Apa Yang dapat di Manfaatkan dari Hewan Ternak Beserta Contohnya

Diposting pada
Binatangmu.com – Tak banyak orang yang tahu apa saja yang dimanfaatkan dari hewan ternak. Padahal apabila diteliti atau dipelajari secara mendalam, banyak sekali hal yang dapat diambil manfaatnya dari hewan-hewan ternak tersebut. Untuk lebih jelasnya, kami akan membahas mengenai bagian atau apa saja yang dimanfaatkan dari hewan ternak.
Apa Saja yang Dimanfaatkan dari Hewan Ternak Beserta Contohnya

Bagian Apa Saja yang Dimanfaatkan dari Hewan Ternak

Berbicara mengenai hewan ternak, salah satu contoh hewan ternak pertama yang muncul di benak kamu mungkin sapi, kambing, dan ayam. Ini memang merupakan contoh hewan ternak yang paling sering ditemui dan dibudidayakan di masyarakat.

Selain itu, sapi, kambing, dan ayam juga termasuk hewan ternak bernilai tinggi karena secara ekonomi dapat membantu dalam bidang finansial manusia dengan hasil ternaknya.

Kembali pada pembahasan utama, apa saja yang dimanfaatkan dari hewan ternak? Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Dagingnya

Bagian paling utama yang dimanfaatkan dari hewan ternak adalah dagingnya. Hal ini karena daging hewan ternak menjadi salah satu makanan utama manusia.

Adapun contoh dari hewan ternak yang dimanfaatkan dagingnya adalah sapi, kambing, ayam, bebek, ikan lele, ikan mujair, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  • Telurnya

Selanjutnya, bagian apa saja yang dimanfaatkan dari hewan ternak? Salah satunya adalah telurnya. Seperti halnya daging, telur hewan ternak juga menjadi bahan makanan untuk manusia.

Adapun contoh hewan ternak yang dimanfaatkan telurnya adalah ayam, angsa, bebek, itik, dan burung puyuh.

  • Susunya

Susu hewan ternak juga dapat dimanfaatkan. Adapun contoh hewan ternak yang dimanfaatkan susunya adalah sapi, kambing, unta, kuda, moose, dan yak.

  • Bulunya

Hewan ternak juga dimanfaatkan bulunya sebagai bahan dasar dalam pembuatan pakaian, sepatu, dan aneka industri lainnya. Contohnya adalah domba.

  • Kulitnya

Selain bulunya, hewan ternak juga dapat dimanfaatkan kulitnya. Kulit hewan ternak biasanya dijadikan sebagai aneka produk industri seperti sepatu, jaket, pakaian, alat musik, dan sebagainya.

Contoh hewan ternak yang dimanfaatkan kulitnya adalah sapi, kambing, dan kerbau.

  • Tenaganya

Tak hanya bagian fisik saja, terdapat beberapa jenis hewan ternak yang dimanfaatkan tenaganya untuk kebutuhan manusia mulai dari membajak sawah, mengangkut hasil pertanian, hingga sarana olahraga.

Contohnya adalah sapi, kerbau, unta, dan kuda. Rata-rata hewan yang dapat dimanfaatkan tenaganya adalah hewan ternak yang memiliki badan besar.

  • Madunya

Nah, untuk hewan ternak yang dimanfaatkan madunya, kamu pasti sudah tahu kan apa contohnya? Ya, lebah adalah hewan ternak yang dimanfaatkan madunya.

Madu yang berasal dari sarang lebah dapat dikonsumsi langsung ataupun dijadikan campuran makanan dan minuman.

  • Sarangnya

Ada juga jenis hewan ternak yang dimanfaatkan sarang serta air liurnya untuk pengobatan. Contohnya adalah burung walet.

Hewan ternak yang satu ini memang jarang dibudidayakan, namun di beberapa kota, ternak burung walet menjadi salah satu investasi yang sangat menguntungkan.

  • Keindahan Fisik dan Suaranya

Ada juga loh hewan ternak yang dimanfaatkan keindahan fisik serta suaranya. Jenis hewan ternak seperti ini biasanya dikategorikan sebagai hewan ternak kesayangan.

Maksudnya adalah hewan yang dipelihara dan dibudidayakan untuk kepuasan si pemeliharanya. Adapun contohnya adalah aneka ikan hias, burung untuk lomba, reptil, dan sebagainya.

Itulah beberapa hal atau apa saja yang dimanfaatkan dari Hewan Ternak. Semoga apa yang kami bahas pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu, ya!