Apakah Anjing Boleh Makan Telur ?

Posted on

Sebenarnya apakah anjing boleh makan telur? Bukankah telur tidak termasuk daging-dagingan yang merupakan makanan anjing ? Berbahayakah memberikan telur pada anjing ? Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu muncul di pikiran kamu ketika mengetahui tak sedikit orang yang memberikan telur untuk anjing mereka.

Untuk mendapatkan jawabannya, kami akan mencoba mengulasnya pada artikel berikut. 6 Sayuran yang Tidak Boleh untuk Anjing

Apakah Anjing Boleh Makan Telur ?

Memberikan telur pada anjing memang kian menjadi perdebatan. Ada yang memperbolehkan ada juga yang melarangnya.

Apakah Anjing Boleh Makan Telur
Apakah Anjing Boleh Makan Telur

Alasan utama mereka yang melarang pemberian telur adalah karena anjing merupakan karnivora dan telur bukan makanan utama mereka.

Sedangkan alasan orang-orang memperbolehkan untuk memberikan telur pada anjing adalah karena telur memiliki berbagai kandungan bermanfaat untuk pertumbuhan anjing. Apakah Anjing Boleh Makan Telur?

Lantas apakah anjing boleh makan telur? Jawabannya adalah BOLEH dengan syarat, yakni telur tersebut telah dimasak. Ketahui Ciri-Ciri Anjing Betina Siap Kawin Hal ini karena telur mentah masih memiliki kandungan bakteri sehingga cukup berbahaya apabila dikonsumsi oleh anjing.

Selain mengandung protein tinggi, telur juga cukup mudah untuk diproses oleh sistem pencernaan anjing. Namun perlu diingat, tidak semua anjing memiliki sistem pencernaan yang bagus. Bahkan sebagian anjing tidak boleh sekalipun makan telur, baik itu telur mentah ataupun telur yang sudah dimasak.

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah anjing saya boleh makan telur atau tidak?

Dalam hal ini, kamu harus mencoba memberikan telur secara bertahap terlebih dahulu pada anjing. Ketika tiba-tiba muncul efek seperti diare atau alergi, maka sebaiknya hentikan pemberian telur tersebut.

Atau misalnya kamu mengadopsi anjing, maka tanyakan terlebih dahulu kepada pemilik aslinya. Apakah anjing tersebut memiliki alergi terhadap makanan tertentu.

Hal ini karena biasanya alergi pada anjing diturunkan secara genetik dari induk mereka.

Adakah Risiko Kolesterol pada Anjing yang Makan Telur?

Ini merupakan pertanyaan wajar mengingat tak sedikit pemilik anjing yang khawatir bahwa memberikan telur pada peliharaan mereka dapat memicu kolesterol. Namun perlu diketahui bahwa kolesterol tidak akan terlalu berbahaya untuk anjing.

Meski demikian, tentu jangan jadikan telur sebagai makanan utama mereka. Apakah Anak Anjing Boleh Minum Susu Dancow? Sebab anjing juga membutuhkan tambahan protein serta lemak yang terdapat pada daging-dagingan.

Alasan Mengapa Telur Baik untuk Anjing

Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan apakah anjing boleh makan telur atau tidak, kini kami akan membahas beberapa manfaat telur untuk anjing. Mengutip dari situs Animalthai, terdapat beberapa alasan mengapa telur baik dikonsumsi untuk anjing :

  • Putih telur memiliki kandungan avidin yang dapat membantu pertumbuhan sel dan metabolisme asam lemak pada anjing.
  • Kuning telur memiliki kandungan biotin yang lengkap guna membantu proses pertumbuhan tubuh anjing.
  • Semua zat serta protein tinggi pada telur tidak akan membahayakan sistem metabolisme tubuh anjing.

Intinya adalah telur sangat aman dikonsumsi untuk anjing. Sebagian anjing mungkin butuh penyesuaian dalam mengonsumsi telur, namun kamu dapat menjadikan telur sebagai menu makanan tambahan untuk anjing kesayangan.

Cara Memberikan Telur untuk Anjing

Nah, buat kamu yang ingin membiasakan anjing untuk memakan telur, terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Pertama, masak telur dan campurkan dengan makanan harian mereka seperti pakan basah, daging-dagingan, kepala ayam, dan lain sebagainya. Apakah Anjing dan Kucing Bisa Akur? Ini Jawabannya! Kamu dapat menghaluskannya ataupun mencampurnya langsung.

Kedua, dalam memberikan telur pada anjing, perhatikan ‘dosis’ yang sesuai. Bagi anjing yang belum pernah makan telur, jangan terlalu banyak memberikan telur padanya. Butuh adaptasi bagi tubuh anjing untuk mengenali zat yang masuk ke dalam tubuhnya.

Ketiga, apabila anjing sudah terbiasa, cukup berikan telur 2 – 3 kali dalam satu minggu. Hal ini bertujuan untuk memenuhi asupan protein pada anjing sehingga mereka dapat tumbuh sehat.

Demikian pembahasan yang dapat kami berikan terkait apakah Anjing Boleh Makan Telur atau Tidak. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com