Pertolongan Pertama untuk Kucing Keracunan

Posted on

Jika kamu bertanya, apakah kucing keracunan bisa sembuh sendiri? Jawabannya tentu saja TIDAK. Hal ini juga tergantung dari parah atau tidaknya racun yang sengaja/tidak terkontaminasi pada tubuh si kucing.

Seperti halnya manusia, ketika kucing keracunan pasti membutuhkan penanganan ataupun obat yang mampu menetralisir kondisi racun dalam tubuh.

===>>> Memandikan Kucing Dengan Sunligh ? apa tidak Berbahaya

Ciri-Ciri Kucing Keracunan
Ciri-Ciri Kucing Keracunan

Pertanyaan yang sama juga kerap muncul, apakah kucing keracunan bisa mati? Jawabannya tergantung baik atau tidaknya penanganan yang diberikan pada si mpus. Sebagai pemilik kucing, tentu kamu harus benar-benar sigap ketika kucing kamu keracunan.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai beberapa ciri kucing keracunan hingga langkah tepat apa saja yang dapat dilakukan untuk menangani kucing yang terkena racun. Cara Merawat Kucing Anggora agar Bulunya Tidak Rontok

Ciri – Ciri Kucing Keracunan

Mengutip dari situs Cats Protection, ukuran tubuh kucing yang mungil sebenarnya memberikan dampak yang cukup signifikan ketika kucing terkena racun. Dalam porsi yang sedikit, racun dapat berakibat fatal pada kesehatan tubuhnya.

Terlebih mekanisme bilogis pada tubuh kucing yang membuat racun dalam tubuhnya sulit untuk dikeluarkan. Jadi apakah kucing yang keracunan bisa mati? Tentu saja BISA.

Mengenai ciri -ciri kucing keracunan, diantaranya adalah: Tips dan Cara Merawat Kucing Persia Umur 2 Bulan Tanpa Induk

  • Muntah-muntah tanpa sebab. Biasana kucing memang akan memuntahkan bulu yang ditelannya, namun pada kasus keracunan, muntahannya berupa cairan tubuh.
  • Diare
  • Tubuh menggelepar
  • Kucing kesulitan dalam bernapas.
  • Pembengkakan pada tubuh kucing.
  • Perubahan warna urine
  • Hilang nafsu makan yang kemudian menyebabkan kucing lemas dan akhirnya mati.

Selain masalah tersebut, ternyata ada beberapa jenis makanan yang tidak baik dikonsumsi oleh kucing. Cats Protection mengungkapkan bahwa bahwa coklat dapat memicu kondisi berbahaya untuk kesehatan kucing.

Hal ini karena dalam coklat terdapat kandungan theobromine yang mampu membuat kucing jatuh sakit. Selain itu, anggur juga tidak baik diberikan pada kucing. Kucing yang mengonsumsi anggur biasanya akan muntah-muntah dan diare.

Ciri Kucing Keracunan Racun Tikus

Terkadang, tanpa kita sadari kucing juga mengonsumsi makanan yang telah dicampur dengan racun tikus. Biasanya ini terjadi ketika kita atau orang lain ingin meracuni tikus dengan makanan, namun ternyata makanan tersebut dikonsumsi oleh kucing kita. Akibatnya, kucing akan merasa kesakitan dan mati apabila tidak segera diobati.

Mengenai obat kucing keracunan racun tikus, sebenarnya hal paling penting yang harus kamu lakukan adalah membawanya ke dokter hewan. Mengapa? Karena pada dasarnya kucing tidak akan dapat menyembuhkan diri sendiri.

Selain itu, kamu pun tidak akan mampu menyembuhkan kucing keracunan tanpa bantuan medis. Mengulur-ulur waktu hanya akan membuat kucing semakin merasakan kesakitan dan berujung dengan kematian.

Namun apabila ternyata pada saat itu masih belum memungkinkan membawa kucing keracunan ke dokter, berbagai alasan, maka kamu dapat melakukan pertolongan pertama untuk kucing keracunan.

Pertolongan Pertama untuk Kucing Keracunan

  • Bawa ke Tempat yang Memiliki Udara Segar

Bawa ke tempat yang memiliki udara segar. Ketika kamu mencurigai kucing terkena racun, maka segera bawa mereka ke luar ruangan. Hal ini bertujuan agar kucing dapat lebih tenang dan memperoleh pasokan udara yang cukup karena umumnya racun akan membuat kucing kesulitan untuk bernapas.

  • Jangan Pernah Berikan Obat Rumahan Untuk Manusia

Jangan pernah berikan obat rumahan untuk manusia. Biasanya karena panik, pemilik kucing akan memberikan obat apapun agar kondisinya membaik. Padahal sebenarnya obat rumahan, terlebih obat yang ditujukan untuk manusia memiliki dosis dan kandungan yang berbeda untuk hewan, dalam hal ini kucing.

