Apakah Anjing dan Kucing Bisa Akur? Ini Jawabannya!

Diposting pada

Apakah anjing dan kucing bisa akur? Sebuah pertanyaan klasik dimana anjing dan kucing memang diibaratkan seperti dua hewan yang saling bertengkar satu sama lain. Jika kamu merupakan penggemar kartun Tom and Jerry, pasti berpikir bahwa anjing dan kucing tidak bisa akur. Anjing akan selalu mengejar kucing dan sebaliknya, kucing selalu menakuti anjing ketika terdesak.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai apakah anjing dan kucing bisa akur serta bagaimana cara membuat mereka akur.

Apakah Anjing dan Kucing Bisa Akur? Ini Jawabannya!

kenapa anjing dan kucing bermusuhan menurut islam, kucing dan anjing, anjing mirip kucing, arti peribahasa bagai anjing dan kucing, anjing bertemu dengan kucing, anjing bertemu dengan kucing kucing menyapanya namun anjing tidak membalas sapaan itu, kucing atchoum, kucing lucu

Apakah Anjing dan Kucing Bisa Akur Satu Sama Lain?

Jawabannya adalah BISA tergantung bagaimana kamu memberikan treatment kepada kedua hewan tersebut. Tak sedikit loh pecinta hewan yang memelihara anjing dan kucing dalam satu rumah. Bahkan dua hewan tersebut dapat hidup berdampingan satu sama lain. Jadi bukan berarti anjing dan kucing selalu bertengkar apabila bertemu.

Lalu apa yang menyebabkan anjing dan kucing bermusuhan?

Sebenarnya terdapat beberapa penyebab alamiah mengapa anjing dan kucing lebih cenderung suka bertengkar satu sama lain. Mengutip dari situs thedodo.com, ada beberapa penyebab anjing dan kucing bermusuhan. Diantaranya adalah:

1. Terjadi miskomunikasi

Ini adalah faktor terbesar yang membuat kucing dan anjing kian bermusuhan. Miskomunikasi yang dimaksud adalah adanya perbedaan bahasa tubuh dari keduanya. Umumnya saat anjing dan kucing bertemu, anjing akan mengibaskan ekor mereka sebagai tanda ingin bersahabat. Selain itu, ukuran tubuh kucing yang kecil juga tidak memberikan ancaman bagi anjing.

Berbeda dengan kucing, mereka menganggap bahwa kibasan ekor anjing merupakan bentuk permusuhan atau menantang. Hal ini karena biasanya kucing yang sedang bertengkar juga akan melakukan hal serupa yakni mengibaskan ekornya.

Perbedaan bahasa tubuh inilah yang membuat dua hewan ini kian tidak akur.

2. Perbedaan Ukuran Tubuh

Perbedaan ukuran tubuh juga menyebabkan kucing merasa terancam ketika bertemu dengan anjing. Oleh karena itulah kucing cenderung kabur dari anjing yang berukuran lebih besar. Namun sebagian kucing malah penasaran dan menantang anjing. Namun perbedaan ukuran tubuh ini tidak akan berpengaruh ketika keduanya sudah saling mengenal aroma tubuh satu sama lain.

Bagaimana Membuat Kucing dan Anjing Bisa Akur?

Untuk membuat kucing dan anjing akur sebenarnya membutuhkan treatment khusus, kecuali kamu sudah memelihara kedua hewan ini sejak kecil. Anjing dan kucing yang selama masa kecilnya sudah dibiasakan bersama dapat tumbuh dewasa dengan akur. Berbeda dengan anjing dan kucing yang baru bertemu saat dewasa. Keduanya memiliki pride dan tidak akan mengalah satu sama lain.

Lalu bagaimana cara membuat anjing dan kucing akur? Ada beberapa cara yang kami rekomendasikan. Diantaranya adalah:

1. Mengenalkan Bau Tubuh Satu Sama Lain

Saat kamu memelihara anjing dan kucing dalam satu rumah, sebaiknya jangan digabung terlebih dahulu. Kamu dapat mulai dengan mengenalkan bau tubuh satu sama lain. Misalnya kamu mengambil alas tidur anjing lalu tarulah di kandang kucing begitu juga sebaliknya.

Ketika mereka sudah terbiasa dengan aroma tubuh hewan lain, mereka cenderung lebih penasaran dan ingin mengenal hewan tersebut. Namun diingat, jangan memaksakan cara ini apabila anjing atau kucing menunjukkan sikap permusuhan atau merasa terancam. Hal ini dapat membuat mereka stress.

2. Lepaskan Salah Satunya di Dekat Kandang Anjing atau Kucing

Maksudnya adalah kamu harus menyediakan dua kandang, satu untuk anjing dan satu untuk kucing. Pada hari pertama, cobalah memasukkan kucing dalam kandang dan lepaskan anjing di sekitarnya. Pada hari kedua, biarkan anjing di kandang dan lepaskan kucing. Treatment yang satu ini terbukti sangat efektif untuk membiarkan anjing dan kucing mengenal satu sama lain.

3. Setelah Mulai Akrab, Kamu Dapat Mempertemukan Mereka

Nah, apabila sudah ada tanda-tanda keakraban antara anjing dan kucing, cobalah melepaskan keduanya dalam satu ruangan. Dalam hal ini, kamu juga harus memperhatikan mereka secara dekat bila mana tiba-tiba salah satunya menyerang baik anjing ataupun kucing. Metode ini tentu tak hanya dilakukan sekali namun berkali-kali dan berhari-hari agar berhasil.

Nah, itu dia pembahasan mengenai apakah anjing dan kucing bisa akur serta bagaimana cara mengakurkan mereka. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi kamu ya.

https://t.me/s/binatangmucom/41