Apakah Kucing Umur 3 Bulan Bisa Hamil?

Diposting pada

Apakah kucing umur 3 bulan bisa hamil? Mengingat kucing 3 bulan masih dikategorikan sebagai kitten atau kucing anakan. Namun terkadang hal ini menghantui cat lovers, terutama yang memelihara banyak kucing dalam satu tempat.

Hanya saja umumnya kucing baru menunjukkan tanda-tanda birahi di umur 4 bulan. Namun pada usia tersebut, tentu masih sangat rawan untuk mengawinkan kucing karena ditakutkan kondisi rahimnya masih belum kuat untuk mengandung.

Apakah Kucing Umur 3 Bulan Bisa Hamil?

Apakah Kucing Umur 3 Bulan Bisa Hamil?

Jawabannya sebenarnya TIDAK. Ini karena kucing betina tidak akan birahi atau menggoda kucing jantan untuk mengawininya. Selain itu, kucing jantan juga tidak akan tertarik pada kucing betina yang masih terlalu kecil.

Umumnya, dalam melampiaskan birahinya, kucing jantan akan lebih memilih mengawini hal-hal yang ada di sekitarnya mulai dari bantal, guling, bahkan pada kamu. Benar kan?

Jika kucing jantan mencoba mengawini kucing betina usia 3 bulan, biasanya akan terjadi penolakan dari si betina. Hal ini juga saya alami saat memelihara kucing dalam satu tempat. Jadi kamu tidak perlu kaget.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kucing betina usia 4 bulan lah yang baru bisa hamil. Pada usia ini, birahi pertama kucing betina akan mulai ditunjukkan.

Tandanya biasanya dengan cara mengguling-gulingkan badan di lantai, mengeong tanpa henti, hingga mengosokkan badan mereka ke sesuaut atau bagian tubuh kamu.

Perlu kami tekankan sekali lagi, sebaiknya jangan kawinkan kucing yang masih terlalu muda. Jika kamu memelihara banyak kucing, ketika musim kawin tiba, sebaiknya pisahkan antara kucing jantan dan betina untuk menekan risiko mereka kawin.

Namun jika ternyata kamu kecolongan, maka pastikan bahwa kondisi kucing hamil tersebut tetap sehat demi dirinya sendiri dan anak-anaknya.

Semoga ulasan singkat ini bermanfaat buat kamu, ya!