Apakah Arwana Bisa Digabung dengan Ikan Lain?

Posted on

Binatangmu – Apakah arwana bisa digabung dengan ikan lain? Ini mungkin pertanyaan yang muncul bagi kamu yang baru memelihara ikan arwana atau sedang mencari tankmate untuk si arowana. Hal ini wajar mengingat ikan arwana terkenal cukup agresif dan merupakan jenis ikan yang teritorial atau sangat menjaga wilayahnya.

Nah, untuk itulah, pada kesempatan kali ini akan kami coba paparkan jawabannya pada kesempatan kali ini.

Apakah Arwana Bisa Digabung dengan Ikan Lain?

Apakah Ikan Arwana Bisa Digabung dengan Ikan Lain?

Jawabannya sebenarnya BISA SAJA, bahkan arwana dapat disatukan dengan sesama arwana. Namun perlu diingat, terdapat beberapa kondisi yang harus dipenuhi agar arwana dapat disatukan dengan ikan lain. Dalam arti kamu tak boleh sembarangan dalam memilih ikan sehingga arwana tidak stres ataupun ikan yang berada di satu aquarium dengan arwana tidak mati.

Tips Memilih Tankmate untuk Ikan Arwana

Dalam memilih ikan yang nantinya dapat digabung dengan arwana dalam satu aquarium, terdapat beberapa tips yang harus kamu ketahui. Diantaranya adalah:

1. Perhatikan ukuran tankmate untuk arwana

Tips pertama adalah kamu harus memperhatikan ukuran ikan yang nantinya digabungkan dengan arwana. Ukuran ikan harus lebih besar dari mulut arwana sehingga risiko tankmate tersebut dimakan lebih kecil.

Sekedar informasi, ikan arwana memang cenderung tertarik dengan hewan bergerak yang ada di sekitarnya. Saat ukuran ikan lebih kecil dari mulut arwana, secara otomatis arwana akan mengira bahwa ikan tersebut adalah santapannya.

Selain itu, tankmate untuk arwana juga tak boleh lebih besar daripada tubuh arwana sendiri. Ditakutkan arwana yang akan menjadi santapan tankmate-nya tersebut.

2. Ikan cukup lincah dan gesit

Tankmate untuk arwana juga harus lincah dan gesit sehingga apabila nantinya dikejar oleh arwana, ikan tersebut dapat menghindarinya.

3. Sediakan tempat persembunyian untuk tankmate

Tips selanjutnya adalah sediakan tempat bagi tankmate arwana untuk bersembunyi. Hal ini juga dapat mengurangi risiko ikan tersebut diserang atau dikejar oleh arwana ketika sedang lapar atau telat makan. Tubuh ikan arwana yang cenderung besar tentu tidak akan mampu memakan ikan yang berada pada satu aquarium ketika sedang bersembunyi.

Hal ini juga dilakukan agar arwana terbiasa dengan hadirnya ikan lain dalam satu aquarium dengannya. Seperti yang kami jelaskan di atas, ikan arwana merupakan ikan teritorial sehingga cukup agresif ketika terdapat binatang lain di wilayahnya. Ketika ikan arwana sudah terbiasa, sifat agresif tersebut cenderung lebih berkurang.

4. Jangan pernah telah memberikan pakan arwana

Ini adalah tips paling penting yang harus kamu lakukan ketika ingin menggabungkan ikan arwana dengan jenis ikan lain. Ketika arwana berada dalam posisi kenyang, mereka tidak akan menyerang ikan lain di sekitarnya sebagai santapan.

Jenis Ikan yang Cocok untuk Tankmate Arwana

Setelah mengetahui jawaban atas pertanyaan apakah arwana bisa digabung dengan ikan lain dan tips dalam memilih tankmate arwana, kini saatnya menjelaskan jenis ikan yang cocok untuk tankmate arwana. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Ikan Sapu-Sapu

Ini adalah jenis ikan yang paling umum sebagai tankmate arwana ataupun ikan lainnya. Seperti namanya, ikan sapu-sapu berfungsi untuk membersihkan aquarium dari lumut dan kotoran yang mengendap di dalamnya. Kelebihan ikan sapu-sapu adalah tubuhnya yang sangat keras sehingga tidak akan mudah terluka ketika arwana menyerangnya.

2. Ikan Peacock Bass

Bagi pecinta ikan hias, tentu sudah sangat familiar dengan jenis ikan yang satu ini. Peacock Bass merupakan tipe ikan predator yang juga cukup agresif sehingga juga cocok disatukan dengan ikan arwana. Namun perlu diingat, sebaiknya pilih peacock bass yang tidak terlalu besar, setidaknya ukuran tubuhnya tidak lebih besar dari tubuh arwana.

3. Ikan Tiger Datnoid

Jenis ikan yang cocok untuk tankmate arwana yang selanjutnya adalah Tiger Datnoid. Ikan ini merupakan predator yang gemar memangsa ikan kecil, cacing beku, serangga kecil, udang, dan sebagainya. Dengan begitu, jenis ikan ini dapat disatukan dengan arwana dalam satu aquarium dan dapat berbagi makanan dengannya.

4. Ikan Palmas

Ikan Palmas juga merupakan jenis ikan hias yang popularitasnya mulai redup belakangan ini karena kemunculan jenis ikan hias lainnya. Namun dari dulu hingga sekarang, palmas sangat cocok dijadikan sebagai tankmate arowana.

5. Ikan Alligator

Pilihan tankmate arwana selanjutnya adalah ikan Alligator. Ikan predator ini sangat cocok berdampingan dengan arwana karena keduanya memiliki bentuk tubuh pipih yang hampir sama. Di samping itu, Alligator juga merupakan ikan primitif dan jenis ikan predator kelas atas layaknya arwana sehingga keduanya mampu berbagi wilayah teritorial.

6. Ikan Golden Dorado

Bagi pecinta arwana, ikan Golden Dorado menjadi alternatif terbaik sebagai tankmate arwana. Tentu saja terdapat alasan untuk hal ini. Pertama, Golden Dorado merupakan perenang yang aktif. Kedua, ikan ini juga sedikit jahil sehingga tidak akan mudah diserang oleh arwana.

Nah, itu dia ulasan mengenai apakah arwana bisa digabung dengan ikan lain serta jenis ikan yang cocok dijadikan sebagai tankmate arowana. Semoga penjelasan kami pada kesempatan kali ini bermanfaat ya.

https://t.me/s/binatangmucom/46