Apakah Kucing Setelah Melahirkan Boleh Dimandikan?

Posted on

Apakah Kucing Setelah Melahirkan Boleh Dimandikan? Ini adalah pertanyaan umum bagi pecinta kucing yang baru pertama kali memiliki kucing yang melahirkan. Pertanyaan tersebut memang terdengar cukup simple namun membutuhkan langkah yang tepat agar kondisi kesehatan induk dan anak kucing tetap terjaga.

Hal ini karena biasanya ketika sedang hamil, kucing memang sebaiknya tidak dimandikan sehingga tubuhnya cukup tidak terawat. Jadi tak sedikit orang yang langsung memandikan kucing mereka setelah melahirkan. Apakah hal tersebut boleh? Simak ulasan berikut.

Apakah Kucing Setelah Melahirkan Boleh Dimandikan?

Apakah Kucing Setelah Melahirkan Boleh Dimandikan?

Jawabannya adalah BOLEH namun kamu harus menunggu waktu tepat untuk memandikannya. Maksudnya adalah kamu tidak boleh langsung memandikan kucing setelah ia melahirkann. Alasannya sederhana:

Pertama, anak kucing masih membutuhkan kehangatan tubuh induknya. Ketika kucing dimandikan, maka secara otomatis suhu tubuh kucing akan turun cukup drastis sehingga tidak akan memberikan kenyamanan baik pada induk serta anak-anaknya.

Baca Juga: Cara Mengobati Kucing Demam Dan Lemas Dengan Mudah

Kedua, anak kucing sangat bergantung pada susu induknya. Ketika kucing dimandikan, maka turunnya suhu tubuh akan berpengaruh pada banyak atau tidaknya air susu yang keluar. Suhu tubuh kucing yang dingin lebih menyulitkan air susu keluar sehingga tidak baik untuk anak kucing yang masih membutuhkan susu induknya.

Ketiga, terdapat kandungan zat kimia pada shampoo kucing. Saat induknya dimandikan, secara otomatis zat kimia tersebut masih akan menempel di tubuhnya. Meskipun shampoo yang kamu gunakan diklaim aman untuk kucing, namun sebaiknya jangan menggunakannya terutama ketika induk kucing sedang menyusui. Kondisi imunitas anak kucing yang masih sangat rentan terhadap zat-zat kimia akan memicu berbagai risiko kesehatan pada tubuhnya.

Lalu kapankah waktu yang tepat untuk memandikan kucing setelah melahirkan?

Sebaiknya kamu menunggu hingga anak kucing yang disusui sudah berusia 1,5 bulan hingga 2 bulan. Pada usia ini, kondisi imunitas tubuh anak kucing sudah lebih kuat sehingga aman untuk memandikan induknya.

Nah, itu dia sedikit ulasan untuk menjawab pertanyaan apakah kucing setelah melahirkan boleh dimandikan. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat untuk kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/19