Tips dan Cara Memilih Ikan Arwana

Diposting pada

Bagi pecinta ikan arwana, mungkin akan cukup mengalami kesulitan ketika ingin memilih arwana silver yang bagus.

Hal ini karena ikan arwana sendiri memiliki banyak jenis mulai dari arwana silver hingga arwana super red dan golden red. Selain itu, masing-masing dari jenis ikan arwana tersebut memiliki ciri khas tersendiri.

Nah, untuk itulah, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas mengenai bagaimana cara memilih arwana silver dan juga arwana jenis lain. Dengan begitu, Anda dapat menentukan kualitas ikan arwana sebelum memeliharanya.

Cara Memilih Arwana Silver Terbaik
Cara Memilih Arwana Silver Terbaik

Cara Memilih Arwana Silver yang Bagus dan Berkualitas

Terdapat beberapa cara untuk memilih arwana silver yang bagus. Mengutip dari situs CNC Virtual , inilah cara untuk mengenali ikan arwana yang berkualitas.

Beberapa ciri berikut ini tentu saja tidak terlepas dari bagaimana menilai anatomi fisik ikan arwana. Adapun caranya memilih arwana silver yang bagus untuk pemula adalah:

Baca Juga : Penyebab Arwana Mangap

  • Badan (Tubuh) Arwana Silver

Pertama-tama, lihat dan perhatikan bentuk tubuh ikan arwana tersebut. Ikan arwana silver, pilihlah yang tubuhnya memanjang. Hal ini berbeda jika anda ingin memilih arwana tipe lain seperti super red, golden red, dan sebagainya.

Selain ikan arwana silver, carilah yang bentuk badannya melebar. Selain itu, pastikan bahwa tubuh ikan arwana tersebut tidak cacat seperti bengkok, berjamur (ada titik-titik putih di badannya), serta bungkuk.

  • Sirip Arwana yang Bagus

Tips selanjutnya adalah dengan memperhatikan sirip ikan arwana silver pilihan Anda. Sirip ikan arwana yang bagus memiliki bentuk panjang serta menyerupai kipas ketika ikan arwana berenang.

Baca Juga : Ciri Ciri Ikan Arwana Stress 

Selain itu, sirip ikan arwana harus simetris. Maksudnya bentuk sirip kanan dan kiri harus sama.

  • Bentuk Ekor Arwana

Cara memilih arwana yang berkualitas berikutnya dapat dilihat dari bentuk ekor ikan tersebut. Ekor arwana yang bagus akan selalu mekar, baik ketika ikan arwana tersebut diam ataupun berenang.

Pastikan juga bahwa tulang pada sirip ekor jangan ada yang putuh atau patah. Terkadang, jika Anda beruntung, akan ada ikan arwana silver yang ekornya berbentuk unik seperti bentuk kobaran api.

  • Bentuk Kepala Ikan Arwana

Kepala ikan arwana silver yang cukup kecil namun dikombinasikan dengan badan panjang dan lebar tentu akan membuat ikan arwana lebih sangar.

Namun terdapat hal lain yang perlu Anda perhatikan yakni kepala ikan arwana yang berkualitas umumnya berbentuk spoon head yakni akan mendongak ke atas.

Jadi antara kepala dan punggung ikan arwana tersebut membentuk cekungan layaknya sendok.

  • Mata Ikan Arwana yang Bagus

Tips selanjutnya untuk memilih ikan arwana yang bagus adalah mata ikan arwana harus jernih, bening, dan bercahaya.

Meski terlihat sepele, namun mata ikan arwana merupakan bagian yang rawan terserang penyakit Drop Eye atau mata turun. Selain itu, beberapa jenis penyakit lain yang rawan menyerang arwana adalah juling, berkabut, dan lain sebagainya.

  • Bentuk Mulut Arwana

Hal terpenting dalam melihat bentuk mulut ikan arwana silver adalah jangan sampai bentuk mulutnya cakil. Maksudnya bibir bagian arwana letaknya lebih maju dari bibir atas sehingga menutupi bibir atas tersebut.

Baca Juga : Hewan Langka di Indonesia

Jadi mulut ikan arwana harus benar-benar menutup secara sempurna, baik ketika ikan tersebut bergerak ataupun diam.

Bahkan bagi sebagian kolektor ikan arwana, mereka mencari ikan arwana yang memiliki bibir atas lebih maju dibandingkan bibir bawahnya. Jenis bibir tersebut disebut dengan mulut hiu sehingga memiliki nilai lebih.

