Apakah Kucing Boleh Makan Nasi Campur Ikan?

Diposting pada

Binatangmu – Apakah kucing boleh makan nasi campur ikan? Ini adalah pertanyaan wajar mengingat pada umumnya pemelihara kucing akan memberikan makanan berupa nasi campur ikan. Biasanya jenis makanan ini diberikan oleh kucing kampung atau kucing domestik. Alasannya karena ada banyak pendapat yang mengatakan bahwa kucing persia tidak boleh diberikan makanan berupa ikan karena dapat membuat bulunya rontok.

Apakah Kucing Boleh Makan Nasi Campur Ikan?

Apakah Kucing Boleh Makan Nasi Campur Ikan?

Jawabannya sebenarnya BOLEH namun jangan terlalu sering. Mengapa? Karena kucing merupakan jenis hewan karnivora agregat atau pemakan daging murni. Sedangkan nasi bukan termasuk daging-dagingnya. Berbeda dengan anjing yang mampu memakan makanan lain selain daging, organ pencernaan kucing didesain untuk mengurai zat dalam daging seperti lemak dan serat.

Lalu apakah berbahaya apabila memberikan nasi untuk makanan kucing?

Mengenai berbahaya atau tidak, sebenarnya hal tersebut lebih mengacu pada kondisi fisik masing-masing kucing. Jika kamu bertanya pada dokter hewan, sebenarnya kita tidak boleh memberikan nasi terlalu banyak untuk kucing. Apalagi jika kamu menjadikan nasi campur ikan sebagai makanan utama kucing peliharaanmu.

Nasi merupakan jenis makanan yang kaya akan karbohidrat dan glukosa. Nah, organ pencernaan kucing tidak akan mampu mencerna glukosa tersebut dengan sempurna sehingga dapat menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, efek samping pemberian nasi pada kucing adalah kucing menjadi kekurangan gizi, lemak, dan protein. Untuk itulah, sebaiknya jangan terlalu sering memberikan nasi campur ikan pada kucing.

Efek Terlalu Sering Memberikan Nasi Campur Ikan pada Kucing

Untuk efeknya, pemberian nasi campur ikan pada kucing umumnya akan membuat kucing muntah-muntah dan diare dalam jangka waktu tertentu. Namun bagi kucing yang sudah sejak kecil terbiasa mengonsumsi nasi campur ikan, tubuh mereka lebih mampu untuk beradaptasi. Tapi bukan berarti kamu boleh terus-terusan memberikan jenis makanan ini untuk kucingmu, ya!

Jika kamu perhatikan, ketika memberikan makanan nasi campur ikan, pasti ada saat dimana kucing hanya akan memakan dan mencari ikannya saja. Ini sebenarnya karena secara alami perut kucing akan merasa tidak enak ketika mengonsumsi nasi lebih banyak.

Nah, itu dia pembahasan untuk menjawab pertanyaan apakah kucing boleh makan nasi campur ikan. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat buat kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/39