Apakah Burung Unta Termasuk Hewan Langka

Posted on

Apakah burung unta termasuk hewan langka? Sebagian dari Anda mungkin akan bertanya mengenai hal ini. Pasalnya burung unta memang menjadi salah satu burung yang cukup unik dimana burung ini memiliki ukuran tubuh yang besar apabila dibandingkan dengan burung lainnya. Namun sebelum membahas mengenai apakah burung unta termasuk hewan langka atau tidak, maka kita harus mengetahui pengertian hewan langka itu sendiri.

Pengertian Hewan Langka

Mengutip dari situs saintif, hewan langka merupakan hewan yang spesiesnya sangat sulit dicari karena jumlahnya yang sedikit. Istilah hewan langka digunakan pada binatang yang dikategorikan ‘genting’ dan ‘terancam’ kehidupannya.

Seperti yang kita tahu, semakin sedikit populasi spesies hewan tersebut di dunia, maka akan semakin sulit pula hewan itu untuk dilestarikan. Mengapa? Karena beberapa hewan juga sulit untuk berkembang biak sehingga dalam melestarikannya pun membutuhkan perjuangan yang cukup besar. Ditambah terdapat banyak kolektor hewan-hewan langka yang membuat kehidupan hewan tersebut semakin terancam di dunia.

Lantas Apakah Burung Unta Termasuk Hewan Langka?

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa spesies hewan dapat dikatakan langka atau tidak dapat dilihat dari populasinya. Semakin sedikit populasi hewan tersebut, maka dapat dikategorikan sebagai hewan langka. Begitu juga sebaliknya. Hingga saat ini, mengutip dari situs hobiternak, populasi burung unta di dunia masih dapat dikatakan stabil. 

apakah burung unta termasuk hewan langka

Hal ini karena masih dapat ditemukan kawanan burung unta di berbagai jenis habitat mulai dari padang gurung hingga savanna. Oleh karena itu burung unta masih belum dapat dikategorikan sebagai hewan langka. Meski begitu, bukan berarti kita dapat memburu burung tersebut secara liar. Terlebih di beberapa negara burung unta juga diternak yang nantinya daging burung tersebut dijual atau dijadikan sebagai sajian makanan.

Demikian sedikit ulasan mengenai apakah burung unta termasuk hewan langka atau tidak. Semoga apa yang telah kita bahas pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda. Selamat bertemu di ulasan selanjutnya.