APAKAH IKAN MEMILIKI KELOPAK MATA? INI PENJELASANNYA!

Posted on
Sebagian dari kamu pasti penasaran, apakah ikan memiliki kelopak mata? Ya, ini adalah pertanyaan wajar mengingat ikan selalu melek. Apa Anda pernah melihat ikan tidur atau berkedip? Tidak pernah, kan? Nah, untuk itulah, kami akan menjelaskan mengenai kelopak mata pada ikan.

Ikan Memiliki Kelopak Mata. Benarkah?

Seperti yang kita tahu, ikan memang tak pernah berkedip apalagi menutup matanya. Bahkan ketika ikan mati, matanya pun tak tertutup. Kenapa ikan mati tak tutup mata? Apakah ikan memiliki kelopak mata atau tidak?
Jawabannya adalah TIDAK.
APAKAH IKAN MEMILIKI KELOPAK MATA? INI PENJELASANNYA!
Meski demikian, Anda harus tahu bahwa ada ikan yang memiliki kelopak mata, yakni hiu. Hiu merupakan satu-satunya jenis ikan yang memiliki kelopak mata. Kendati demikian, ikan hiu juga tidak berkedip layaknya ikan lain pada umumnya.
Kondisi ini karena pada fungsi utama kelopak mata adalah menjaga kelembaban mata. Sedangkan semua jenis ikan, tak membutuhkan kelopak mata karena hidup hewan tersebut hidup di dalam air.

Apabila Tak Memiliki Kelopak Mata, Bagaimana Ikan Tidur?

Pertanyaan selanjutnya, apabila ikan tak memiliki kelopak mata, kapan mereka tidur? Pada dasarnya semua jenis ikan akan memperlambat metabolisme tubuhnya untuk menghemat tenaga dengan cara tidur.
Namun perlu diperhatikan, cara tidur ikan tentu tak sama dengan makhluk hidup lainnya. Hal ini karena ikan tidak memiliki kelopak mata.
Mengutip dari situs Jurnal Neuroscience & Biobehavioral Reviews tahun 2008, salah satu dugaan ikan mengalami fase tidur adalah ketika ikan tersebut tidak bergerak aktif. Sesekali ikan juga akan mengambang di air serta menggerakkan siripnya agar tetap stabil.
Penelitian tersebut menyebutkan bahwa ikan dapat mengurangi aktivitas serta metabolisme tubuh mereka, namun tetap waspada akan bahaya. Periode ini disebut dengan ‘mati suri’.
Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai apakah ikan memiliki kelopak mata atau tidak. Selain itu, dijelaskan pula mengenai bagaimana ikan tidur. Semoga apa yang kami ulas pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda.