Berapa Kali Anjing Bisa Melahirkan? Ini Faktanya!

Posted on

Berapa kali anjing bisa melahirkan seumur hidupnya? Kamu mungkin juga penasaran dan bertanya-tanya tentang hal ini. Ya, siklus kawin anjing memang cukup berbeda dengan kucing yang relatif lebih cepat.

Umumnya, anjing betina akan mengalami loop atau pendarahan ketika memasuki usia 6 bulan. Pendarahan tersebut menunjukkan bahwa organ reproduksi anjing sudah siap untuk dibuahi sehingga saatnya mereka kawin.

Lalu, Berapa Kali Anjing Bisa Melahirkan Seumur Hidupnya?

Jawabannya adalah tergantung dari berapa rutin mereka dikawinkan selama masa kawin tiba. Hal tersebut tentu juga tergantung dari berhasil atau tidaknya proses pembuahan yang dilakukan oleh anjing jantan.

Berapa Kali Anjing Bisa Melahirkan
Berapa Kali Anjing Bisa Melahirkan

Untuk itulah, penting kiranya mengetahui masa reproduksi anjing yang akan kami rangkum sebagai berikut:  Kedewasaan seksual anjing dialami ketika anjing berusia 8 – 12 bulan. Pada masa ini, anjing dapat dikatakan siap untuk dikawinkan.

  • Kedewasaan Fisik anjing terjadi ketika berusia 12 – 24 bulan.
  • Loop atau pendarahan berlangsung selama 6 bulan sekali. Pendarahan pada anjing betina menunjukkan bahwa sel telur mereka siap dibuahi oleh sperma anjing jantan.
  • Masa kehamilan berlangsung selama 56 – 66 hari. Namun rata-rata anjing hamil sekitar 3 bulan.
  • Dalam sekali melahirkan, hanya terdapat sekitar 4 – 6 puppies. Dalam beberapa kasus, anjing hanya dapat memiliki 1 anak bahkan hingga 16 anak dalam sekali melahirkan. Namun rata-ratanya adalah 4 – 6 anak saja.
  • Proses menyusui puppies sektar 3 – 8 minggu.

Nah, setelah membaca siklus reproduksi anjing betina di atas, kini saatnya membahas tentang rata-rata umur anjing. Secara umum, anjing akan hidup dengan umur 10 – 13 tahun.

Rentang usia tersebut tidak terlepas dari sehat atau tidaknya anjing serta jenis anjing apa yang sedang kamu pelihara.  Kemudian berapa kali idealnya anjing bisa melahirkan? Untuk rata-ratanya sendiri adalah 5 – 7 kali seumur hidupnya.

Dengan asumsi anjing tidak terjangkit penyakit yang membahayakan organ reproduksinya.  Selain itu, usia anjing yang semakin tua juga dapat mempengaruhi apakah anjing tersebut masih dapat dibuahi oleh anjing jantan atau tidak.

Demikian sedikit ulasan mengenai Berapa Kali Anjing dapat Melahirkan. Semoga bermanfaat sobat binatangmu.com