Cara Bius Arwana Step by Step

Diposting pada

Binatangmu.com Cara bius arwana mungkin dibutuhkan bagi sebagian besar pecinta ikan arwana. Hal ini karena terkadang ikan arwana memang butuh dibius untuk mengobati penyakit arwana seperti mata juling, insang arwana terlipat, memotong ekor yang rusak, dan lain sebagainya.

Oleh karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas bagaimana tips dan cara bius arwana yang harus Anda ketahui.

Mempersiapkan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum mengulas lebih jauh mengenai cara bius arwana, perlu diingat bahwa sebaiknya dilakukan dengan sangat hati-hati.

Apabila Anda tidak yakin untuk membius arwana, alangkah lebih baiknya jika meminta bantuan orang lain yang lebih berpengalaman. Inilah beberapa alat yang perlu Anda persiapkan untuk membius arwana.

  • Plastik yang sesuai dengan ukuran ikan. Semakin besar ukuran plastik, semain bagus. Siapkan setidaknya 2 plastik, yakni 1 untuk bius dan 1 untuk mengembalikan arwana ke aquarium.
  • Pinset atau gunting kecil yang telah disterilkan. Dapat disterilkan dengan air mendidih atau alkohol terlebih dahulu.
  • Obat Bius. Banyak sekali merk obat bius yang dapat Anda peroleh di toko-toko ikan hias.
  • Kain Basah.
  • Antibiotik untuk mencegah infeksi.
  • Oksigen (Bila Perlu).

Apabila semua alat bius arwana di atas telah siap, maka Anda dapat mengikuti beberapa cara bius arwana di bawah.

Cara Bius Arwana

Sebagai pemula, lakukan beberapa cara buat ikan pingsan berikut ini. Tujuannya agar ikan arwana dapat terbius dengan baik.

  1. Langkah Pertama

Anda telah mempersiapkan 2 plastik. Isi salah satu plastik dengan air aquarium, setidaknya ¼ plastik. Tujuannya untuk mengembalikan ikan arwana ke aquarium setelah selesai dibius.

  1. Langkah Kedua

Tangkap ikan arwana secara lembut. Usahakan jangan mengagetkan arwana ketika ditangkap. Jika sudah, masukkan ikan tersebut ke dalam plastik yang satunya. Usahakan agar air hanya cukup sampai punggung ikan arwana cara. Namun Anda tetap harus berhati-hati agar ikan arwana tidak melompat dari plastik tersebut.

  1. Langkah Ketiga

Cara bius arwana yang berikutnya adalah dengan memasukkan obat bius sesuai dengan takaran ke dalam plastik yang di dalamnya terdapat ikan arwana.

Umumnya obat bius ikan arwana sebanyak 1 ml dapat digunakan pada 3 liter air. Jadi Anda harus berhati-hati dalam pemberian obat bius tergantung merknya. Masukkan obat bius tetes demi tetes hingga ikan arwana pingsan.

  1. Langkah Keempat

Apabila ikan arwana sudah terbius, maka lakukan langkah perawatan yang Anda butuhkan. Misalnya ingin mengoperasi mata juling ikan arwana, memotong sisiknya yang cacat, dan lain sebagainya. Perlu diperhatikan, meskipun ikan arwana dalam kondisi pingsan, lakukan langkah perawatan dengan sangat hati-hati.

  1. Langkah Kelima

Jika sudah, maka pindahkan arwana yang masih terbius ke dalam plastik kedua yang telah Anda persiapkan tadi. Plastik tersebut berisi air aquarium.

Selanjutnya masukkan plastik ikan arwana tersebut ke dalam aquarium namun jangan lepaskan arwana ke dalam aquarium terlebih dahulu. Dalam plastik, arahkan aerator atau power head yang ada oksigennya hingga insang ikan arwana bergerak.

Jika sudah, maka Anda dapat melepaskan ikan arwana tersebut ke dalam aquarium. Dalam kondisi tersebut, umumnya ikan arwana akan mulai sadar kembali sekitar 1 – 4 menit tergantung dari efek obat bius yang Anda berikan.

