Apakah Kucing yang Kabur dari Rumah Bisa Kembali?

Diposting pada

Binatangmu – Apakah kucing yang kabur dari rumah bisa kembali? Pertanyaan ini mungkin muncul saat kucingmu tiba-tiba hilang atau kabur dari rumahmu. Sebenarnya kucing yang kabur dari rumah bisa kembali karena naluri kucing cukup kuat dan sensitif.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang penyebab kucing kabur dari rumah dan apakah kucing yang kabur dari rumah bisa kembali atau tidak. Dengan begitu, kamu dapat mencegah agar kucing peliharaanmu tidak.

Apakah Kucing yang Kabur dari Rumah Bisa Kembali?

Penyebab Kucing Kabur dari Rumah

Untuk alasan atau penyebab kucing kabur dari rumah, ada beberapa hal yang memang sudah menjadi sifat alamiah kucing. Diantataranya adalah:

1. Perilaku Teritorial

Sekedar informasi, kucing merupakan hewan yang cukup sensitif terhadap wilayahnya atau cukup teritorial. Bahkan perilaku teritorial ini tidak hanya diaplikasikan di rumah, namun di sekitar wilayah yang dapat dijangkaunya. Cara kucing menandai teritorinya adalah dengan mengencingi tempat yang dianggap wilayahnya.

Perilaku teritori inilah yang dapat memicu dan menjadi penyebab kucing kabur dari rumah. Jadi sebenarnya bukan hal yang aneh apabila kucing keluar rumah. Namun hal ini pasti akan membuat kamu khawatir, terutama kalau kucing tersebut merupakan peliharaan kesayangan kamu. Benar, kan?

2. Naluri Berburu dan Penjelajah

Penyebab kucing kabur dari rumah yang selanjutnya adalah naruli alamiah mereka sebagai hewan pemburu dan penjelajah. Seperti yang kita tahu, kucing memiliki rasa keingintahuan yang sangat tinggi terhadap kondisi lingkungan di sekitarnya. Namun perlu diingat, hal ini berlaku untuk pada kucing domestik yang sejak dari kecil dibiarkan hidup mandiri dan main kemanapun mereka suka. Berbeda dengan kucing ras yang memang sejak kecil mereka hidup di lingkungan yang bisa dikatakan cukup terbatas.

3. Kucing Mencari Pasangan untuk Bereproduksi

Alasan kucing kabur dari rumah yang berikutnya adalah kucing sedang berada di kondisi birahi dan sedang mencari pasangan untuk kawin. Jika kamu memperhatikan, kucing yang sedang birahi memang cenderung lebih sering berusaha untuk keluar rumah ataupun lebih gelisah apabila dikurung. Hal ini menunjukkan bahwa mereka ingin melampiaskan hasrat kawin mereka dengan lawan jenis.

Terkadang untuk kucing rumahan berjenis kelamin jantan, mereka juga dapat tergoda mengejar kucing betina liar untuk dikawini. Bahkan kucing kami pernah keluar rumah selama 2 hari untuk mengejar betina.

4. Kucing Tidak Nyaman dengan Tempat Tinggalnya

Penyebab kucing kabur dari rumah yang selanjutya adalah kucing merasa tidak nyaman dengan tempat tinggal serta lingkungannya. Dalam hal ini, sebenarnya ada banyak sekali pemicunya apabila kita mau bedah secara detail. Misalnya kucing sering dipukuli di tempat tinggal asal, tidak mendapatkan makanan yang cukup, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah kucing akhirnya memilih untuk pergi dari tempat tinggal asalnya. Dengan kata lain, mereka akan mencari rumah serta pemilik baru yang lebih menyayangi mereka. Jadi jika kamu tidak ingin kehilangan kucingmu, rawat di dengan baik.

Apakah Kucing yang Kabur dari Rumah Bisa Kembali?

Setelah mengetahui penyebab kucing kabur, kini saatnya kita menjawab pertanyaan apakah kucing yang kabur dari rumah bisa kembali atau tidak. Jawabannya adalah BISA. Hal ini karena kucing memiliki kemampuan alami untuk dapat menemukan tempat tinggal asalnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa kucing yang kabur dari rumah bisa kembali lagi.

1. Kemampuan Homing

Maksudnya adalah kemampuan untuk kembali lagi ke rumah. Seperti halnya burung merpati, kemampuan homing yang dimiliki oleh kucing juga sanga kuat. Meskipun kucing dibuang jauh dari tempat tinggalnya, apabila mereka melihat jalanan yang mereka lewati, maka kucing tersebut akan tetap bisa kembali lagi ke rumah.

2. Kemampuan Sensorik yang Tinggi

Sekedar informasi, kucing memiliki tak kurang dari 19 juta ujung saraf reseptif di bagian hidungnya. Jumlah tersebut lebih banyak 4 kali apabila dibandingkan dengan manusia. Kemampuan sensorik inilah yang juga dapat membantu kucing dapat menemukan jalan pulang. Jadi ketika kucing kabur dari rumah, mereka sebenarnya dapat dengan sangat mudah kembali pulang.

Dengan kata lain, kucing sebenarnya mampu kembali lagi ke tempat tinggal asal mereka. Namun hal ini mungkin akan berbeda kondisinya apabila kucing memang sengaja kabur dari rumah untuk menemukan tempat tinggal lain yang lebih nyaman. Oleh karena itu, ketika kamu memelihara kucing, sebaiknya rawat mereka dengan sebaik-baiknya.

Semoga ulasan mengenai apakah kucing yang kabur dari rumah bisa kembali pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/23