18 Binatang yang Paling Setia kepada Pasangannya dan Manusia

Diposting pada

Binatangmu.com Sebagai makhluk hidup, tak hanya manusia, tentu terdapat binatang atau hewan yang setia. Kesetiaan pada binatang sendiri dapat diartikan bahwa binatang tersebut tidak akan mudah berpaling, baik dari pasangannya ataupun majikannya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang beberapa binatang yang paling setia kepada pasangannya dan juga kepada manusia.

Binatang yang Paling Setia pada Pasangannya

  1. Burung Merpati

Pernah memelihara merpati? Jika Anda merupakan pecinta burung yang satu ini, dapat dipastikan bahwa Anda mengerti betapa setianya hewan ini. Burung merpati memang dikenal sebagai salah satu simbol kesetiaan.

Hal ini karena burung merpati hanya akan mencari pasangannya seumur hidup. Saat sudah bertemu pasangannya, maka mereka akan setia hingga salah pasangannya mati.

Burung Merpati
Burung Merpati

Tak hanya setia, burung merpati juga romantis. Biasanya burung merpati jantan akan membuatkan sarang untuk keluarganya, terutama saat pasangannya bertelur. Keduanya pun akan mengerami telur mereka selama 2 – 3 minggu hingga menetas.

  1. Kupu-Kupu

Tak hanya cantik, kupu-kupu juga ternyata sangat setia pada pasangannya. Hewan indah ini akan kawin dan bertelur sekali dalam hidupnya. Inilah yang membuat hidup kupu-kupu terbilang cukup singkat.

Kupu-Kupu
Kupu-Kupu

Yang paling setia dari sepasang kupu-kupu adalah kupu-kupu betina. Umumnya saat telah memiliki pasangan, kupu-kupu betina akan menjauh dan menolak setiap jika ada kupu-kupu jantan yang mendekatinya. Caranya adalah dengan menutup sayap yang dimiliki oleh kupu-kupu betina. So Sweet!

  1. Kuda Laut

Hewan yang paling setia berikutnya adalah kuda laut. Baru tahu kan? Mengutip dari situs hitekno, kuda laut juga termasuk binatang yang setia.

Kuda Laut
Kuda Laut

Saat kuda laut betina bertelur, maka ia akan menaruh telur-telurnya di kantung kuda laut jantan. Mereka akan bekerja sama hingga semua telur tersebut menetas.

  1. Angsa

Selain merpati, angsa juga menjadi simbol kesetiaan dan kasih sayang. Berbeda dengan burung merpati yang akan mencari pasangan ketika pasangannya mati, angsa tidak demikian.

Angsa
Angsa

Angsa akan selalu setia bersama pasangannya, kecuali pasangannya tidak bisa bereproduksi atau mati. Uniknya, untuk memamerkan kesetiaan mereka, angsa jantan dan angsa betina akan saling menautkan kepala mereka secara romantis.

  1. Serigala

Jangan salah! Hewan yang terkenal ganas ini juga termasuk dalam salah satu hewan yang paling setia loh. Di balik kebuasannya, serigala merupakan jenis hewan yang sangat peduli pada kelompok dan keluarganya.

Serigala
Serigala

Pada pasangannya, baik serigala jantan ataupun betina, mereka akan tetap bersama hingga salah satunya mati. Saat serigala jantan atau betina mati, maka mereka baru akan mencari pasangan baru.

  1. Buaya

Jika kamu pernah dicap sebagai “Buaya Darat”, jangan rendah diri. Itu berarti kamu setia. hehe. Buaya merupakan salah satu hewan buas yang ternyata juga sangat sertia pada pasangan mereka.

Buaya
Buaya

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Savannah River Ecology Laboratory, sekitar 70 persen buaya selalu memiliki pasangan yang sama ketika musim kawin tiba. Padahal sebenarnya buaya memiliki kesempatan yang sangat besar untuk memilih pasangan baru.

  1. Burung Parkit

Burung parkit juga termasuk hewan yang setia. Burung ini merupakan hewan sosial yang dapat merasa sedih ketika tidak punya teman apalagi pasangan. Jadi tak heran apabila burung parkit biasanya hidup secara berkelompok.

Burung Parkit
Burung Parkit

Terhadap pasangannya, burung parkit tidak akan meninggalkan satu sama lain kecuali kematian menjemput salah satunya. Uniknya, ketika pasangan atau teman dekat mereka mati, burung parkit dapat mengalami gangguan kecemasan yang luar biasa.

  1. Berang – Berang

Hewan setia yang berikutnya adalah berang-berang. Bahkan sepasang berang-berang yang telah menjadi orang tua akan bekerja sama dalam memelihara sarang mereka untuk anak-anaknya.

Berang - Berang
Berang – Berang

Saat anak mereka beranjak dewasa, maka orang tua berang-berang akan meninggalkan koloni dan kemudian mencari serta membentuk koloni baru.

  1. Penguin Jambul Kuning

Mengutip dari situs IdnTimes, Penguin Jambul Kuning juga masuk dalam kategori hewan yang paling setia terhadap pasangannya. Selama hidupnya, Penguin Jambul Kuning akan mencari pasangan mereka.

