Apakah Anjing Boleh Makan Tempe ?

Posted on

Apakah anjing boleh makan tempe? Kamu mungkin bertanya-tanya karena tiba-tiba kamu mengetahui anjing peliharaan di rumah memakan tempe yang ada di dapur.

Ini adalah pertanyaan wajar mengingat sebenarnya anjing merupakan karnivora atau pemakan daging. Sedangkan tempe merupakan makanan yang mengandung protein nabati. Lantas berbahayakah bila anjing makan tempe?

Apakah Anjing Boleh Makan Tempe ?

Sebenarnya BOLEH saja karena tempe tidak memberikan efek yang berbahaya untuk kesehatan anjing. Berbeda dengan kucing yang merupakan karnivora obligat, tubuh anjing masih dapat mentolerir protein nabati.

Apakah Anjing Boleh Makan Tempe
Apakah Anjing Boleh Makan Tempe

Tak jarang pemiliki anjing juga menyediakan aneka sayuran sebagai penambah nutrisi untuk kesehatan anjing.  Meski demikian, makanan utama anjing adalah aneka daging-dagingan sehingga tidak dianjurkan terlalu sering memberikan tempe atau jenis makanan lain demi kesehatan tubuh mereka.

Berbeda dengan anjing yang dari lahir telah dilatih untuk memakan sayur ataupun buah-buahan. Tubuh mereka lebih terbiasa untuk memproses makanan selain daging

Jika benar demikian, apakah anjing termasuk omnivora, karena dapat memakan sayur/buah dan daging? Tentu saja tidak. Pada dasarnya anjing adalah karnivora atau pemakan daging.

Namun mereka lebih mudah beradaptasi dengan aneka makanan di sekitar mereka. Hal ini juga dipengaruhi oleh lingkungan mereka. Anjing telah menjadi peliharaan manusia sejak berabad-abad lamanya.

Kondisi inilah yang membuat anjing lebih mudah beradaptasi dengan jenis makanan yang dapat mereka makan.  Intinya, Apakah anjing boleh makan tempe? Jawabannya adalah BOLEH namun jangan terlalu sering.

Sayuran yang Tidak Boleh untuk Anjing

Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan bolehkah anjing makan tempe, kami juga akan menjelaskan tentang beberapa jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjing.

Hal ini agar nantinya kamu tidak salah dalam memberikan makanan tambahan lain untuk kesehatan anjing peliharaanmu.

  1. Jenis Bawang-Bawangan

Bawang merah dan bawang putih berbahaya untuk anjing karena dapat memicu terjadinya keracunan hingga kesulitan bernapas, terlebih ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Namun untuk jumlah yang sedikit, banyak pemelihara anjing percaya bahwa bawang putih juga dapat membantu menghilangkan kutu di badan anjing.

  1. Jamur

Bagi anjing vegetarian sekalipun, mengonsumsi jamur dapat berakibat fatal bagi kesehatan mereka. Hal ini karena sistem pencernaan anjing tidak dapat memproses zat ‘asing’ yang terkandung di dalam jamur ketika mereka memakannya.

Dampak yang biasanya muncul adalah tremor, kejang-kejang, hingga dapat memicu kegalalan fungsi organ. Oleh karena itu, sebaiknya jangan berikan jamur untuk anjing kamu.

  1. Bayam

Daftar sayuran yang tidak boleh untuk anjing berikutnya adalah bayam. Bagi manusia, bayam memang sangat bermanfaat untuk menambah produksi sel darah karena terdapat kandungan zat besi tinggi di dalamnya.

Namun untuk anjing, mereka tidak membutuhkan zat tersebut sehingga akan dideteksi sebagai racun. Selain itu, bayam juga mengandung asam oksalat yang dapat membuat terhambatnya kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium.

Itulah beberapa jenis sayuran yang tidak boleh untuk anjiing. Semoga apa yang kami sajikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi sobat binatangmu.com