Bolehkah Kucing Makan Keju? Ketahui Faktanya!

Diposting pada

Bolehkah Kucing Makan Keju ? Sebuah pertanyaan yang mungkin ada di pikiran kamu. Mengingat terkadang kucing kita iseng mengendus-endus serta memakan potongan keju yang tertinggal di atas meja. Padahal keju sendiri bukan makanan kucing. Apakah boleh jika kucing makan keju? Jika tidak boleh, apa efek buruknya untuk kucing? Semua pertanyaan itu akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Bolehkah Kucing Makan Keju? Ketahui Faktanya!

Bolehkah Kucing Makan Keju?

Jawabannya adalah BOLEH namun harus dibatasi. Mengapa? Hal ini karena keju merupakan bahan makanan yang berasal dari susu. Tentu saja kucing juga meminum susu, namun jenis susu yang dijadikan sebagai keju sebagian besar adalah susu sapi atau susu kambing.

Sekedar informasi, susu sapi memiliki kandungan laktosa yang sangat tinggi apabila dibandingkan dengan jenis susu lainnya. Dengan kandungan laktosa tersebut, dikhawatirkan apabila terlalu banyak dikonsumsi oleh kucing, maka akan muncul gejala intoleran laktosa. Dampak terburuk dari banyaknya laktosa yang dikonsumsi oleh kucing adalah saluran pencernaan yang terganggu.

Jika kucing tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi keju, kemudian bagaimana dengan pemberian susu sapi murni pada kucing? Apakah efeknya juga sama?

Jawabannya adalah IYA. Pemberian susu murni ataupun keju dapat menganggu pencernaan kucing. Ini adalah dampak buruk paling umum yang dapat dialami ketika terlalu sering makan keju.

Lambung kucing diciptakan untuk mencerna segala zat yang berasal dari daging-dagingan. Berbeda dengan anjing yang dapat dilatih menjadi vegetarian, kucing merupakan karnivora agregat. Maksudnya adalah hewan karnivora yang tak dapat dilatih atau dibiasakan untuk mengonsumsi sayur/buah dalam porsi banyak.

Dengan kata lain, lambung ataupun organ pencernaan kucing tidak dirancang untuk terlalu banyak mencerna laktosa ataupun zat lain yang tidak terdapat pada daging. Kucing yang terlalu banyak mengonsumsi laktosa biasanya akan mengalami masalah seperti diare. Untuk itulah, jangan biasakan memberikan makan keju ataupun susu sapi untuk kucing.

Kesimpulan: Untuk pertanyaan Bolehkah Kucing Makan Keju? Jawabannya adalah BOLEH, namun jangan terlalu sering atau harus dibatasi.

Semoga apa yang kami sajikan pada kesempatan kali ini bermanfaat bagi kamu, ya!

https://t.me/s/binatangmucom/8