Apakah Kucing Persia Boleh Makan Nasi?

Diposting pada

Binatangmu – Apakah kucing persia boleh makan nasi? Sebenarnya pertanyaan ini pernah kami bahas terkait bolehkah kucing diberi makan nasi. Namun pada penjelasan tersebut, ras kucing yang spesifik kami bahas adalah kucing lokal atau kucing kampung. Pertanyaannya, bagaimana dengan kucing persia? Apakah kucing persia boleh makan nasi atau tidak? Kami akan menjelaskannya pada kesempatan kali ini.

Apakah kucing persia boleh makan nasi
kucing persia boleh makan nasi

Apakah Kucing Persia Boleh Makan Nasi?

Jawabannya adalah boleh asalkan tidak terlalu banyak atau terlalu sering. Buat kamu yang belum tahu, kucing merupakan karnivora absolut. Maksudnya adalah makanan utama mereka adalah daging, tidak ada yang lain.

Berbeda dengan hewan karnivora lain seperti anjing, yang masih mampu mencerna makanan selain daging, alat pencernaan kucing didesain hanya untuk mencerna daging saja. Dengan kata lain, selama kita tidak terlalu sering memberikan makanan selain daging pada kucing, hal tersebut tidak masalah.

Sebagaimana yang kami ketahui, porsi atau perbandingan maksimal antara daging dan non-daging untuk kucing adalah 1:5. Contohnya misal kita memberikan 1 gram nasi, maka harus diimbangi dengan 4 gram daging-dagingan.

Lalu bagaimana dengan makanan kemasan? Bukankah makanan kemasan tidak termasuk daging?

Ya, pada dasarnya yang dibutuhkan oleh kucing adalah protein, kalori, serta vitamin yang terdapat pada daging. Pada makanan kucing kemasan, semua kandungan tersebut ada di dalamnya. Jadi bukan masalah apabila kamu memberikan makanan kemasan untuk kucing baik itu dry food ataupun wet food.

Selain nasi, apa saja makanan yang sebaiknya tidak diberikan ke kucing persia?

Mengutip dari situs targetkita, terdapat beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh kucing persia. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Telur Mentah

Ini karena telur mentah memiliki kandungan enzim avidin yang mengakibatkan berkurangnya vitamin B pada tubuh kucing. Kondisi tersebut dapat memicu kerusakan pada jaringan otak kucing serta kejang-kejang apabila diberikan pada kucing dalam dosis tinggi.

Tulang

Makanan selanjutnya yang sebaiknya tidak diberikan ke kucing persia adalah tulang. Sebenarnya bukan tulang saja, namun segala makanan yang memiliki tekstur keras dan sulit dicerna oleh kucing. Tulang dapat mengakibatkan kucing tersedak sehingga kesulitan untuk bernapas. Selain itu, pada tulang hanya terdapat kandungan kalsium yang tidak begitu diperlukan oleh kucing.

Ikan Mentah

Seperti halnya telur mentah, sebaiknya kamu juga tidak memberikan ikan mentah pada kucing kesayanganmu. Alasannya karena ikan mentah dapat menghilangkan vitamin B tiamin pada tubuh kucing.

Cokelat

Seperti halnya anjing yang tidak boleh makan coklat, kucing pun demikian. Alasannya karena pada sebatang cokelat, terdapat kandungan kafein serta zat theobromin yang cukup tinggi. Pemberian coklat pada kucing dapat mengakibatkan suhu tubuh kucing meningkat drastis serta menimbulkan kejang-kejang.

Itulah beberapa jenis makanan yang sebaiknya tidak kamu berikan pada kucing persia.

Apa Akibat Memberikan Nasi pada Kucing Persia?

Selama kami merawat kucing persia, kami memang tidak pernah memberikan makanan berupa nasi. Namun menurut beberapa kenalan yang merupakan dokter hewan, pemberian nasi yang terlalu sering pada kucing persia dapat mengakibatkan gangguan pencernaan.

Alasannya, alat pencernaan kucing tidak dapat mengurai karbohidrat secara sempurna. Pemberian nasi yang terlalu sering akan memicu permasalahan pencernaan seperti diare. Dalam jangka panjang, lambung kucing akan rusak sehingga menurut kami usahakan tidak memberikan kucing persia nasi sebagai makanan utama mereka.

Oh ya, sebenarnya penjelasan ini tidak hanya spesifik untuk kucing persia saja. Kucing lokal atau kucing kampung pun demikian. Mereka termasuk karnivora absolut sehingga lebih baik tidak terlalu sering diberi makan nasi. Apabila memang terpaksa harus memberi mereka makan nasi, sebaiknya tetap gunakan perbandingan 1:5 seperti yang kami jelaskan di atas.

Demikian penjelasan mengenai apakah kucing persia boleh nasi atau tidak. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi kamu.

Demikian pembahasan dari kami tentang Apakah  Boleh Kucing Persia Makan Nasi, semoga bermanfaat jangan lupa di share sobat Binatangmu.com

https://t.me/s/binatangmucom/10