APAKAH IKAN LELE MENYEBABKAN GATAL? INI JAWABANNYA

Apakah ikan lele menyebabkan gatal? Sebuah pertanyaan pasti terlontar terutama bagi Anda yang memiliki alergi terhadap ikan. Hanya saja tak semua orang mengetahui apakah ikan air tawar seperti lele juga dapat memicu munculnya alergi. Hal ini karena bagi sebagian orang, mengonsumsi ikan laut ataupun ikan air tawar juga membuat alergi. 
Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba secara lengkap mengenai alergi ikan lele serta jenis ikan yang menyebabkan gatal dan alergi. 

Jenis Ikan yang Menyebabkan Gatal dan Alergi

Seperti yang kita tahu, ada banyak makanan yang dapat menyebabkan gatal. Salah satunya adalah ikan. Padahal alergi ikan dapat dikatakan cukup mengganggu karena ada banyak sekali manfaat mengonsumsi ikan. Ikan memiliki berbagai kandungan mulai dari vitamin, protein, hingga mineral yang berguna untuk menurunkan tekanan darah dan stroke. Namun justru kandungan protein pada ikan itulah yang memicu gatal dan alergi bagi sebagian orang. 
Mengenai jenis ikan yang menyebabkan gatal dan alergi, umumnya adalah ikan laut, terutama ikan laut yang masuk dalam golongan ikan scombroid. Contohnya adalah ikan tuna, tongkol, dan cakalang. Namun perlu diingat, jenis ikan lain pun dapat memicu gatal dan alergi. Hal ini tergantung dari seberapa parah alergi yang dimiliki oleh seseorang. Mengonsumsi ikan air tawar seperti lele pun dapat memicu gatal dan alergi. 
apakah ikan lele menyebabkan gatal
Pertanyaannya, mengapa sebagian besar alergi hanya muncul ketika mengonsumsi ikan laut? Hal ini karena ikan laut biasanya disimpan serta diawetkan sebelum dipasarkan. Proses pengawetan itulah yang membuat kandungan protein pada ikan tersebut terurai sehingga lebih cepat untuk memicu gatal dan alergi. 
Protein pada ikan mengandung asam amino histidine. Jenis asam amino inilah yang memicul alergi ketika dikonsumsi. Bahkan dalam beberapa kasus, seseorang yang tidak memiliki riwayat alergi ikan dapat merasakan gatal-gatal akibat asam amino histidine. Adapun beberapa gejala yang muncul adalah mulai dari kemerahan pada kulit, bibir, mual, dan muntah. Untuk mengatatasi alergi tersebut, cara yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak minum air putih. Pada kondisi parah, disarankan ke dokter dan meminum obat anti-histamin. 
Dari penjelasan di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa jenis ikan yang menyebabkan alergi dan gatal adalah ikan laut. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa ikan air tawar pun memicu alergi pada seseorang. Hal penting yang harus digarisbawahi adalah kandungan protein serta asam amino yang dimiliki oleh ikan tersebut. 

Alergi Ikan Lele. Apakah Ikan Air Tawar Menyebabkan Gatal? 

Secara umum, sebenarnya ikan lele bukanlah jenis ikan yang menyebabkan gatal. Jarang sekali ditemukan kasus alergi ikan lele, baik oleh anak kecil maupun orang dewasa. Sebaliknya, ikan lele sangat disarankan untuk dikonsumsi karena berbagai kandungan penting di dalamnya. 
Lantas apakah ikan lele menyebabkan gatal? Jawabannya bisa iya dan tidak. Hal ini umumnya ikan lele tak perlu diawetkan saat dijual untuk makanan konsumsi. Ikan lele memang mengandung protein di dalamnya. Hanya saja jumlah protein pada ikan lele cukup kecil. Bagi orang yang benar-benar sensitif terhadap protein ikan, mungkin saja dapat memicu alergi. 
Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai apakah ikan lele menyebabkan gatal atau tidak. Semoga apa yang kami bahas pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.
/* */