Apakah Hamster Termasuk Tikus? Ini Faktanya

Diposting pada

Banyak yang mengira bahwa hamster termasuk tikus karena bentuk kedua hewan ini yang mirip. Padahal sebenarnya tikus dan hamster adalah spesies yang berbeda meskipun keduanya sama-sama termasuk hewan pengerat.

Fakta Unik Tentang Hamster
Fakta Unik Tentang Hamster

Lantas apakah hamster termasuk tikus ? Jawabannya tentu saja TIDAK.

Perbedaan Tikus dan Hamster

Mengutip dari situs Dictio, terdapat beberapa perbedaan antara hamster dan tikus. Hewan yang Mudah Selingkuh Diantaranya adalah:

  • Bentuk tubuh : Tikus memiliki tubuh yang lebih langsing, sedangkan hamster lebih gemuk.
  • Mulut dan hidung : tikus mempunyai ukuran mulut dan hidung yang lebih panjang dan lebih kuat dibandingkan hamster.
  • Ekor : Hamster mempunyai ekor yang lebih pendek.
  • Kantong pipi : Hamster mempunyai kantong pipi sehingga dapat menyimpan dan membawa makanan mereka untuk persediaan. Sedangkan tikus tidak memiliki kantong pipi.
  • Habitat : Tikus dapat hidup di tempat yang kotor, lembab, dan basah sedangkan hamster terbiasa hidup di tempat yang lebih kering dan bersih.

Perbedaan Nama, Morfologi, Tingkah Laku dan Habitat

  • Hewan peliharaan

Hamster merupakan hewan peliharaan yang populer, karena mudah dipelihara dan dikembangbiakan. Hewan yang Mudah Lelah, Paling Suka Tidur Sedangkan tikus, kebanyakan malah dicari untuk dibunuh.

  • Perilaku

Hamster aktif di sore hari, dan jika di alam liar, mereka lebih suka berada di lubang untuk menghindari predator. Sedangkan tikus rumah merupakan hewan nokturnal, yaitu aktif di malam hari dan kadang juga krepuskular (aktif di sore hari).

  • Makanan

Hamster memakan biji, buah, dan tumbuh-tumbuhan. Sedangkan tikus memakan (hampir) semua makanan yang tersedia di sekitar rumah.

  • Morfologi

Hamster memiliki tubuh gemuk dengan ekor yang relatif pendek. Memiliki telinga kecil berbulu, pendek, kekar, dan kaki lebar. Sedangkan tikus memiliki moncong yang runcing, telinga bulat, dan ekor panjang tanpa rambut lebat.

  • Penglihatan

Hamster memiliki penglihatan yang buruk, mereka rabun dekat dan buta warna. Kucing Boleh Makan Keju ? Sedangkan tikus memiliki ketajaman visual yang pada dasarnya mirip dengan manusia, namun tikus memiliki penglihatan dicromat sedangkan manusia yaitu tricromat. Hal ini berarti tikus tidak melihat beberapa warna dalam spektrum visual manusia.

  • Kantong Pipi

Hamster memiliki kantong pipi yang dapat menyimpan makanan untuk dibawa pergi ke sarang. Sedangkan tikus tidak memiliki kantong pipi.

  • Masa Gestasi

Hamster memiliki masa gestasi sekitar 16-23 hari. Sedangkan tikus memiliki masa gestasi sekitar 19-21 hari.

  • Jumlah Anak

Hamster dapat melahirkan anak sekitar 2 hingga 13 anak. Sedangkan tikus bisa melahirkan anak sekitar 3 sampai 14 ekor anak (rata-rata sekitar 6-8 anak).

  • Spesies Invasif

Fakta – Fakta Uni k Tentang Hamster

Setelah mengetahui bahwa hamster tidak termasuk tikus, berikut akan kami sajikan beberapa fakta mengenai hamster:

  1. Memiliki Kemampuan untuk Mengingat Namanya

Bagi kamu yang memelihara hamster, pernahkah memberikan nama pada bola kecil berbulu ini? Hamster merupakan salah satu hewan yang dapat mengingat namanya.

Ketika kamu memberikan nama pada hamstermu, maka lambat laun mereka akan terbiasa dengan suara serta panggilan nama tersebut.

  1. Penglihatan Hamster Kurang Baik

Tahukah kamu, meskipun termasuk hewan yang aktif dan suka berpetualang, Pengertian Daur Hidup Hewan dan Contohnya namun faktanya penglihatan hamster kurang baik.

Hamster yang baru lahir membutuhkan waktu sekitar 14 hari agar dapat melihat dari jarak dekat. Meski demikian, hamster dapat mengenali lingkungannya dengan cara memanfaatkkan kumis dan indera penciuman.

  1. Hamster Terbesar dapat Berukuran Hingga 35 cm

Terdapat spesies hamster yang dapat tumbuh hingga 35 cm yakni European hamster. Spesies ini hidup di Belgia, Rusia, dan Bulgaria. Umumnya berat European hamster adalah 220 – 460 gram.

  1. Hamster Terkecil Hanya Berukuran 10 cm

Sedangkan untuk spesies hamster terkecil, ukurannya adalah 5 – 10 cm saja. Spesies hamster terkecil adalah roborovski atau robo. Dengan tubuhnya yang kecil, roborovski dapat berlari dengan sangat cepat dan lincah.

  1. Gigi Depan Hamster Terus Tumbuh

Pernahkah kamu memperhatikan mengapa hamster selalu mengigiti benda di sekitarnya? Anjing Boleh Makan Coklat? Ini Faktanya !  Hal ini tentu memiliki tujuan. Hamster senantiasa menggigit benda untuk mengasah gigi depan mereka agar tidak tumbuh terlalu panjang. Gigi depan yang terlalu panjang akan mempersulit hamster untuk makan.

  1. Hamster Dapat Melahirkan hingga 24 Bayi

Ini adalah fakta yang mungkin tidak diketahui banyak orang. Meskipun tubuhnya kecil, hamster dapat melahirkan sekitar 7 – 24 bayi, loh! Ketika melahirkan anaknya, terkadang induk hamster akan memasukkan anak mereka ke dalam mulut demi melindungi anak-anaknya dari predator.

  1. Hamster di Alam Liar Tinggal di Dalam Lubang

Berbeda dengan hamster peliharaan yang tinggal di kandang, hamster liar umumnya akan tinggal di dalam lubang. Mereka menggali lubang dengan kedalaman sekitar 50 cm. Bahkan ketika musim dingin atau sedang melahirkan anaknya, hamster dapat menggali lubang hingga 2 meter di dalam tanah.

Demikian Pembahasand dari kami tentang Perbedaan Hamster dan Tikus Hingga Fakta unik Hamster secara lengkap dan jelas, semoga bermanfaat sobat binatangmu.com