Apakah Kucing yang Baru Melahirkan Boleh Dimandikan?

Diposting pada
Binatangmu – Apakah kucing yang baru melahirkan boleh dimandikan? Ini adalah pertanyaan umum bagi cat lovers mengingat biasanya kucing yang hamil tidak akan dimandikan sebelum mereka melahirkan. Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai bolehkah kita memandikan kucing yang baru melahirkan.
apakah kucing yang baru melahirkan boleh dimandikan

Apakah Kucing yang Baru Melahirkan Boleh Dimandikan?

Jawabannya adalah SEBAIKNYA TIDAK. Mengapa? Kami memiliki beberapa alasan valid agar kamu sebaiknya tidak memandikan kucing yang baru melahirkan. Adapun alasannya adalah sebagai berikut:

Anak kucing masih membutuhkan kehangatan tubuh induknya

Ini adalah alasan paling penting yang harus kamu pertimbangkan saat ingin memandikan kucingmu. Sebenarnya tak hanya anak kucing, semua bayi hewan lain masih sangat bergantung pada induknya, terutama dalam memperoleh kehangatan.

Sekedar informasi, kucing merupakan jenis hewan berdarah panas. Maksudnya adalah mereka dapat menyesuaikan kondisi suhu tubuh mereka dengan lingkungan di sekitarnya. Namun saat kucing dimandikan, dibutuhkan waktu yang cukup lama agar induk kucing dapat mengembalikan suhu tubuhnya untuk menghangatkan anak mereka.
Untuk itulah, sebaiknya jangan memandikan induk kucing terlebih dahulu sebelum anaknya sudah dapat beradaptasi dengan suhu sekitar mereka. Menurut pengalaman kami, kamu dapat memandikan induk kucing ketika anak-anaknya sudah berusia 1,5 bulan.

Air susu kucing menjadi lebih dingin

Alasan berikutnya adalah air susu yang berada di dalam tubuh induk kucing juga akan menjadi lebih dingin daripada suhu normal. Anak kucing yang masih disusui membutuhkan air susu hangat induk mereka sehingga dapat bertahan hidup dengan normal. Ketika air susu induk kucing mendingin, maka air susu tersebut juga akan lebih sulit keluar.

Terdapat zat kimia dari shampoo kucing

Alasan yang terakhir adalah terdapat kandungan zat kimia yang berasal dari shampoo kucing. Kita semua tahu, meskipun ada beberapa produk shampoo yang mengklaim aman untuk kucing, namun masih terdapat kandungan zat kimia di dalamnya.
Coba pikirkan ketika zat kimia tersebut secara tidak langsung juga dikonsumsi oleh anak kucing ketika sedang menyusu pada induknya. Kondisi imunitas tubuh yang masih lemah dapat memicu masalah kesehatan pada anak kucing. Kamu tentu tak ingin hal tersebut terjadi, kan?
Itulah beberapa alasan untuk menjawab apakah kucing yang baru melahirkan boleh dimandikan atau tidak. Namun itu semua menurut pengalaman kami dalam memelihara kucing ataupun bertanya pada dokter hewan. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu ya.