Apakah Cupang Besgel Bisa Mutasi?

Posted on

Apakah Cupang Besgel Bisa Mutasi? Sebuah pertanyaan yang mungkin juga kamu tanyakan ketika memelihara jenis cupang yang satu ini. Mengapa? Karena umumnya terdapat sebuah anggapan umum diantara para pemelihara cupang bahwa jenis cupang besgel ataupun cupang avatar dapat mengalami mutasi selama perkembangan tubuhnya.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba menjawab pertanyaan terkait apakah ikan cupang besgel bisa mutasi atau tidak serta menjelaskan secara lengkap mengenai pengertian ikan cupang besgel, ciri-ciri ikan cupang besgel, serta tahap mutasi ikan cupang. Mengingat ini merupakan pembahasan yang cukup unik, sebaiknya kamu membacanya hingga akhir.

Apakah Cupang Besgel Bisa Mutasi?

Apakah Cupang Besgel Bisa Mutasi?

Jawabannya bisa IYA dan TIDAK. Hal ini karena dalam beberapa kasus, terdapat jenis ikan besgel yang usianya sudah memasuki 4 bulan tidak kunjung mengalami mutasi. Hal paling umum yang dapat diperhatikan dari mutasi ikan cupang besgel adalah perubahan warna tubuhnya. Ikan ini memang merupakan ikan kontes sehingga warna tubuhnya yang menunjukkan keindahannya menjadi daya tarik tersendiri.

Bagaimana cara membedakan ikan cupang besgel mutasi dan tidak? Secara kasat mata, ikan besgel akan mulai bermutasi ketika memasuki usia 2 bulan atau bahkan lebih muda. Tanda-tandanya dapat dilihat dari perubahan warna yang signifikan. Sedangkan ketika memasuki usia 4 bulan tidak ada tanda-tanda mutasi pada ikan cupang besgel, maka kemungkinan sampai tua pun ikan tersebut tidak akan bermutasi.

Pengertian Ikan Cupang Besgel

Nama Besgel sebenarnya diambil dari kata “Bebas Gelap”. Pemberian nama ini mengacu pada warna dasar ikan cupang yang memang cenderung lebih pekat dibandingkan jenis ikan lainnya. Contohnya adalah warna merah tua, biru tua, dan hijau tua. Meski demikian, bukan berarti semua ikan cupang besgel berwarna gelap seluruhnya.

Ketika terjadi mutasi pada ikan besgel, akan terdapat kombinasi warna yang akhirnya muncul sehingga membuat jenis ikan cupang ini cukup diminati sebagai ikan kontes. Namun bagi ikan cupang besgel yang tidak bermutasi, biasanya disebut sebagai ikan cupang gagal sehingga kerap dijual dengan harga murah kepada pemelihara cupang yang masih awam.

Meski demikian, ikan besgel memiliki keunikan tersendiri karena gen bawaan yang cukup dominan. Maksudnya adalah ketika ikan besgel dikawin silangkan dengan jenis ikan cupang lain, kemungkinan gen yang mendominasi adalah besgel. Namun hal ini tidak selalu 100% demikian mengingat terdapat beberapa faktor lain yang mempengaruhi. Oleh karena itulah, tak jarang para peternak cupang akan memilih indukan berupa besgel mutasi dengan warna yang lebih menarik sehingga diharapkan dapat melahirkan anak-anak besgel yang dapat bermutasi pula.

Ciri-Ciri Ikan Cupang Besgel

Seperti namanya, ciri-ciri ikan besgel secara kasat mata dapat dilihat dari warna yang menyelimuti tubuhnya. Warna paling umum yang dimiliki oleh ikan cupang besgel adalah biru tua dan hijau tua yang juga diselingi dengan warna merah di sekitar sirip dan ekornya.

Selain itu, ciri-ciri ikan besgel yang selanjutnya adalah sisiknya lebih tebal serta fisiknya lebih kuat apabila dibandingkan dengan jenis ikan cupang lain. Ini karena cupang besgel merupakan jenis ikan cupang paling tua.

Demikian apa yang dapat kami jelaskan mengenai apakah cupang besgel bisa bermutasi atau tidak. Semoga penjelasan singkat ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/56