Apakah Kumis Arwana Bisa Tumbuh Lagi?

Posted on

Apakah Kumis Arwana Bisa Tumbuh Lagi? Ini mungkin pertanyaan yang ingin kamu tanyakan terlebih ketika terjadi sesuatu pada kumis arwana. Seperti yang kita tahu, kumis arwana memiliki resiko patah, bengkok, ataupun putus karena beberapa hal. Misalnya pertarungan dengan ikan arwana lain, terkena penyakit, dan lain sebagainya.

Untuk itulah, pada kesempatan ini kami akan menjelaskan mengenai pertanyaan apakah kumis arwana bisa tumbuh lagi ketika putus?

Apakah Kumis Arwana Bisa Tumbuh Lagi?

Apakah Kumis Arwana Bisa Tumbuh Lagi?

Jawabannya adalah BISA namun membutuhkan waktu yang lama. Sungut atau kumis arwana tidak akan dapat tumbuh lagi ketika sudah benar-benar tercabut dari akarnya atau tidak tersisa sama sekali. Jadi secara alami, kumis arwana tetap bisa tumbuh dengan jangka waktu lama.

Apa yang menyebabkan kumis atau sungut arwana patah atau putus? Alasan paling umum adalah karena ikan arwana stress dan sering menabrakkan kepalanya ke kaca aquarium. Selain itu, jenis penyakit seperti bakteri dan jamur yang menyerang tubuh arwana juga dapat menjangkiti bagian kumis sehingga perlahan kumis atau sungut arwana rusak.

Namun perlu diketahui, ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk menumbuhkan kumis atau sungut ikan arwana. Pertama, ikan arwana masih muda sehingga proses regenerasi bagian tubuhnya masih bagus. Kedua, kumis atau sungut tidak putus hingga pangkal atau akarnya. Ketiga, kerusakan bagian kumis bukan karena kelainan genetik. Arwana yang terlahir dengan kelainan genetik kemungkinan besar tidak akan dapat menumbuhkan kembali sungut atau kumisnya.

Bagaimana Cara Menyembuhkan Sungut Arwana yang Putus atau Patah?

Sebenarnya kamu tidak perlu melakukan apa-apa ketika kumis atau sungut arwana putus ketika usia arwana masih muda. Secara alami, bagian tubuh mereka akan pulih dengan sendirinya. Namun untuk arwana yang memasuki usia dewasa, terdapat beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan. Diantaranya:

  1. Bius arwana
  2. Potong bagian sungut atau kumis yang patah. Ingat, jangan potong hingga bagian pangkal. Cukup bagian yang patah saja!
  3. Kembalikan arwana ke aquarium dengan kualitas air yang bagus.

Dalam proses pennyembuhan kumis arwana yang terpotong, sebaiknya berikan makanan bergizi tinggi untuk membantu pemulihan. Selain itu, pastikan juga kualitas air selalu bersih sehingga terhindar dari bakteri atau jamur yang mungkin saja menempel di bagian sungut arwana.

Demikian sedikit penjelasan mengenai apakah kumis arwana bisa tumbuh lagi. Semoga bermanfaat.

https://t.me/s/binatangmucom/50