Apakah Anjing Boleh Makan Coklat? Ini Faktanya!

Posted on

Apakah anjing boleh makan coklat? Sebuah pertanyaan yang mungkin bahkan menjadi pengetahuan umum, khususnya bagi kamu yang memelihara anjing. Hal ini sebenarnya bukan mitos belaka karena memang begitu faktanya.

Coklat dapat menjadi bahan makanan yang dapat memberikan dampak berbahaya bagi kesehatan anjing. Kami akan mencoba menjelaskannya pada kesempatan berikut.

Mengapa Anjing Tidak Boleh Makan Coklat ?

Coklat berasal dari tanaman biji kakao yang di dalamnya terdapat kandungan theobromine. Apakah Anak Anjing Boleh Minum Susu Dancow ? Ini merupakan senyawa yang memberikan rasa pahit pada coklat ketika dikonsumsi oleh manusia. Namun bagi anjing, senyawa ini dapat menjadi racun alami bagi anjing.

Apakah Anjing Boleh Makan Coklat
Apakah Anjing Boleh Makan Coklat

Alasan mengapa senyawa theobromine berbahaya bagi anjing adalah karena sistem pencernaan anjing tidak dapat mencerna senyawa tersebut dengan cepat. Setidaknya dibutuhkan tak kurang dari 17,5 jam agar anjing dapat mengurai senyawa tersebut. Apabila senyawa tersebut mengendap dalam tubuh anjing, efek racunnya akan menjadi sangat sensitif.

Lebih parahnya, apabila anjing yang sedang menyusui tidak sengaja memakan coklat, maka kandungan berbahaya tersebut akan dikeluarkan bersamaan dengan air susu. 6 Sayuran yang Tidak Boleh untuk Anjing Dampaknya, puppy yang sedang menyusu juga memiliki kemungkinan untuk keracunan juga. Kamu tidak ingin hal ini terjadi pada anjingmu, kan?

Cara Merawat Anjing yang Memakan Cokelat

Cokelat beracun bagi anjing. Cokelat mengandung sebuah zat kimia yang disebut Theobromina, yang bisa menyebabkan meningkatnya kecepatan detak jantung dan tekanan darah, serta serangan penyakit otak mendadak pada anjing.

Cara Merawat Anjing yang Memakan Cokelat
Cara Merawat Anjing yang Memakan Cokelat

Anjing yang telah memakan cokelat harus dirawat segera, karena semakin banyak jumlah cokelat dan semakin lama cokelat berada di dalam sistem tubuhnya, semakin berbahaya pula akibat yang akan disebabkan kepada anjing tersebut.

Mencari Pertolongan Dokter Hewan

  1. Cari Tahu Jenis dan Banyak Cokelat yang Dimakan Oleh Anjing

Pastikan bahwa Anda memiliki informasi tentang detail cokelat dan jumlah cokelat yang telah dimakan oleh anjing ketika Anda menelepon dokter hewan. Dokter hewan bisa memberikan Anda saran terbaik bila Anda menyediakan informasi yang benar.

Cokelat merek Baker’s adalah jenis cokelat paling beracun bagi anjing, sedangkan cokelat susu putih adalah jenis yang paling tidak beracun. Apakah Anjing dan Kucing Bisa Akur ? Cokelat setengah manis dan cokelat hitam berada di tengah-tengah.

Dosis bahaya Theobromina berkisar antara 9 mg hingga 18 mg untuk setiap 450 gram cokelat. Rata-rata cokelat Baker’s mengandung 390 mg Theobromina per ons (28,34 gram), cokelat setengah manis mengandung 150 mg per ons (28,34 gram), dan cokelat susu mengandung 44 mg per ons (28,34 gram).

  1. Hubungi Dokter Hewan untuk Mendapatkan Saran Sesegera Mungkin

Dokter hewan akan memberi tahu Anda langkah-langkah yang harus diambil, baik dengan membawa anjing ke tempat kerja dokter tersebut atau mengarahkan Anda dengan langkah-langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk menolong anjing.

Cokelat dengan jumlah kecil mungkin hanya akan menyebabkan diare dan permasalahan pencernaan. Ketahui Ciri-Ciri Anjing Betina Siap Kawin Tetapi, pilihan terbaik yang bisa Anda ambil adalah dengan menghubungi dokter hewan tidak peduli sebanyak apa pun jumlah cokelat yang dimakan oleh anjing, karena reaksi yang dihasilkan bisa berbeda-beda.

  1. Bawa Anjing ke Dokter Hewan, Bila itu yang Disarankan oleh Dokter Hewan

Dokter hewan memiliki pengetahuan, pegawai, obat, dan peralatan untuk merawat anjing yang overdosis karena cokelat.

Dokter hewan memiliki obat yang bisa membuat anjing muntah bila cokelat baru ditelan dalam kurang lebih satu jam terakhir.

Pada beberapa kasus, anjing mungkin harus dirawat inap selama satu malam dan rumah sakit darurat 24 jam adalah pilihan yang terbaik.

  1. Hubungi Dokter Hewan Darurat Bila Dokter Hewan yang biasa Anda Kunjungi Tidak Buka

Kecelakaan tidak selalu terjadi pada jam kerja, jadi bila Anda membutuhkan saran di luar jam kerja, maka carilah dokter hewan alternatif untuk memberi Anda saran ataupun merawat anjing Anda.

Terdapat beberapa klinik yang khusus menyediakan perawatan hewan darurat. Klinik-klinik seperti itu biasanya buka dalam rentang waktu yang panjang setiap harinya dan juga merupakan tempat yang baik untuk membawa hewan Anda ketika Anda menemui kesulitan.

Apa yang Akan Terjadi Anjing Makan Coklat ?

Mengutip dari situs Proplan.co.id yang berjudul Alasan Anjing tidak Boleh Makan Cokelat, akan muncul beberapa gejala yang timbul akibat anjing keracunan coklat. Apakah Anjing Boleh Makan Telur ? Gejala ini muncul dalam waktu sekitar 2 – 6 jam setelah coklat dikonsumsi. Diantaranya adalah:

Apa yang Akan Terjadi Anjing Makan Coklat
Apa yang Akan Terjadi Anjing Makan Coklat
  • Anjing menjadi sangat gelisah, biasanya mereka mondar-mandir tidak jelas.
  • Anjing membuat gerakan yang berlebihan.
  • Anjing diare dan muntah-muntah.
  • Anjing mengalami penurunan produksi air liur yang sangat drastis
  • Nafas terengah-engah
  • Tubuh anjing tremor
  • Detak jantung anjing menjadi lebih cepat

Pada beberapa kasus yang parah, anjing yang makan coklat dapat mengalami kejang-kejang, serangan jantung, gagal jantung, yang akhirnya berujung pada kematian.

Nah, demikian pembahasan mengenai Apakah Anjing Boleh Makan Coklat atau Tidak. Jadi pastikan jangan pernah memberikan coklat pada anjingmu, ya! baik itu sengaja atau tidak. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat bagi kamu sobat binatangmu.com