Arwana Sering Mangap ??? Kenali Penyebabnya

Posted on

Binatangmu.Com Banyak orang yang mengatakan bahwa ketika arwana sering mangap, itu merupakan ciri-ciri arwana mau mati. Pendapat tersebut tentu tidak sepenuhnya benar namun juga tidak dapat dikatakan salah.

Mengapa? Pasalnya salah satu penyebab yang paling sering dialami oleh ikan, termasuk arwana, yang menyebabkan sering mangap adalah kondisi oksigen dalam air yang kurang.

Meski demikian, jika Anda tidak segera mengambil langkah yang tepat, tentu saja kondisi kesehatan arwana akan semakin memburuk.

Oh iya! Untuk Anda yang masih belum familiar, mangap adalah kondisi dimana ikan arwana sering buka tutup mulutnya. Lantas apa saja penyebabnya?

ARWANA SERING MANGAP? KENALI PENYEBABNYA
ARWANA SERING MANGAP? KENALI PENYEBABNYA

Inilah Penyebab Arwana Sering Mangap

Seperti yang kami jelaskan di atas, arwana akan sering mangap ketika kondisi oksigen dalam aquarium tidak tercukupi. Pada kondisi ini, ikan arwana akan cenderung berenang di permukaan air.

Lambat laun, tubuh arwana akan lemas sehingga harus diambil langkah tepat untuk mencukupi kebutuhan oksigen dalam aquarium. Selain kekurangan oksigen, masih ada beberapa hal yang membuat ikan arwana sering mangap.

Baca Juga : Tips Untuk Memilih Ikan Arwana Yang Bagus 

Perubahan Parameter Air

Contohnya adalah ketika Anda memindahkan arwana dari satu tempat ke tempat lain. Perubahan kondisi air tersebut akan membuat arwana kaget dan terpaksa harus menyesuaikan diri.

Oleh karena itu, ketika ingin memindahkan arwana, pastikan tempat barunya memiliki kondisi air yang berkualitas dan sesuai dengan kenyamanan arwana.

Keracunan

Keracunan dapat dipicu dari kebersihan air aquarium yang kurang. Misalnya Anda tidak sering membersihkan aquarium atau terdapat kerusakan pada filter sehingga kotoran dalam air tidak dapat tersanitasi dengan baik.

Oleh karena itu, untuk mencegah kondisi yang lebih fatal, sebaiknya selalu pastikan bahwa kondisi air aquarium selalu bersih.

Ikan Arwana Mengalami Stress

Meskipun memiliki kondisi fisik yang kuat, namun ikan arwana sangat mudah stress. Stress pada ikan arwana dapat dipicu oleh beberapa hal. Salah satunya adalah adanya ikan arwana lain di sekitarnya.

Sekedar informasi, ikan arwana merupakan ikan yang sangat menjaga teritori wilayahnya. Selain itu, stress juga dapat dipicu oleh kondisi arwana yang kurang sehat.

Jenis Jenis Ikan Arwana

  1. Arwana Merah

Arwana merah berasal dari berbagai tempat di Propinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red).

Perairan ini merupakan wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba tersebut.

Arwana Super Red
Arwana Super Red

Akan tetapi kondisi mineral, lingkungan air gambut (black water), dan banyaknya cadangan pangan yang memadai telah mengkondisikan pengaruh yang baik terhadap evolusi warna pada ikan yang bersangkutan.

Pengaruh geografis itu juga menyebabkan terciptanya variasi yang berbeda terhadap morfologi ikan ini, seperti badan yang lebih lebar, kepala berbentuk sendok, warnah merah yang lebih intensif, dan warna dasaryang lebih pekat

  1. Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden,CBG)

Golden varietas cross back merupakan bagian dari varietas arwana golden. Varietas ini dijumpai di berbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor.

Oleh karena itu, mereka sering diberikan julukan sesuai dengan tempat asalnya, seperti Golden Pahang, Bukit Merah Blue atau Malaysian Gold.

Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden,CBG)
Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden,CBG)

Disebut sebagai cross back, karena varietas ini saat dewasa memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya. Varietas ini harganya relatif lebih mahal bahkan paling tinggi dibandingkan lainnya karena termasuk jarang ditemui.

CBG dibagi menjadi beberapa kelas berdasarkan warna dasar sisik, yaitu Purple-Based (warna dasar ungu), Blue-Based (warna dasar biru), Gold Based (warna dasar emas), dan Silver-Based (warna dasar perak).

Baca Juga : Penyakit dan Cara Mengobati Ikan Arwana

Arwana Gold dengan warna dasar emas diketahui dapat mencapai warna penuh pada usia lebih muda dibandingkan dengan varietas lain.

  1. Arwana Golden (Ekor Merah, Red Tail Golden, RTG).

Merupakan verietas dari arwana golden dan sering disebut sebagai Arwana Golden Indonesia (Indonesian Golden Arwana). Varietas ini dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatera.

Berbeda dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau lebih baik bisa mencapai baris ke lima.

Seperti halnya verietas cross back, warna dasar sisik RTG bisa biru, hijau, atau emas. Begitu pula dengan warna bibir, ekor, dan sirip, kedua varietas ini memiliki keragaan yang sangat mirip. RTG muda memiliki warna lebih kusam dibandingkan dengan varietas cross back muda.

  1. Arwana Hijau

Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan juga di beberapa tempat di Indonesia. Variasi penampakandan warna bisa saja ditemukan di masing-masing daerah.

Meskipun demikian secara umum dapat dikatakan bahwa pada umumnya berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor. Kepala dan mulutnya lebih besar dan lebih membulat dibandingkan dengan jenis arwana asia lainnya.

Baca Juga : Hewan Langka di Indonesia

  1. Arwana Banjar Merah

Banjar Merah boleh dikatakan merupakan varietas arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan merupakan strain murni arwana merah.

Penampakannya ditunjukkan oleh warna sirip yang orange pucat, ekor berwarna orange atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan maupun di pipi.

Arwana Banjar Merah
Arwana Banjar Merah

Sepintas Banjar Merah muda sangat mirip dengan Arwana Merah muda, sehingga tidak jarang hal ini dapat mengecoh para hobiis baru. Banjar dicirikan juga oleh bentuk kepala yang cenderung membulat dengan mulut yang tidak terlalu lancip.

  1. Arwana Red Spotted Pearl vs Jardini

Arowana irian (jardini) ada 2 macam. Yang umum ditemui berwarna dasar hijau dan bermutiara merah. Jenis jardini lain berwarna dasar hitam dan bermutiara emas serta lebih sulit ditemui.

Di Australia ditemukan pula jardini tipe 1 (warna dasar hijau, mutiara merah) yang disebut red spotted pearl (Scleropages leichardty).

Cross back dan golden red; red spotted pearl dan jardini adalah kerabat, dengan perbedaan lingkungan yang mempengaruhi performa.

Itulah sedikit informasi mengenai arwana sering mangap. Dari penjelasan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa arwana sering mangap merupakan salah satu tanda bahwa kondisi fisik arwana sedang tidak baik-baik saja.

Semoga sedikit informasi yang kami berikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi Anda sobat binatangmu.com.