Apakah Anak Anjing Boleh Minum Susu Dancow?

Diposting pada
Binatangmu – Apakah anak anjing boleh minum susu Dancow? Ini menjadi pertanyaan umum bagi kamu yang mempelihara anak anjing. Ada banyak alasan mengapa pemilik anjing memberikan produk susu kepada anjing kecil. Misalnya induk anjing mati, sakit, atau bahkan tidak dapat mengeluarkan susu untuk anak-anaknya.
Untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan kami bahas mengenai bolehkah anak anjing mengonsumsi produk susu buatan.
Apakah Anak Anjing Boleh Minum Susu Dancow?
Jawabannya adalah TIDAK BOLEH DAN SANGAT TIDAK DIREKOMENDASIKAN. Mengapa? Terdapat 2 alasan sederhana. Pertama, susu Dancow ataupun produk susu lain tidak diperuntukkan untuk anjing. Kedua, terdapat kandungan yang sangat berbeda antara produk susu Dancow yang menggunakan susu sapi dengan susu murni dari induk anjing.
Lalu bagaimana apabila induk anjing sakit, mati, ataupun tidak dapat mengeluarkan susu untuk anak-anaknya? Sebaiknya tetap berikan susu khusus anjing yang dapat kamu peroleh di petshop ataupun dokter hewan. Hal ini karena kondisi fisik anak anjing yang masih sangat lemah dan rentan akan infeksi sehingga tidak boleh diberikan sembarangan makanan ataupun minuman.

Mengapa Tidak Boleh Memberikan Produk Susu Olahan untuk Anak Anjing?

Seperti yang kami jelaskan di atas, susu anjing dan susu Dancow ataupun produk susu olahan lain memiliki kandungan yang sangat berbeda. Susu anjing memiliki komposisi protein, lemak, serta antibodi yang secara alami dibutuhkan oleh anak anjing dalam mencegah infeksi virus atau bakteri. Sedangkan susu Dancow komposisinya lebih banyak mengandung laktosa yang bahkan berbahaya untuk beberapa jenis anjing.
Sebenarnya anak anjing memiliki pertahanan tubuh yang secara otomatis dapat mentolerir kandungan susu selain dari induknya. Hanya saja terdapat batas tertentu terlebih untuk susu sapi yang merupakan bahan dasar dari susu Dancow.
Susu Dancow mengandung banyak laktosa yang sangat sulit ditolerir untuk hewan peliharaan seperti anjing ataupun kucing. Laktosa merupakan zat semacam gula. Bukan hanya gula tunggal, namun berupa dua molekul gula yang secara kimia dihubungkan bersama. Dalam proses pencernaan laktosa, anjing harus mengurai dulu kandungan laktosa menjadi gula sehingga dapat diserap oleh tubuhnya. Masalahnya anak anjing tidak memiliki enzim khusus, Laktase, yang dapat dengan mudah mengurai laktosa. Inilah yang membuat susu Dancow tidak direkomendasikan untuk anak anjing.

 

Anak anjing dapat mentolerir susu anjing dengan baik, tetapi mungkin tidak dapat mentolerir susu sapi atau susu jenis lainnya. Ini dikarenakan susu sapi mengandung laktosa, dimana sebagian besar anjing tidak bisa mentolerirnya. Laktosa adalah semacam gula. Tidak hanya berupa satu gula tunggal, tetapi berupa dua molekul gula yang secara kimia dihubungkan bersama. Agar anjing bisa mencerna susu, ia harus dulu memecah laktosa agar menjadi gula yang mudah diserap. Namun, tubuh anjing tidak memiliki enzim khusus untuk dapat memecah laktosa tersebut. Enzim tsb adalah Laktase. Dan, hal itulah yang menyebabkan anjing tidak dapat mencerna Laktosa dengan baik.

Gejala Intoleransi Laktosa pada Anak Anjing

Ada beberapa gejala yang muncul saat tubuh anjing mengalami intoleransi laktosa. Diantaranya adalah:
  • Muntah-muntah
  • Diare
  • Lemas
  • Kembung
  • Muncul ruam pada kulit, terutama di bagian perut.
Gejala di atas umumnya akan muncul selama 24 jam setelah anak anjing mengonsumsi susu Dancow, tergantung dari banyak atau tidaknya alergi yang ditimbulkan oleh laktosa. Dengan kata lain, produk susu sapi baik itu Dancow, Ultra, dan sebagainya jangan diberikan untuk anak anjing.

Apakah Anjing Dewasa Boleh Minum Susu Dancow?

Jika anak anjing tidak boleh minum susu Dancow, bagaimana dengan anjing dewasa? Apakah boleh diberikan susu Dancow ataupun produk olahan susu lain?  Jawabannya adalah boleh ketika anjing tidak memunculkan gejala alergi.
Hal ini karena ketika beranjak dewasa, anjing akan mulai memiliki sistem kekebalan yang lebih baik. Alergi terhadap laktosa pun semakin berkurang. Namun hal ini tidak berlaku untuk semua jenis anjing. Ada juga anjing yang hingga dewasa masih memiliki tingkat alergi tinggi terhadap laktosa.
Jadi ketika kamu memberikan produk suus kepada anjing, pastikan apakah muncul alergi setelah mengonsumsi susu tersebut. Apabila tidak terjadi alergi, kemungkinan besar sistem imunitas tubuh anjing terhadap alergi susu sudah kuat. Tapi menurut kami, sebaiknya jangan berikan produk susu sapi untuk anjing sehingga menghindari gejala-gejala yang mungkin berbahaya bagi kesehatan tubuh mereka.

Produk Susu Seperti Apa yang Aman untuk Anak Anjing?

Terdapat beberapa merk susu yang diformulasikan tanpa mengandung laktosa. Contohnya adalah susu kedelai. Susu ini sangat cocok diberikan untuk anjing yang memiliki alergi laktosa. Namun kamu juga harus cukup berhati-hati karena ada juga anjing yang alergi terhadap kedelai.
Kesimpulannya, susu yang paling aman untuk anak anjing adalah susu dengan kandungan protein dan lemak tinggi tanpa ada laktosa di dalamnya. Susu seperti ini dapat kamu peroleh di petshop.
Semoga penjelasan mengenai apakah anak anjing boleh minum susu Dancow pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.