Penyebab Arwana Berenang di Permukaan Air

Diposting pada

Pernahkah Anda melihat arwana berenang di permukaan air? Ini memang jarang terjadi mengingat ikan arwana adalah jenis ikan yang memiliki stamina tubuh kuat.

Namun bukan berarti Anda menyepelekan ketika arwana tiba-tiba sering berenang di permukaan air. Meskipun ini bukan termasuk penyakit arwana, namun tentu saja Anda harus segera mengambil langkah yang tepat untuk mengatasi hal ini.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Mengobatinya Sisik Arwana Menghitam

Penyebab Arwana Berenang di Permukaan Air

Mengenai penyebabnya, umumnya ikan arwana yang tiba-tiba berenang di permukaan air mengalami stress. Ini adalah penyebab paling umum terlebih ketika kondisi ikan arwana tidak fit. Jadi bukan hal yang aneh apabila arwana juga kehilangan nafsu makan saat hal ini terjadi.

Adapun penyebab lain arwana berenang di permukaan aquarium adalah kurangnya oksigen. Hal ini dibarengi dengan perilaku arwana sering mangap bahkan berenang miring.

Oleh karena itu, pastikan pula bahwa aerator dan oksigen untuk arwana tetap terpenuhi sehingga Anda dapat menghindari hal tersebut.

Baca Juga : Kenali Penyebab dan Cara Mengobati Sisik Arwana

Mengobati Arwana Berenang Melayang

Terdapat beberapa langkah untuk mengobati arwana berenang melayang atau berenang di permukaan air. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berikan Vitamin Ikan

Cara yang pertama adalah dengan memberikan vitamin ikan. Cara ini dilakukan agar ikan arwana kembali pada kondisinya yang prima. Dalam arti agar arwana kembali mau makan makanan yang telah Anda sediakan.

Namun sebelum melakukan cara ini, pastikan kondisi aquarium benar-benar telah bersih serta perhatikan pula kadar oksigen dalam aquarium.

  1. Berikan Garam Inggris

Cara yang kedua adalah memberikan garam inggris pada aquarium. Tujuan pemberian garam inggris pada arwana adalah untuk memicu arwana buang angin.

Baca Juga : Penyebab dan Pencegahannya Arwana Drop Eye

Untuk pemberiannya, sesuaikan dengan volume air aquarium. Anda juga dapat memberikan garam inggris secara bertahap. Pada hari pertama, berikan sekitar 1 – 2 sendok teh. Jika masih belum ada tanda-tanda kesehatan arwana membaik, tambah dosis garam inggris.

  1. Berikan Metronidazol

Metronidazol merupakan obat antibiotik yang umumnya digunakan untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Pada ikan arwana, obat ini akan bekerja sebagai obat pelancar pencernaan.

Baca Juga : Cara Mengobatinya Ikan Arwana

Obat ini dapat diperoleh di apotik ataupun toko ikan yang menyediakan aneka obat-obatan. Perlu diperhatikan, pemberian dosis Metronidazol tidak perlu banyak-banyak.

Pertama, haluskan obat Metronidazol sampai halus dan seduh dengan air panas dalam 20 ml gelas. Kedua, aduk hingga obat benar-benar larut.

Barulah masukkan obat tersebut ke dalam aquarium. Selama 2 – 3 hari, jangan beri ikan arwana makan terlebih dahulu. Tujuannya agar perut ikan kembali kempes sehingga arwana tidak lagi berenang di permukaan air.

  1. Mengganti Air Aquarium

Sudah pernah mengganti air aquarium? Jangan-jangan penyebab arwana sering mangap dan berenang di permukaan adalah karena kondisi air yang tidak berkualitas.

Baca Juga : Ikan Hias Termahal Di Indonesia

Perlu diketahui, meskipun termasuk ikan yang memiliki stamina bagus, namun arwana sangat gampang stress. Lingkungan serta kualitas air pada aquarium dapat memicu stress berkepanjangan pada ikan arwana. Oleh karena itu, pastikan bahwa air aquarium benar-benar bersih.

  1. Kurangi Volume Air

Apabila beberapa langkah di atas masih belum memberikan efek baik pada ikan arwana, maka Anda dapat mencoba dengan mengurangi volume air aquarium. Hal ini untuk memicu agar arwana kembali berenang ke dasar atau tengah aquarium.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Hias

Itulah sedikit ulasan mengenai penyebab serta cara mengobati arwana berenang di permukaan. Jadi apabila Anda masih baru memelihara arwana, berilah service yang baik sehingga ikan dapat tumbuh kembang dengan maksimal.

Semoga apa yang kami ulas pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat sobat  Binatangmu.Com