Arwana Berenang Miring? Penyebab dan Solusi

Posted on

Ketika arwana berenang miring, Anda pasti takut terjadi hal yang tidak diinginkan pada peliharaan kesayangan. Benar kan? Bagi yang sudah lama memelihara arwana, tentu tak akan khawatir.

Sebaliknya, bagi pemula, perlu diketahui apa saja penyebab dan bagaimana mengobati arwana yang berenang miring. Cara Mengobatinya Ikan Arwana

Penyebab Ikan Arwana Berenang Miring

Ini beberapa penyebab mengapa ikan arwana berenang miring. Diantaranya adalah:

  • Memindahkan ikan arwana dari satu tank ke tank lain (biasanya dari tank yang berukuran lebih kecil ke tank yang lebih besar).
  • Ikan arwana stress dikarenakan lampu yang diletakkan di samping aquarium ataupun cahaya lampu yang terlalu silau. Ini karena biasanya aro mengikuti cahaya dimana lampu berasal.
  • Arwana terkena penyakit DE (Drop Eye) yang membuat keseimbangan tubuhnya tidak stabil.
  • Mata ikan arwana mengalami kebutaan (salah satunya atau bahkan dua-duanya).

Biasanya jika ikan arwana sudah berenang miring, pasti bagian perutnya cekung masuk sebelah. Selain itu nafsu makannya juga hilang. Kalau dilihat dari beberapa penyebab di atas, tentu saja ikan arwana sedang tidak baik-baik saja kan? Kemudian bagaimana solusinya?

Solusi Mengobati Arwana yang Berenang Miring

Untuk penyebab arwana yang baru beradapatasi dengan lingkungan atau tank baru, cukup tunggu sekitar 1 – 3 hari. Biasanya arwana akan kembali berenang seperti biasanya. Arwana Sering Mangap ??? Kenali Penyebabnya Hal ini karena arwana masih mengalami sedikit stress sehingga membutuhkan penyesuaian terhadap wilayah barunya.

Kemudian jika arwana berenang miring karena silaunya lampu, makan solusinya adalah jangan memasang lampu dari depan. Usahakan pasang lampu dari atas dengan pencahayaan yang pas.

Cahaya lampu yang terlalu silau bahkan terlalu gelap juga dapat membuat ikan arwana tidak nyaman. Lebih bagus lagi jika peletakan lampu diposisikan di bagian tengah aquarium (di atas permukaan air) lalu diberikan penutup aquarium.

Sedangkan untuk arwana yang renang miring karena terjangkit penyakit mata turun sebelah atau DE, satu-satunya solusi adalah dengan mengoperasi mata arwana. Penyebab Arwana Berenang di Permukaan Air Karena memiliki risiko yang terlalu besar jika dilakukan oleh pemula, sebaiknya bawa arwana ke ahlinya untuk melakukan operasi mata.

Demikian pembahasan dari kami tentang Penyebab dan Solusi Arwana Berenang Miring. Semoga bermanfaat sobat Binatangmu.Com