Bagaimana Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan?

Posted on

Bagaimana cara mengatasi kucing yang tidak mau makan? Ini adalah permasalahan umum bagi pecinta makhluk berbulu ini. Hal tersebut karena terkadang kucing yang biasanya lahap ketika makan tiba-tiba menjadi lebih pasif bahkan lebih sering tidur. Kondisi ini bisa dikatakan normal namun juga bukan berarti kucing dalam keadaan yang baik-baik saja. Bisa saja kucing kamu sedang sakit ataupun tidak memiliki selera makan.

Untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai bagaimana cara mengatasi kucing yang tidak mau makan.

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan?

Kenali Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Kami percaya bahwa ada sebab dan akibat terhadap segala hal, termasuk kenapa kucing tidak mau makan. Jadi kamu harus mengetahui terlebih dahulu penyebab kucing tidak mau makan. Umumnya, kucing yang tidak mau makan disebabkan oleh beberapa hal seperti kucing sedang stress, sakit, sedang hamil, hingga kucing tidak menyukai dengan makanan yang disajikan. Ketika kamu sudah mengetahui penyebab kucing tidak mau makan, maka kamu akan lebih mudah mengatasinya.

Bagaimana Cara Mengatasi Kucing yang Tidak Mau Makan

Untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan, kami memiliki beberapa solusi yang juga dapat kamu aplikasikan pada kucing kesayanganmu. Solusi yang kami sajikan berdasarkan pengalaman kami dalam merawat kucing selama beberapa tahun hingga sekarang. Adapun solusi bagaimana cara mengatasi kucing yang tidak mau makan adalah sebagai berikut:

1. Pastikan Kesehatan Kucing

Ini adalah langkah pertama yang perlu kamu lakukan. Seperti yang kami jelaskan di atas, kucing yang sakit dapat memicu hilangnya nafsu makan mereka. Secara kasat mata, jika kamu sudah hidup lama bersama kucingmu, kamu dapat mengetahui apakah kucing sedang sakit atau tidak.

Misalnya ketika kucingmu biasanya sangat aktif dan tiba-tiba ia lemas, maka dapat dipastikan bahwa kucingmu sedang dalam kondisi yang tidak baik-baik saja. Apabila kamu memiliki biaya lebih, kamu dapat memeriksakan kondisi kesehatan kucing ke dokter hewan.

2. Pastikan Kucing Tidak Hamil

Cara yang berikutnya adalah memastikan bahwa kucing sedang tidak hamil. Sekedar informasi, beberapa kucing yang pertama kali hamil memang akan kehilangan nafsu makannya terutama di bulan-bulan pertama kehamilan. Hal ini dipengaruhi oleh adaptasi tubuh kucing terhadap calon janin yang berada dalam kandungannya. Namun kondisi ini tidak berlaku untuk semua kucing hamil. Kami sendiri pernah memiliki kucing hamil yang nafsu makannya menjadi sangat lahap.

3. Ganti Makanan Kucing

Jika kamu sudah memastikan bahwa kucing tidak sedang sakit ataupun hamil, maka cobalah mengganti makanan mereka. Umumnya, kucing menyukai makanan yang memiliki aroma lebih kuat seperti pakan basah. Nah, apabila kamu biasanya memberikan pakan kering (dry food) untuk kucing, maka cobalah menggunakan pakan basah (wet food) pada kucing.

Cara yang satu ini terbukti sangat efektif untuk membangkitkan nafsu makan kucing. Untuk mendapatkan pakan basah, kamu dapat membelinya di petshop. Sudah banyak sekali merk atau brand pakan basah yang dapat dipilih.

4. Berikan Vitamin Penambah Nafsu Makan

Cara mengatasi kucing yang tidak mau makan berikutnya adalah dengan memberikan vitamin penambah nafsu makan. Biasanya kucing memang kehilangan nafsu makan mereka ketika kondisi tubuh mereka tidak fit. Memberikan vitamin penambah nafsu makan menjadi alternatif terbaik agar mereka dapat kembali lahap dalam mengonsumsi makanan yang kamu sediakan.

Itu dia beberapa cara mengatasi kucing yang tidak mau makan, yang dapat kamu lakukan. Semoga ulasan mengenai bagaimana cara mengatasi kucing yang tidak mau makan di atas dapat bermanfaat buat kamu.

https://t.me/s/binatangmucom/20