Apakah Ikan Cupang Harus Dijemur secara Rutin?

Diposting pada

Apakah ikan cupang harus dijemur? Ini merupakan pertanyaan yang memang jarang ditanyakan karena pada dasarnya sangat jarang pemelihara cupang yang menjemur ikannya.

Meski demikian, terkadang ada yang berpikiran bahwa menjemur ikan cupang dapat membantu mempertahankan kesehatan tubuh mereka serta warnanya agar tetap indah.

Manfaat Menjemur Ikan Cupang

Ikan Cupang di jemur
Ikan Cupang di jemur

Menjemur ikan cupang sebenarnya tidak perlu dilakukan setiap hari. Adapun manfaat menjemur ikan cupang adalah membantu membunuh bakteri-bakteri yang terdapat dalam air.

Selain itu, ikan cupang akan merasa lebih fresh ketika mereka mendapatkan sinar matahari. Namun hal yang harus kamu perhatikan adalah jangan memaksakan untuk menjemur ikan cupang apabila ternyata hal tersebut membuatnya panik.

Pasalnya beberapa ikan cupang, terutama yang berwarna hitam pekat, lebih menyukai tempat yang lebih gelap dan nyaman seperti tempat tinggal mereka.

Berbeda dengan ikan cupang yang mempunyai banyak warna. Sesekali mereka memang membutuhkan cahaya matahari untuk menghangatkan tubuh.

Jadi untuk pertanyaan apakah ikan cupang harus dijemur, maka jawaban kami adalah BOLEH SAJA selama ikan tersebut tidak stress dan jangan terlalu sering.

Adapun cara menjemur ikan cupang adalah dengan mengeluarkannya pada terik matahari sedang. Kamu dapat menjemur ikan cupang antara jam 8 – 10 pagi dalam jangka waktu 10 – 15 menit saja.

Terlalu lama menjemur ikan cupang akan membuat ikan tersebut stress bahkan mati karena kepanasan. Selain itu, cukup jemur ikan cupang dua minggu sekali.

Demikian sedikit ulasan mengenai bolehkah kita menjemur ikan cupang. Semoga bermanfaat sobat binatangmu.com