Bagaimana agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan?

Diposting pada

Binatangmu – Bagaimana agar kucing tidak buang kotoran sembarangan? Hal ini karena meskipun kucing sudah terlatih BAB di litter box, namun ada kalanya tiba-tiba kucing buang kotoran sembarangan. Kondisi ini tentu saja akan membuat kamu bete, kan? Kamu harus membersihkan kotoran tersebut yang tentu akan menyebabkan bau dan tidak bersih.

Bagaimana agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan?

Lantas Bagaimana agar Kucing Tidak Buang Kotoran Sembarangan?

Kami memiliki beberapa cara agar kucing tidak buang kotoran sembarangan menurut pengalaman kami dalam merawat kucing. Cara ini mungkin juga dapat kamu terapkan pada kucingmu sehingga mereka dapat BAB di tempat yang telah kamu sediakan. Adapun cara agar kucing tidak BAB sembarangan adalah:

1. Biasakan Kucing untuk BAB di Litter Box

Cara ini dapat diterapkan untuk sejak kucing masih kecil. Ketika mereka terbiasa untuk buang kotoran di litter box atau kotak pasir, maka sampai dewasa mereka juga akan melakukan hal tersebut. Kondisi ini sama halnya buat kamu yang membiasakan kucingmu untuk BAB di kloset.

Kami sendiri pernah mencoba melatih kucing kampung untuk buang kotoran di WC. Kucing tersebut akhirnya terbiasa pergi ke WC ketika mereka ingin buang kotoran. Dengan begitu, kami hanya tinggal menyiramnya saja.

2. Pastikan Tidak Ada Tempat Kotor di Tempat Tinggal Kucing

Bagaimana agar kucing tidak buang kotoran sembarangan? Salah satu langkah yang dapat kamu lakukan adalah dengan memastikan bahwa tidak ada tempat kotor di area tempat tinggal kucing. Cara ini dapat kamu aplikasikan pada kucing ras yang dirawat di sebuah tempat tertentu.

Sekedar informasi, kucing merupakan hewan yang sangat bersih. Ketika mereka buang air, kucing cenderung akan mencari tempat yang kotor serta dapat menutup bau dari kotorannya. Apabila di area tempat tinggal kucing terdapat tempat kotor baik berupa tumpukan kertas ataupun sampah-sampah lain, kucing akan mengira bahwa itu adalah tempat untuk buang kotoran.

Oleh karena itulah, kamu harus benar-benar memastikan bahwa tidak ada tempat kotor di area tempat tinggal kucing.

3. Bersihkan Litter Box dari Kotoran Kucing di Dalamnya

Cara yang selanjutnya adalah dengan membersihkan kotoran yang masih terdapat di litter box. Hal ini karena ada kucing yang memiliki karakter sangat bersih sehingga mereka merasa tidak nyaman ketika masih terdapat banyak kotoran yang belum dibersihkan di kotak pasir.

Jadi kamu juga harus memahami bagaimana karakter kucing peliharaanmu. Jangan terlalu lama membiarkan kotoran kucing di kotak pasir. Apalagi jika satu litter box digunakan oleh banyak kucing.

Nah, itu dia solusi bagaimana agar kucing tidak buang kotoran sembarangan. Semoga sedikit pembahasan di atas dapat bermanfaat buat kamu, ya!

https://t.me/s/binatangmucom/31