Apakah Induk Cupang Jantan Memakan Anaknya?

Diposting pada
Binatangmu – Apakah induk cupang jantan memakan anaknya? Ini merupakan pertanyaan umum yang kerap ditanyakan, terlebih bagi kamu yang ingin budidaya ikan cupang. Ini pertanyaan wajar mengingat beberapa jenis ikan memang terkadang memakan telur atau anaknya sendiri.
Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mengulas dan menjawab tentang pertanyaan apakah induk cupang jantan memakan anaknya, penyebab indukan jantan memakan burayak, serta bagaimana solusinya.
Apakah Induk Cupang Jantan Memakan Anaknya

Apakah Induk Cupang Jantan Memakan Anaknya?

Jawabannya adalah IYA pada kondisi tertentu. Maksudnya bagaimana? Jadi sebenarnya tidak semua ikan cupang jantan memakan burayak atau anak-anaknya sendiri. Terdapat penyebab yang membuat cupang jantan tersebut memakan telur-telur yang sedang dierami. Selama kamu dapat memberikan tempat nyaman untuk ikan cupang berkembang biak, seharusnya mereka tidak akan memakan anaknya.

Penyebab Indukan Jantan Memakan Burayak dan Solusinya

Terdapat beberapa penyebab indukan cupang jantan memakan burayak atau anak-anaknya yang masih kecil. Adapun penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Usia Ikan Cupang Jantan Belum Dewasa

Penyebab indukan cupang jantan memakan burayak adalah karena usianya yang belum matang. Ini merupakan penyebab paling umum mengapa induk cupang jantan memakan anaknya.
Mengutip dari situs penjualcupang.com, ikan cupang jantan yang belum dewasa masih memiliki insting yang kurang kuat terhadap apa yang harus dimakan dan tidak. Secara naluri, ikan cupang jantan akan membantu mengerami telur-telurnya. Namun karena kondisinya yang belum begitu dewasa, maka mereka secara sengaja/tidak dapat memakan burayaknya sendiri.

2. Kondisi Tempat Pemijahan Kurang Nyaman

Penyebab indukan cupang jantan memakan anaknya yang kedua adalah kondisi tempat pemijahan/perkembangbiakan yang kurang nyaman. Tempat yang paling nyaman dalam pemijahan ikan cupang adalah tempat yang sunyi, tidak terlalu terang, dan nyaman. Ketika ikan cupang berada di kondisi yang membuat mereka stress, maka kemungkinan ikan cupang memakan anaknya sendiri akan semakin besar.
Oleh karena itu, apabila kamu mencoba untuk budidaya ikan cupang, sebaiknya cari tempat yang membuat mereka nyaman. Hindari tempat yang terlalu gelap atau terlalu terang. Jangan pula budidaya ikan cupang di tempat-tempat yang bising.

3. Kurangnya Asupan Makanan

Penyebab berikutnya adalah kurangnya asupan makanan ikan cupang. Sebenarnya tak perlu lagi dijelaskan, ketika ikan kelaparan, maka secara naluri mereka akan memakan hewan ataupun ikan kecil lain. Kondisi ini pun dialami oleh ikan cupang. Dengan kata lain, selalu cukupi kebutuhan asupan makanan untuk ikan cupang.

4. Tempat Ikan Cupang yang Terlalu Kecil

Penyebab yang terakhir adalah tempat ikan cupang yang terlalu kecil. Ketika kamu berupaya untuk budidaya ikan cupang, tentu kamu harus mempersiapkan tempat yang proper. Maksudnya adalah jangan budidaya ikan cupang di botol-botol kecil.
Mengembangbiakkan ikan cupang di tempat-tempat sempit berpotensi lebih besar membuat ikan cupang jantan memakan anaknya. Hal ini karena ikan cupang akan kekurangan ruang gerak sehingga mereka akan memakan burayak di sekitarnya. Solusinya, rawat ikan cupang di aquarium kecil ataupun tempat lain yang lebih luas.
Demikian penjelasan mengenai apakah induk cupang jantan memakan anaknya serta solusinya. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk kamu, ya!