Apakah Cupang Betina Bisa Bertelur Tanpa Jantan?

Posted on

Binatangmu – Tak banyak orang yang tahu apakah cupang betina bisa bertelur tanpa jantan. Ini wajar mengingat hewan pada umumnya membutuhkan pasangan agar dapat berkembang biak. Begitu juga dengan ikan cupang. Namun faktanya, ikan cupang juga bisa loh bertelur tanpa jantan. Untuk pembahasan lengkapnya, simak penjelasan berikut.

Apakah Cupang Betina Bisa Bertelur Tanpa Jantan?

Cupang Betina Bertelur tanpa Jantan, Apakah Bisa?

Untuk pertanyaan apakah cupang betina bisa bertelur tanpa jantan, jawabannya adalah BISA. Namun perlu diketahui, telur yang dikeluarkan oleh cupang betina tanpa adanya proses pemijahan/pembuahan tidak dapat menetas.

Jika kamu perhatikan, jumlah telur yang dikeluarkan oleh cupang betina tanpa jantan sama dengan telur hasil pemijahan. Umumnya telur hasil pemijahan akan menetas menjadi anak-anak cupang dalam jangka waktu 2 hari. Namun untuk telur ikan cupang betina tanpa dikawinkan dengan cupang jantan, telur tersebut tidak akan menetas.

Bagi kamu, fenomena ini mungkin unik. Namun sebenarnya ini adalah hal alamiah yang akan terjadi pada ikan cupang. Alasan logisnya, telur ikan cupang betina yang telah masak/matang akan dikeluarkan dari tubuh mereka, baik telur tersebut telah dibuahi atau tidak. Dengan begitu, kondisi fisik ikan cupang betina akan tetap sehat.

Pada beberapa kasus, umumnya ikan cupang betina yang telurnya sudah penuh akan dikeluarkan ketika ia dekat dengan ikan cupang lain, baik itu cupang jantan ataupun sesama betina. Meskipun pada beberapa kasus, yang sangat jarang terjadi, ikan cupang betina yang sendirian juga tetap dapat mengeluarkan telur saat jumlah telur di perut cupang betina sudah penuh.

Demikian penjelasan dan jawaban atas pertanyaan apakah cupang betina bisa bertelur tanpa jantan. Semoga apa yang kai sajikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/63