Pada kasus ini, orang tua saya pernah memberikan obat antibiotik untuk kucing saya yang memakan racun tikus tanpa sepengetahuan saya. Akibatnya, kucing saya mengeluarkan busa dari mulutnya kemudian meninggal. 🙁

  • Berikan Arang Aktif (Activated Charcoal)

Berikan arang aktif (Activated Charcoal). Ini adalah salah satu pertolongan pertama untuk kucing keracunan. Arang aktif untuk kucing keracunan membantu menetralisir kondisi racun dalam tubuh kucing. Bahan yang satu ini dapat diperoleh di apotik, dokter hewan, hingga e-commerce.

  • Berikan Air

Berikan air. Langkah berikutnya adalah dengan memberikan air pada kucing. Tujuannya untuk membantu ginjal agar bekerja lebih baik dalam menangkal racun yang terdapat pada tubuh kucin.

  • Tetap Bawa ke Dokter

Tetap Bawa ke Dokter. Langkah di atas hanya merupakan langkah untuk memperlambat proses penyebaran racun dalam tubuh kucing. Kamu harus tetap membawa si mpus ke dokter hewan sehingga mendapatkan penanganan yang tepat.

Berapa Lama Reaksi Racun Tikus pada Kucing ?

Pertanyaan yang juga sering diajukan adalah berapa lama reaksi racun tikus pada kucing? Hal ini tergantung dari banyak atau tidaknya racun tikus yang masuk dalam tubuh kucing.

Selain itu juga kuat atau tidaknya racun tikus tersebut.  Simak Kucing yang Kabur dari Rumah Bisa Kembali ? Namun dalam beberapa kasus, kucing yang telah mengonsumsi racun tikus tanpa diberikan penanganan yang tepat hanya dapat bertahan kurang dari 1 hari saja.

Bahkan pengalaman pribadi saya, kucing saya hanya bertahan sekitar 8 jam setelah mengonsumsi racun tikus, dimana saya tidak tahu seberapa banyak dan kapan ia memakan racun tersebut.

Bahan Alami untuk Kucing Keracunan : Mitos Atau Fakta

Dalam mengobati kucing keracunan, sebagian besar orang percaya bahwa bahan alami berikut dapat digunakan untuk menyembuhkan kucing. Diantaranya adalah:

Bahan Alami untuk Kucing Keracunan
Bahan Alami untuk Kucing Keracunan
  1. Air Kelapa Hijau

Tentu tak sedikit cat lovers yang pernah mengobati kucing keracunan dengan air kelapa hijau. Ya, seperti yang kita tahu bersama, air kelapa hijau memang umumnya digunakan untuk mengobati keracunan, baik pada manusia maupun binatang.

Ketika kucing keracunan, maka berikan air kelapa hijau ke dalam mulutnya. Untuk memudahkan kucing dalam meneguk air kelapa, gunakan suntik yang diarahkan ke mulut kucing.

Berikan secara bertahap. Biasanya dalam satu suntik penuh, tubuh kucing akan memberikan reaksi berupa muntah ataupun buang air.

Jika reaksi tersebut muncul, maka hentikan beberapa saat. Cara Mengawinkan Kucing Anggora Betina yang Galak Berikan suntikan air kelapa hijau lagi apabila kucing tidak memberikan tanda-tanda tubuh yang membaik.

  1. Kuning Telur untuk Kucing Keracunan

Pertanyaannya, apakah benar kucing telur dapat digunakan untuk menetralisir kucing yang keracunan? Jawabannya adalah TIDAK BENAR.

Kesimpulan ini kami dapatkan dari penjelasan dokter hewan sekaligus ketua BKSDA (Balai Konversi Sumber Daya Alam) Aceh, drh. Rosa Rika Wahyuni.

Beliau menyampaikan bahwa sebenarnya telur mentah, coklat, dan paracetamol merupakan jenis makanan yang sangat tidak dianjurkan untuk hewan seperti kucing. Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan ? Selain itu, kuning telur mentah juga berpotensi mengandung bakteri Salmonella sp.

  1. Susu Beruang

Bahan yang berikutnya adalah susu beruang untuk kucing keracunan. Sebenarnya susu bukanlah obat alami untuk mengatasi racun yang dialami oleh kucing. Kucing Birahi Boleh Dimandikan atau Tidak ? Hanya saja, manfaat dari susu itulah yang dapat membantu menetralisir kadar racun dalam tubuh kucing.

Manfaat susu yang pertama adalah untuk dilusi atau pengenceran. Jadi ketika seseorang atau kucing keracunan kemudian memberikan susu beruang atau cairan lain dalam jumlah besar, maka kadar racun secara otomatis akan menjadi lebih kecil.

Selain itu, susu juga dapat melapisi saluran pencernaan. Kandungan laktosa pada susu bila dikonsumsi dengan kadar yang cukup banyak juga akan cepat dikeluarkan oleh tubuh. Inilah sebenarnya mengapa banyak orang menggunakan susu sebagai salah satu metode dalam menetralisir racun kucing.

Nah, demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait apakah kucing keracunan bisa sembuh sendiri,Ciri Kucing Keracunan, Hingga Mitos dan Fakta Obat Alami Kucing Keracunan. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagi kamu sobat binatangmu.com