Penguin Jambul Kuning
Penguin Jambul Kuning

Setelah menemukan pasangan, mereka akan kembali pulang ke tempat terakhir dimana mereka membuat sarang. Bahkan faktanya, Penguin Jambul Kuning dapat menjadi sangat agresif ketika melihat penguin lain mencoba merayu pasangan mereka.

  1. Siamang

Siamang merupakan hewan yang akan membangun ikatan sehidup semati dengan pasangan mereka. Bagi Siamang, berpasangan dapat mengoptimalkan sumber makanan serta mengheman energi dalam melindungi wilayah mereka.

Siamang
Siamang

Umumnya Siamang akan menghabiskan hari-hari bersama serta membagi makanan dan merawat anak-anak mereka sampai dapat hidup mandiri.

  1. Ikan Bidadari Prancis

Diantara spesies ikan, Ikan Bidadari Prancis terkenal sebagai ikan yang sangat setia kepada pasangan. Uniknya, ikan ini tidak akan peduli dengan anak-anak mereka setelah telur menetas.

Ikan Bidadari Prancis
Ikan Bidadari Prancis

Dua pasangan Ikan Bidadari Prancis akan terus hidup selamanya dan melindungi wilayah teritori mereka.

  1. Burung Hantu

Tahukah kamu bahwa Burung Hantu termasuk burung yang setia, bahkan sangat agresif ketika keluarga atau pasangan mereka didekati. Burung ini juga terkenal sangat protektif.

Burung Hantu
Burung Hantu

Mereka bahkan akan tetap berusaha melindungi keluarganya saat lawannya berukuran lebih besar sekalipun.

  1. Rayap

Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, namun rayap juga terkenal sangat setia kepada pasangannya.

Rayap
Rayap

Biasanya rayap akan membentuk koloni yang didalamnya terdapat ratusan bahkan ribuan pasangan. Diantara semua rayap, mereka akan tetap setia dengan pasangan mereka masing-masing. Unik, ya!

Itu dia beberapa binatang yang paling setia terhadap pasangannya.

Hewan yang Paling Setia Kepada Manusia

Setelah mengetahui hewan-hewan yang setia pada pasangannya, berikut adalah beberapa hewan yang setia pada manusia.

  1. Anjing

Siapa yang menyangkal bahwa anjing merupakan salah satu hewan yang setia kepada manusia. Ya, binatang yang satu ini memang sangat setia pada majikannya.

Anjing
Anjing

Hal ini karena anjing dapat mengingat bau serta wajah majikan mereka, terutama ketika mereka diadopsi dari kecil.

  1. Kucing

Selain anjing, kucing juga termasuk setia pada majikannya. Meskipun terlihat sangat cuek dan sering bertindak seenaknya, namun kucing sangat sensitif terhadap emosional manusia.

Hal ini karena kucing sudah sejak lama beraktivitas dan hidup di sekitar manusia, yang kemudian menciptakan ikatan erat antara kucing dan manusia.

Kucing
Kucing

Mengutip dari laman BBC, sebuah penelitian menemukan bukti yang kuat bahwa kucing mampu melihat ekspresi wajah manusia, terutama majikannya. Kucing juga dapat merasakan apakah manusia sedang sedih, marah, bahagia, dan sebagainya.

Tak hanya itu, semakin sering kucing tinggal bersama dengan manusia, semakin sensitif pula mereka dalam membaca emosi orang tersebut.

  1. Kambing

Meskipun sangat jarang manusia menjadikan kambing sebagai peliharaan, namun tahukah kamu bahwa kambing juga setia kepada manusia. Mengutip dari situs IDNTimes, sebuah penelitian membuktikan bahwa kambing sama pintarnya dengan anjing dan memiliki kemampuan untuk membangun emosi dengan manusia.

Kambing Etawa
Kambing Etawa

Dalam jurnal Biology Letters, sebuah studi membuktikan bahwa kambing menatap pemiliknya dengan cara yang sama dengan anjing ketika mereka ingin meminta sesuatu. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat komunikasi kompleks antara manusia dan kambing.

  1. Kuda

Penelitian yang dilakukan oleh University of Sussex membuktikan bahwa kuda mempunyai kapasitas yang sangat kuat untuk mengenali ekspresi wajah dan emosi positif serta negatif manusia. Kuda juga sangat sensitif terhadap stres dan kecemasan.

Kuda
Kuda

Manusia yang memiliki hubungan lama, spesial, dan penuh kasih sayang dapat memberikan kuda kepercayaan.

Bahkan dalam penelitian tersebut dijelaskan bahwa jika dirawat dengan sangat baik dan tanpa paksaan, kuda akan menjadi hewan yang lebih setia dibandingkan peliharaan seperti anjing ataupun kucing.

  1. Kelinci

Berbeda dengan hewan lain, kelinci juga merupakan hewan yang setia pada manusia. Hanya saja, dibutuhkan waktu yang lebih lama bagi kelinci agar benar-benar setia pada majikannya.

Kelinci
Kelinci

Setelah itu, maka kelinci akan mampu menerima kasih sayang dan kontak dengan manusia.

Demikian beberapa Hewan yang Paling Setia Kepada Pasangannya dan Manusia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat Binatangmu.Com