  1. Langkah Keenam

Nah, jika sudah selesai melakukan langkah-langkah di atas, maka Anda dapat memasukkan antibiotik untuk mencegah terjadinya pendarahan pada ikan arwana dari proses operasi yang telah Anda lakukan. Adapun jenis antibiotik yang digunakan pun beragam, tergantung dari keinginan Anda.

Tips Memperindah Akuarium Ikan Arwana

Ikan arwana memiliki tubuh yang pipih atau compressed. Oleh karena itu, ikan ini dapat dinikmati keindahannya hanya dari samping.

Bentuk tubuh yang pipih membuat arwana lebih cocok untuk ditempatkan di akuarium. Jika Anda berminat untuk memelihara arwana, sebaiknya simak terlebih dahulu tips di bawah ini agar akuarium ikan arwana Anda menjadi menarik.

Memperindah Akuarium Ikan Arwana
Memperindah Akuarium Ikan Arwana
  1. Bentuk dan Ukuran Akuarium

Ukuran dan bentuk akuarium akan mengikuti ukuran tubuh arwana. Selain agar ikan arwana bisa bergerak bebas, ukuran perbandingan besaran akuarium akan memengaruhi kesan saat dipandang.

Misalnya saja untuk arwana dengan ukuran panjang tubuh kurang dari 20 cm, ukuran akuarium yang cocok digunakan adalah 60 cm × 30 cm × 32 cm atau 80 cm × 40 cm × 42 cm. Ketebalan kaca yang dibutuhkan adalah 5 mm.

Sementara, untuk ikan arwana yang berukuran lebih dari 20 cm, membutuhkan akuarium yang berukuran 100 cm × 50 cm × 45 cm dengan ketebalan kaca 8 mm. Untuk ikan yang berukuran lebih dari 45 cm, akuarium yang dibutuhkan adalah 120 cm × 60 cm × 55 cm dengan ketebalan kaca sekitar 10—12 mm.

Saat ini bentuk akuarium arwana sangat beragam. Ada yang hanya kerangka hingga dibentuk menjadi buffet.

  1. Aquascaping

Sesuai dengan habitat asli dari ikan arwana adalah sungai dengan berbagai macam biota yang ada di dalamnya. Dengan menambahkan aquascaping seperti tanaman air, batu, kerikil, ataupun kayu, akan menampilkan kesan pemandangan di bawah sungai yang indah. Ikan pun akan lebih nyaman dan tidak mudah stres.

Namun untuk menghindari tanaman dirusak oleh ikan karena digigit dan ditarik, Anda dapat menggunakan kaca tipis untuk menyekat akuarium menjadi dua bagian. Dengan begitu, tanaman terlindungi.

Jika Anda tidak menguasai teknik aquascaping, penggunaan foto tanaman dan benda alam lainnya dapat menjadi jalan alternatif untuk memperindah. Sementara, dasar akuarium dapat diberi pasir dan kerikil.

  1. Community Tank dan Paludarium

Ikan arwana terkenal dengan ikan yang soliter. Namun, ikan arwana juga bisa hidup bersama dalam satu wilayah. Nilai tambah dari penggunaan community tank adalah dapat menghemat tempat dan biaya pemeliharaan.

Dengan memelihara lebih dari satu ikan arwana dalam satu akuarium besar seperti community tank atau paludarium, hal ini bisa menaikkan gengsi Anda.

  1. Penempatan Akuarium

Karena fungsi dari akuarium ikan arwana sebagai pajangan, penempatan akuarium harus di tempat pusat perhatian.

  1. Perawatan Akuarium

Perawatan harus dilakukan rutin agar akuarium bertahan lebih lama. Perawatan akuarium dilakukan dengan perawatan harian, perawatan mingguan, perawatan dua mingguan, dan perawatan bulanan.

Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai bagaimana Cara Bius Arwana Dari Awal Hingga Akhir. Semoga apa yang kami jelaskan pada kesempatan kali ini dapat memberikan Anda manfaat dalam merawat ikan arwana kesayangan Anda.