Apakah Kucing Jantan Punya Susu?

Diposting pada

Apakah kucing jantan punya susu? Pertanyaan yang mungkin sangat mudah dijawab, bahkan tanpa harus membaca artikel ini.

Namun bagi sebagian orang, termasuk kamu, mungkin akan penasaran dengan jawaban pertanyaan tersebut. Pasalnya terkadang anak kucing tiba-tiba menyusu ke kucing jantan. Pernah melihatnya, kan? Karena pengalaman saya pribadi, anak-anak kucing yang masih kecil terkadang mengunyah puting kucing jantan. Lucu deh!

Apakah Kucing Jantan Punya Susu?

Apakah Kucing Jantan Punya Susu?

Sebelum menjawab pertanyaan ini, mari kita samakan persepsi terhadap kata ‘susu’. Susu yang kami maksud di sini adalah ‘air susu’, bukan puting, ya! Jadi tolong dibedakan. Jadi kalau pertanyaannya apakah kucing jantan punya puting? Jawabannya tentu saja, karena kucing termasuk sebagai mamalia.

Sedangkan untuk jawaban apakah kucing jantan punya susu, jawabannya tentu saja TIDAK. Sebenarnya pertanyaan ini sama saja dengan puting pada lelaki. Apa fungsinya jika tak dapat mengeluarkan air susu?

Hal ini kembali pada teori bahwa sebagian besar mamalia memang terlahir dengan puting, baik jantan ataupun betina. Hanya saja, cuma hewan betina saja yang dapat menyusui. Oh ya, sekedar informasi, mamalia jantan yang tidak memiliki puting hanya kuda dan tikus saja. Selain itu, semuanya mamalia jantan mempunyai puting.

Lalu mengapa terkadang anak kucing menyusu pada kucing jantan?

Ini karena anak kucing, terutama yang masih sangat kecil, hanya mengandalkan indra penciuman mereka untuk mengindentifikasi induknya.

Ketika kucing dirawat pada satu tempat, bau induk kucing jantan dan betina akan tercampur sehingga membuat anak kucing mengira induk jantan adalah ibunya.

Namun pada beberapa kasus, termasuk yang saya alami, ada juga kucing remaja yang tiba-tiba menyusu ke kucing jantan yang lebih besar.

Hingga sekarang, saya belum mengerti alasannya namun yang jelas, hanya kucing betina yang punya susu. Kucing jantan hanya memiliki puting, namun tidak mengeluarkan susu.

Semoga pembahasan ringan ini dapat bermanfaat buat kamu, ya!