Apakah Kucing yang Sedang Menyusui Boleh Dimandikan?

Posted on

Binatangmu – Apakah kucing yang sedang menyusui boleh dimandikan? Sebenarnya tergantung dari kondisi induk kucing dan juga umur anak kucing yang sedang disusui. Jadi tidak ada kata BOLEH ataupun TIDAK BOLEH karena hal tersebut harus melihat dari beberapa faktor yang memperbolehkan atau tidak memperbolehkan memandikan kucing yang sedang menyusui.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Apakah Kucing yang Sedang Menyusui Boleh Dimandikan?

Apakah Kucing yang Sedang Menyusui Boleh Dimandikan?

Dalam hal ini, kami akan membaginya dalam dua faktor, yakni faktor dari induk kucing dan anak kucing yang sedang disusui. Dengan begitu, kamu dapat mempertimbangkan apakah seharusnya memandikan induk kucing yang sedang menyusui atau tidak.

Faktor dari Induk Kucing

Faktor dari induk kucing biasanya berupa faktor eksternal seperti banyaknya kutu atau jamur yang menginfeksi induk kucing. Apabila kondisi ini dibiarkan, tentu saja kutu ataupun jamur dapat menular ke anak kucing yang sedang disusui, benar kan?

Namun perlu diketahui bahwa memandikan induk kucing dapat membawa efek yang cukup berbahaya bagi anak kucing. Hal ini karena masih terdapat kandungan zat kimia dari shampoo (baik itu shampoo khusus jamur ataupun shampoo untuk kutu). Jadi apabila kamu harus memandikan induk kucing, maka jangan biarkan ia menyusui dalam jangka 2 – 3 hari.

Selain itu, ketika induk kucing dimandikan, maka kondisi susu kucing yang keluar cenderung lebih dingin dibandingkan kondisi normalnya. Padahal anak kucing membutuhkan asupan susu yang hangat dari induknya.

Lalu bagaimana dengan anak kucing yang masih membutuhkan susu?

Kamu dapat mengganti susu induk kucing dengan susu kucing yang dapat diperoleh di petshop.

Faktor dari Anak Kucing

Untuk menjawab apakah kucing yang sedang menyusui boleh dimandikan, kamu juga harus mempertimbangkan usia anak kucing yang sedang disusui. Apabila anak kucing sudah berusia 2 – 3 bulan, sudah tidak ada masalah jika kamu memandikan induknya. Ini karena pada usia tersebut, sistem kekebalan anak kucing sudah cukup kuat bahkan ketika meminum susu yang dingin dari induk kucing ataupun menjilat sedikit zat kimia bekas shampoo kucing.

Namun apabila anak kucing masih berusia di bawah 2 bulan, maka pastikan anak kucing dapat meminum susu formula khusus kucing. Kamu dapat mencoba beberapa susu kucing yang cocok diberikan pada anak kucing. Setelah menemukan susu formula yang cocok, maka kamu dapat memandikan induk kucing dan memberikan susu formula untuk anak kucing sebagai penggantinya.

Kesimpulan

Apakah kucing yang sedang menyusui boleh dimandikan? Jawabannya boleh apabila anak kucing sudah cukup dewasa dan mampu mengonsumsi susu formula sebagai pengganti susu induk kucing. Terlebih apabila induk kucing memiliki masalah seperti kutu, jamur, dan sebagainya. Dengan kata lain, selalu pastikan beberapa faktor yang terkait dengan kesehatan induk kucing dan anaknya yang masih menyusui.

Semoga apa yang kami sajikan pada kesempatan kali ini bermanfaat buat kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/30