  • Sifat dan Kepribadian Ikan Arwana

Cara memilih arwana silver yang bagus selain dari bentuk fisiknya, juga harus diperhatikan sifat serta kepribadiannya. Ikan arwana harus memiliki gaya renang yang anggun dan santai.

Tidak tergesa-gesa dan mudah terkejut. Selain itu, ikan arwana tidak takut ketika manusia mendekat. Arwana yang demikian menunjukkan bahwa ia memiliki mentak yang bagus.

Di samping itu, ikan arwana yang lebih sering berenang di tengah aquarium juga dinilai lebih berkualitas dibandingkan dengan arwana yang cenderung berenang di dasar ataupun permukaan aquarium.

Terlebih ikan arwana yang lebih suka mojok di aquarium. Jenis arwana tersebut dapat dipastikan memiliki kepribadian yang tidak bagus karena lebih mudah stress.

Itulah beberapa cara untuk memilih arwana silver yang bagus. Cara di atas juga dapat diterapkan untuk memilih arwana silver red hingga pino.

Hal yang membedakan adalah untuk jenis ikan arwana yang memiliki sisik berwarna, maka pilihlah arwana yang sisiknya cenderung memiliki warna merata di seluruh tubuhnya.

Cara Memilih Anakan Ikan Arwana yang Bagus

Pada penjelasan di atas telah kami sebutkan beberapa tips memilih arwana silver yang bagus untuk pemula. Untuk penjelasan berikutnya, kami akan menjabarkan cara memilih anakan ikan arwana yang bagus.

Hal ini tentu ditujukan bagi Anda yang ingin membeli anakan ikan arwana dan memeliharanya dari kecil. Adapun beberapa ciri fisik anakan arwana berkualitas. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Bentuk Tubuh dan Sisiknya

Secara umum, ciri fisik anakan ikan arwana berkualitas adalah dari bentuk tubuhnya yang memiliki punggung lurus, tidak bungkuk, serta terlihat kuat, gagah, dan kekar.

Hal ini karena umumnya anakan ikan arwana dengan ciri fisik tersebut akan tumbuh menjadi arwana yang berkualitas. Tentu saja juga tak terlepas dari bagaimana cara Anda merawatnya.

Selain itu, untuk bagian sisiknya, Anda dapat melihat bahwa sisik ikan arwana cenderung tampak cerah mulai dari kepala hingga ujung ekornya.

Baca Juga : Penyakit dan Cara Mengobati Ikan Arwana

Juga tidak ada bagian sisik anakan arwana yang terlihat rusak, luka, atau cacat. Anakan arwana berkualitas juga tak memiliki ekor sobek sehingga bentuknya benar-benar sempurnya layaknya kipas.

Bentuk Sirip Normal

Cara memilih anakan ikan arwana yang berkualitas berikutnya yakni dari bentuk siripnya yang normal. Adapun contoh sirip arwana yang cacat adalah terlihat dari bengkok di bagian pangkal.

Sebaliknya, sirip anakan ikan arwana yang berkualitas tampak mengembang dan lebar ketika berenang. Sirip depan anakan ikan arwana juga cukup panjang dan tidak bengkok.

Mata Anakan Ikan Arwana Tidak Keluar

Ciri selanjutnya adalah mata anakan ikan arwana tidak terlalu menjorok atau keluar. Hal ini tentu juga akan berpengaruh pada tumbuh kembang anakan ikan arwana tersebut.

Pasalnya tak sedikit kasus dimana ikan arwana yang mulai dewasa mengalami berbagai masalah dengan matanya mulai dari drop eye hingga mata ikan arwana juling.

Itulah beberapa cara untuk memilih anakan ikan arwana yang berkualitas. Dengan kata lain, tidak semua anakan ikan arwana tumbuh menjadi arwana yang bagus.

Hal ini dipengaruhi oleh faktor genetic sehingga kecacatan ikan arwana dari kecil sangat sulit untuk disembuhkan. Lantas apakah ada perbedaan dalam menentukan anakan ikan arwana betina dan jantan? Jawabannya adalah tidak, karena ciri-cirinya sama saja.

Demikian sedikit ulasan mengenai Tips dan Cara Memilih Arwana Silver yang bagus Untuk Pemula. Semoga apa yang kami jabarkan pada kesempatan kali ini dapat memberikan manfaat bagi Anda sobat binatangmu.com