Apakah Hewan Cocopet Berbahaya? Simak Penjelasan Berikut

Posted on

Ketika mendengar pertanyaan apakah hewan cocopet berbahaya? Mungkin Anda akan bertanya-tanya. Jenis hewan apakah cocopet itu? Kenapa terdengar sangat asing di telinga saya? Jika Anda berpikir demikian, tak perlu khawatir.

Kami akan mencoba menjelaskan secara lengkap mengenai hewan apa yang disebut cocopet, klasifikasi cocopet, morfologi cocopet, hingga menjawab pertanyaan apakah hewan cocopet berbahaya. Tak perlu berlama-lama, simak ulasan berikut ini.

Apa Hewan Cocopet itu ?

Cocopet merupakan predator berbentuk serangga kecil yang umumnya merusak tanaman. Hewan yang satu ini terkadang juga disebut earwig karena dipercaya suka memasuki telinga di malam hari. Klasifikasi cocopet sendiri berasal dari ordo Dermaptera. Binatang ini dapat ditemukan di seluruh benua Afrika, Asia, Eurasia, Australia, hingga Selandia Baru.

Meski sering dianggap sebagai hama tanaman, cocopet sebenarnya tidak menjadikan tumbuhan atau tanaman sebagai makanan utamanya.

Mereka lebih sering memangsa hama tanaman yang lebih kecil seperti hama yang umumnya menyerang pucuk pohon kelapa. Serangga kecil ini termasuk hewan nocturnal yang lebih sering bergerak di malam hari untuk mencari mangsa.

Mengenai morfologi atau ciri fisiknya, cocopet memiliki tubuh yang sangat kecil yakni berukuran 1 – 2 cm saja. Warna tubuhnya pun beragam. Ada yang berwarna hitam pekat, coklat, dan hitam kecoklatan.

Ciri cocopet yang lain adalah ekornya yang panjang dengan bentuk seperti capit di bagian ujungnya. Selain itu, tubuhnya sangat lentur sehingga dapat membelokkan kepalanya sampai menyentuh ekornya. Dalam menangkap mangsanya, cocopet menggunakan ujung capit pada ekornya.

Dimana Saja Tempat Persembunyian Cocopet ?

Sebagai serangga yang sangat kecil, Anda mungkin tidak akan menyadari dimana hewan ini bersembunyi. Umumnya tempat persembunyian cocopet adalah segala tempat yang dapat digunakan untuk berlindung mulai dari bebatuan, sekam tanaman, hingga halaman rumput bersemak.

Meski demikian, terkadang cocopet juga sering dijumpai di tempat persediaan makanan, namun tujuannya tidak untuk memakan makanan tersebut, hanya untuk bersembunyi saja.

Di atas telah kami jelaskan bahwa makanan utama cocopet adalah serangga yang lebih kecil atau hama tanaman. Namun terkadang beberapa jenis cocopet juga menjadi hama tanaman dan memakan daun tanaman ataupun tanaman yang telah mati. Bahkan ada juga cocopet yang memakan bangkai hewan mati dengan cara mengerubunginya.

Apakah Hewan Cocopet Berbahaya ?

Setelah sedikit menjelaskan mengenai cocopet, kita sampai pada jawaban akan pertanyaan apakah cocopet berbahaya? Sebenarnya jawabannya relatif.

Apakah Hewan Cocopet Berbahaya
Apakah Hewan Cocopet Berbahaya

Apabila cocopet atau earwig dianggap suka masuk ke dalam lubang telinga, maka binatang ini tidak berbahaya. Mengapa? Karena itu hanyalah mitos. Cocopet tidak akan masuk ke dalam telinga anak ataupun orang dewasa.

Namun apabila cocopet dianggap sebagai hama tanaman, maka hal tersebut berbahaya. Meskipun telah kami jelaskan bahwa makanan utama cocopet adalah hama tanaman yang lebih kecil, namun ada juga jenis cocopet yang menggerogoti tanaman.

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai pertanyaan apakah hewan cocopet berbahaya atau tidak. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda sobat binatangmu