Apakah Ikan Pari Boleh Dimakan ?

Diposting pada

Apakah ikan pari boleh dimakan? Bukankah ikan pari beracun? Apabila boleh memakan ikan pari, bagian mana saja yang dapat dikonsumsi? Itu adalah sedikit dari beberapa pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda.

Hal ini karena banyak berita yang beredar bahwa ikan pari cukup berbahaya, terlebih ketika kita tersengat oleh jarum di ekornya. Namun terlepas dari hal tersebut, bolehkah kita memakan ikan pari? Untuk mendapatkan jawabannya, simak ulasan berikut ini.

Seberapa Berbahayakah Ikan Pari ?

Berbahayakah Ikan Pari
Berbahayakah Ikan Pari

Untuk informasi, ikan pari dapat dikategorikan menurut tempat hidupnya. Ada ikan pari yang hidup di laut dan ada pula ikan pari air tawar. Ikan ini sebenarnya merupakan ikan yang jinak. Mereka akan agresif dan menganggap manusia sebagai musuh apabila ia merasa terusik.

Melihat dari anatomi, tubuh ikan pari terdiri dari beberapa bagian. Di antaranya adalah kepala, mulut, sirip, insang, dan ekor. Hanya saja tiap jenis ikan pari terkadang memiliki bentuk yang berbeda antara satu dan lainnya.

Dengan bentuk tubuh yang pipih, sebenarnya sangat sedikit pemangsa alami yang menjadikan ikan pari sebagai mangsanya. Namun apabila ia diserang oleh pemangsa, maka ikan pari secara sigap akan menggunakan ekor mereka untuk menyuntikkan racun pada musuhnya tersebut.

Dengan kata lain, bagian yang paling berbahaya dari ikan pari adalah ekornya. Namun seberapa berbahayakah sengatan ekor ikan pari untuk manusia? Mengutip dari situs Bobo, sengatan ikan pari memang cukup menyakitkan namun tergantung di bagian tubuh mana kita tersengat.

Apabila tersengat di area kaki, maka bagian kulit akan robek dan racun akan mulai menyebar ke seluruh tubuh. Meskipun racun dari sengatan ikan pari tidak terlalu mematikan, seperti halnya ikan buntal, namun perlu diketahui bahwa tercatat pada tahun 2016 terdapat kasus kematian akibat sengatan ikan pari.

Terlebih apabila sengatan tersebut mengenai bagian vital manusia seperti dada, kepala, dan area tubuh lainnya. Oleh karena itu, alangkah lebih baik apabila kita tetap waspada terhadap sengatan ikan pari.

Bagian Tubuh Ikan Pari yang Dapat Dimakan

Setelah membaca ulasan di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa bagian ikan pari dapat dikonsumsi kecuali ekornya. Hanya saja sangat jarang sumber yang menyebutkan bagian spesifik ikan pari yang harus dibuang dan bagaimana mengolah daging ikan pari.

Pasalnya sajian ikan pari biasanya hanya disajikan di restoran-restoran kelas atas saja. Layaknya ikan buntal, ikan pari bukanlah jenis makanan umum yang dapat dikonsumsi di mana saja dan oleh siapa saja.

Di Indonesia sendiri, biasanya nelayan akan menangkap ikan pari untuk diekspor ke restoran-restoran. Jika memang mereka akan memasak ikan pari, maka bagian yang harus dibuang adalah ekornya. Lantas bagaimana rasa ikan pari? Banyak yang berpendapat bahwa daging ikan pari menyerupai kerang. Bahkan lebih gurih.

Demikian sedikit ulasan mengenai apakah ikan pari boleh dimakan atau tidak. Semoga apa yang kami bahas pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda. sobat binatangmu.com