Apakah Boleh Memandikan Kucing Malam Hari?

Posted on
Ilustrasi Foto Kucing (Pinterest)

BinatangmuApakah boleh memandikan kucing di malam hari? Temukan jawabannya dalam penjelasan lengkap artikel yang satu ini.

Memandikan kucing menjadi rutinitas yang tak jarang sulit dilakukan. Pasalnya, tidak sedikit kucing yang takut dengan air karena berbagai alasan seperti perbedaan suhu dan lain sebagainya.

Jika hendak memandikan kucing kesayangan kita, alangkah lebih baik jika memilih waktu yang pas agar tidak membuat kucing kita stres dan memberontak.

Tak hanya membutuhkan kesabaran ekstra, memandikan kucing juga perlu berhati-hati agar tidak melukai diri sendiri maupun melukai kucing kesayangan kita.

Bagi kucing yang tidak suka air, pasti membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama agar kucing bisa beradaptasi dan menerima kehadiran air.

Pertanyaannya, apakah boleh memandikan kucing kapan saja? Apakah boleh memandikan kucing malam hari? Kapan jadwal yang ideal untuk kucing mandi? Dan apa efek memandikan kucing di malam hari?

Kucing Mandi Berapa Kali Seminggu

Idealnya, berapa kali kita memandikan kucing dalam seminggu? Sebagai informasi, waktu yang tepat untuk memandikan kucing yakni 4 hingga 6 minggu sekali secara rutin.

Walaupun begitu, sebelum memandikan kucing kita juga perlu memastikan kucing kesayangan kita dalam kondisi sehat dan memiliki mood yang baik agar tidak terjadi stres atau berontak.

Selain itu, kalian juga bisa memandikan kucing kesayangan jika kondisinya sangat kotor untuk menghindarkan kucing kesayangan kita dari infeksi bakteri.

Perlu diingat juga, kucing yang dimandikan harus berusia lebih dari 2 bulan karena jika kurang dari itu dikhawatirkan kucing akan mudah terserang hipotermia.

Apakah Boleh Memandikan Kucing Malam Hari?

Jawabannya adalah sangat tidak disarankan memandikan kucing di malam hari. Pasalnya, kucing memiliki suhu tubuh yang lebih panas daripada manusia sehingga memiliki kemampuan adaptasi yang baik terhadap panas.

Kemampuan adaptasi tersebut lantas membuat kucing sangat sensitif terhadap suhu rendah atau suhu dingin sehingga memandikan kucing di malam hari sangat tidak disarankan karena bisa membuat kucing kesayangan kita kedinginan walaupun dimandikan dengan menggunakan air hangat.

Adapun waktu yang disarankan atau waktu ideal memandikan kucing yakni antara pukul 10.00 hingga 16.00 ya sobat. Hal ini karena pada jam tersebut matahari masih bersinar sehingga kucing akan lebih mudah beradaptasi dan tidak mengalami kedinginan.

Sumber lain menyebutkan jika jam terbaik memandikan kucing yakni antara pukul 09.00 hingga 11.00 karena pada jam itu matahari bersinar dengan hangat dan tidak terik. Hal tersebut menjadikan waktu yang tepat untuk memandikan kucing kesayangan tanpa khawatir kepanasan atau kedinginan.

Efek Memandikan Kucing di Malam Hari

Efek memandikan kucing dimalam hari yakni kucing pasti akan merasa kedinginan walaupun dimandikan dengan menggunakan air hangat. Kucing yang kedinginan berpotensi mengalami hipotermia sehingga bisa membahayakan keselamatan kucing kesayangan kita.

Selain itu, jika kucing merasa tidak nyaman karena kedinginan atau hingga hipotermia, dikhawatirkan kucing kesayangan kita akan rentan stres karena moodnya rusak atau berantakan.

Alasan lain mengapa memandikan kucing di malam hari tidak dianjurkan atau bahkan dilarang karena kucing sulit beradaptasi terhadap suhu dingin.

Sudah bukan rahasia lagi jika suhu pada malam hari lebih dingin dibandingkan siang hari saat masih ada matahari bukan? Oleh sebab itu jangan memandingkan kucing kesayangan kita di malam hari walaupun dengan menggunakan air hangat.

Kesimpulan

Menjaga suhu tubuh kucing tetap hangat adalah salah satu bentuk cinta kita terhadap kucing kesayangan. Selain itu, kita juga perlu membuat kucing kesayangan kita selalu nyaman berada di sekitar kita agar tidak rentan stres.

Nah demikian pembahasan tentang apakah boleh memandikan kucing malam hari dan efek yang bisa dialami kucing jika dimandikan di malam hari. Jika bermanfaat, jangan lupa share artikel ini ya sobat..***