Apakah Ekor Cupang Sobek Bisa Tumbuh Lagi?

Posted on
Apakah ekor cupang sobek bisa tumbuh lagi? Sebenarnya bisa namun membutuhkan waktu yang cukup lama agar ekor ikan cupang kembali seperti semula. Namun apabila kamu memberikan perawatan yang tepat, ekor ikan cupang yang sobek dapat tumbuh lebih cepat. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai lebih lengkap mengenai cara menyembuhkan ekor cupang sobek lebih cepat.
Apakah Ekor Cupang Sobek Bisa Tumbuh Lagi?

 

Seperti yang kita tahu, ikan cupang merupakan jenis ikan petarung sehingga risiko ekornya sobek cukup besar. Meskipun ikan cupang hanya hidup sendiri dan tidak pernah diadu dengan cupang lain, namun terkadang terjadi infeksi bakteri dan virus pada ekor cupang yang menyebabkan ekornya sobek.
Lantas bagaimana cara mempercepat penyembuhan ekor ikan cupang yang sobek? Menurut pengalaman, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan. Diantaranya adalah:

1. Selalu Jaga Kualitas Air

Ini adalah salah satu langkah paling penting untuk menyembuhkan ekor cupang yang sobek. Hal ini karena kondisi air yang bersih akan menjaga cupang terserang bakteri, virus, dan jamur. Sekedar informasi, ikan cupang memang cukup rawan terserang jamur, terlebih untuk ikan cupang yang hanya dirawat dalam botol.
Kondisi tersebut tentu berbeda dengan ikan cupang yang dirawat pada aquarium kecil dengan perlengkapan komplit seperti filter, aerator, dan sebagainya. Ketika kondisi air bagus, maka proses penyembuhan ekor sobek pada ikan cupang dapat berlangsung lebih cepat.
Coba bayangkan apabila ekor sobek ikan cupang terinfeksi jamur. Maka pertumbuhannya akan terhambat karena jamur ataupun bakteri akan terus menerus menggerogoti bagian ekor dan tubuh cupang.
Bagaimana cara menjaga kualitas air untuk ikan cupang? Kamu dapat memberikan obat tetes pembasmi jamur ataupun rutin mengganti air pada tempat tinggal ikan cupang. Obat tetes pembasmi jamur dapat kamu peroleh di e-commerce ataupun penjual ikan.

2. Berikan Pakan Tinggi Protein

Tips menyembuhkan ekor cupang lebih cepat yang berikutnya adalah berikan pakan yang mengandung tinggi protein. Percaya atau tidak, pakan yang tinggi protein memang kerap digunakan untuk menyembuhkan ikan cupang dari berbagai permasalahan, termasuk ekor sobek. Adapun contoh yang pakan tinggi protein untuk cupang adalah jentik nyamuk, cacing sutra, dan aneka jenis pakan alami.

3. Jauhkan Sementara Ikan Cupang dari Cupang Lain

Tips selanjutnya jauhkan sementara ikan cupang dengan ikan lain ataupun cupang lainnya. Hal ini karena ketika ikan cupang berdekatan dengan sesama cupang, mereka gampang terprovokasi. Akibatnya, ikan cupang lebih mudah stres dan menabrakkan tubuhnya di kaca. Dalam kondisi tertentu, ikan cupang juga dapat menggigit ekornya sendiri. Untuk itulah, selama masa penyembuhan, jangan biarkan ikan cupang stres.