Ikan Pari Bisa Haid ?

Posted on
Apakah ikan pari bisa haid atau menstruasi? Ini menjadi salah satu pertanyaan unik yang juga mungkin ada di benak pikiran Anda.
Mengapa? Karena tak sedikit artikel yang mengulas mengenai beberapa hewan yang dapat menstruasi dan ikan pari adalah salah satunya.
Meski demikian, Anda harus tahu apakah benar ikan pari dapat haid? Untuk menjawabnya, Anda dapat menyimak ulasan berikut ini.

Apakah Ikan Pari Bisa Haid?

Sebelum mengulas mengenai ikan pari bisa haid atau tidak, ada baiknya apabila Anda mengetahui apakah ikan pari itu mamalia atau bukan. Mengapa? Hal ini karena proses menstruasi atau haid pada hewan sebagian besar dialami oleh mamalia seperti kera.
APAKAH IKAN PARI BISA HAID? INILAH FAKTANYA!
Mengutip dari situs Health Detik, menstruasi merupakan siklus bulanan pada kaum perempuan sebelum mengalami menopause. Selain manusia, mamalia betina juga mengalami haid atau menstruasi.
Di antaranya adalah Gorilla, Orangutan, Simpanse, Lemur, Kuda, Kerbau, Jerapah, Zebra, Badak, Kucing, Anjing, Tikus Pohon, Landak, Gajah, hingga Serigala. Namun perlu diperhatikan, selain golongan kera, beberapa hewan tersebut mengalami proses menstruasi yang berbeda dari manusia.
Kembali pada pembasan utama mengenai ikan pari bisa haid atau tidak, ikan pari masuk dalam kategori hewan ovovivipar. Dengan kata lain, ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan.
Pada dasarnya ikan pari berkembang biak dengan cara bertelur, namun terkadang ada juga jenis ikan pari yang baru ‘melahirkan’ anak-anak mereka setelah telur tersebut menetas di dalam tubuh.
Jadi untuk pertanyaan apakah ikan pari bisa haid, jawabannya adalah TIDAK. 
 
Adapun alasannya adalah ikan pari bukanlah mamalia. Selain itu, mengutip dari situs Brainly, ikan pari juga tidak memiliki dinding endometrium. Oleh karena itulah pari tidak dapat haid atau menstruasi.

Fakta-Fakta Ikan Pari

Nah, setelah mengetahui jawaban mengenai apakah ikan pari bisa haid, kini saatnya menambah sedikit pengetahuan tentang fakta ikan pari. Mengutip dari situs Bobo, terdapat beberapa fakta mengenai ikan pari. Di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Ikan pari memiliki sifat yang cenderung lebih tenang tak suka menyerang. Biasanya ikan pari memangsa ikan yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil saja. Dalam mencari makanan, ikan pari lebih suka untuk menunggu datangnya mangsa dibandingkan harus berburu.
  • Fakta ikan pari yang selanjutnya adalah mereka senang hidup serta menyimpan telur-telurnya di perairan pantai dangkal dan dekat dengan terumbu karang.
  • Insang pada ikan pari terletak di sisi tubuhnya dengan bentuk yang mirip dengan fentilasi udara.
  • Tulang pada tubuh ikan pari sangat lunak. Bahkan beberapa jenis ikan pari tidak memiliki tulang di tubuhnya. Hal inilah yang membuat tubuhnya terlihat bergelombang dan elastis.
  • Ikan pari mempunyai ekor yang panjang dengan duri tajam. Tak hanya itu saja, duri pada ikan pari tersebut mengandung racun yang mematikan. Duri pada ekor inilah yang dijadikan sebagai media perlindungan diri dari serangan pemangsa.
Itu dia sedikit penjelasan mengenai Apakah Ikan Pari Bisa Haid Serta Fakta Seputar Ikan Pari. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda semua sobat Binatangmu.Com