APAKAH BURUNG MERAK BISA TERBANG ?

Diposting pada
Apakah burung merak bisa terbang? Sebuah pertanyaan sederhana namun tak semua orang dapat menjawabnya dengan benar. Bagi orang yang menjawab burung merak bisa terbang, alasannya adalah karena spesies ini dimasukkan dalam keluarga burung sehingga tentu sama dengan burung pada umumnya yang dapat terbang. Sebaliknya, bagi yang menajwab burung merak tidak bisa terbang, alasannya karena badan yang dimiliki merak cukup besar. 
Nah, untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan penjelasan apakah burung merak bisa terbang atau tidak. Selain itu, akan juga kami ulas mengenai makanan burung merak serta beberapa sub-spesies burung merak Indonesia. Tak perlu berlama-lama, simak ulasan berikut. 

Apakah Burung Merak Bisa Terbang? Jika Bisa, Seberapa Jauh Kemampuan Terbang Mereka? 

Sebenarnya layaknya burung lain, merak juga bisa terbang. Hanya saja berbeda dengan burung pada umumnya, merak tak dapat terbang lama di udara. Faktor yang paling mempengaruhi adalah karena ukuran badannya yang paling besar. 
APAKAH BURUNG MERAK BISA TERBANG ?
Biasanya, ketika hendak terbang, burung merak akan mulai mengambil posisi untuk berlari, lalu melompat dan kemudian terbang. Dengan ukuran tubuh yang besar serta ekor yang panjang, kecepatan burung merak ketika terbang adalah sekitar 10 mil per jam. Satu fakta mengenai burung merak ketika terbang adalah burung ini hanya terbang saat menghadapi bahaya saja. Oleh karena itu, sangat jarang ditemukan burung merak yang terbang ke sana kemari. 
Saat berada di posisi terbang, ekor burung merak yang panjang tidak menjadi penghalang. Sebaliknya, ekor tersebut membantu burung merak untuk dapat mendarat dengan lancar menggunakan kakinya. 

Makanan Burung Merak 

Setelah mengetahui jawaban mengenai apakah burung merak dapat terbang atau tidak, kini saatnya membahas mengenai makanan burung merak. Hal ini karena makanan burung merak juga menjadi alasan mengapa burung ini tidak perlu terbang ketika mencari makanan mereka. Lantas apa saja makanan burung merak? 
Makanan utama burung merak adalah biji-bijian, rumput, serta pucuk daun. Meski demikian, terkadang burung merak juga menggali tanah untuk menemukan berbagai serangga kecil seperti cacing, ulat, laba-laba, kadal, dan lain sebagainya. Makanan tersebut berlaku untuk semua spesies burung merak. Dengan kata lain, makanan burung merak adalah hewan dan tumbuhan yang berada dekat dengan tanah. Oleh karena itulah mereka tak perlu terbang untuk dapat bertahan hidup. 

Spesies Burung Merak 

Sekedar informasi, burung merak dimasukkan dalam keluarga Phasianidae atau unggas tanah. Umumnya keluarga unggas tanah memiliki ukuran sayap yang pendek, ukuran tubuh pejantan lebih besar dari betina, serta memakan biji-bijian dan hewan kecil. 
Mengenai spesies burung merak, dapat dikategorikan menjadi tiga. Pertama adalah merak biru yang habitatnya ada di benua India. Kedua adalah merak putih yang hidup di benua Afrika, khususnya di lembah Kongo. Dan yang ketiga adalah merak hijau yang asli dari Asia Selatan. 

1. Merak Biru 

Merak India atau juga yang lebih dikenal dengan merak biru merupakan jenis burung merak yang ekornya didominasi oleh warna biru. Di India sendiri, burung merak biru dinobatkan sebagai burung nasional karena penampilannya yang sangat anggun layaknya raja. 
Populasi burung merak biru biasanya ada di hutan terbuka yang memiliki padang rumput sepert Pakistan, India, Bhutan, dan Nepal. Ukuran badan merak biru jantan yang telah dewasa dapat mencapai 230 cm. Sedangkan untuk merak biru betina, ukuran tubuhnya yang paling besar mencapai 180 cm. Burung merak biru memiliki mahkota yang ada di kepalanya yang bentuknya seperti kipas. 

2. Merak Hijau 

Merak hijau memiliki nama latin Pavo Muticus. Ini adalah jenis burung merak yang hidup di daerah Asia Selatan dan tersebar banyak di Indonesia. Beberapa habitat asli burung merak hijau adalah Jawa dan Tiongkok. Namun sangat disayangkan, populasi burung merak hijau semakin lama semakin berkurang karena maraknya perburuan liar merak untuk diambil bulunya. 

3. Merak Putih 

Burung merak putih memiliki nama latin Pavo Cristatus. Seperti namanya, burung merak putih memiliki warna putih yang menutupi seluruh tubuhnya. Berbeda dengan merak hijau ataupun merak biru, burung merak putih tidak mempunyai campuran warna lain di tubuhnya. Semua warna bulunya adalah putih. Hal ini pulalah yang membuat banyak orang menyebutnya sebagai merak albino. 
Demikian sedikit ulasan yang dapat kami berikan dalam menjawab mengenai apakah burung merak bisa terbang atau tidak. Selain itu, kini Anda juga lebih tahu mengenai makanan burung merak serta jenis-jenisnya. Semoga apa yang telah kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.