Apakah Kucing Hamil Bulunya Rontok? Bagaimana Cara Merawatnya?

Posted on

Binatangmu – Apakah kucing hamil bulunya rontok? Jawabannya adalah IYA. Ini karena umumnya kucing hamil mengalami fase perubahan hormon dalam tubuh yang memicu kerontokan bulunya. Namun perlu diketahui, tidak semua kucing hamil mengalami kerontokan bulu yang parah. Terdapat beberapa jenis kucing yang memang mengalami kerontokan bulu, namun hanya sedikit.

Apakah Kucing Hamil Bulunya Rontok? Bagaimana Cara Merawatnya?

Bagaimana Merawat Kucing Hamil yang Bulunya Rontok?

Kamu sudah mengetahui jawaban apakah kucing hamil bulunya rontok atau tidak. Kami juga akan menjelaskan tentang bagaimana cara merawat kucing hamil yang mengalami kerontokan bulu. Hal ini agar nantinya kamu juga tidak terganggu dengan banyaknya bulu yang bertebaran di tempat tinggal kucing. Adapun beberapa tips merawat kucing hamil yang bulunya rontok adalah:

1. Berikan Makanan Kucing kaya Protein

Makanan yang kaya protein dapat mengurangi kerontokan pada bulu kucing yang sedang hamil. Selain itu, makanan protein tinggi juga baik untuk janin yang ada dalam kandungan. Ada banyak sekali merk makanan kaya protein untuk kucing hamil yang dapat kamu peroleh di petshop. Jika bingung memilihnya, kamu dapat berkonsultasi pada dokter hewan mengenai makanan tepat untuk kucing hamil yang bulunya rontok.

2. Sering Sisir Bulu Kucing

Tips selanjutnya adalah dengan lebih sering menyisir bulu kucing. Menyisir kucing hamil yang bulunya rontok memiliki dua tujuan. Pertama adalah agar bulu kucing tidak bertebaran di sekitar tempatnya bermain. Kedua, risiko kucing mengalami hair ball dapat diminalisir.

Sekedar informasi, hair ball merupakan kondisi dimana kucing memuntahkan bulu yang tertelan ketika mereka membersihkan tubuhnya. Umumnya hair ball dialami oleh kucing berbulu panjang seperti kucing persia. Kondisi ini tentu kurang baik untuk kucing yang sedang hamil. Jadi dengan sering menyisir bulu kucing, maka bulu-bulu yang rontok tidak akan terjilat dan tertelan ketika kucing membersihkan tubuhnya.

3. Berikan Kenyamanan untuk Kucing Hamil

Kamu juga harus memberikan kenyamanan dan kasih sayang lebih untuk kucing hamil yang sedang mengalami kerontokan bulu. Tujuannya agar kucing tidak mengalami stress yang nantinya memicu semakin parahnya bulu yang rontok.

Mungkin demikian ulasan mengenai apakah kucing bulunya rontok serta bagaimana cara merawatnya. Semoga pembahasan kali ini bermanfaat, ya!

https://t.me/s/binatangmucom/38