hewan kesayangan. Contoh ternak hewan kesayangan adalah aneka hewan yang memiliki bentuk indah seperti ikan hias, burung hias, reptil, dan sebagainya. 

Demikian ulasan singkat mengenai apa saja jenis peternakan dan contohnya. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda.