Cara Mengobati Kucing Demam Dan Lemas Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Mengobati Kucing Demam Dan Lemas – Gejala atau tanda apabila kucing demam atau panas biasanya akan sulit untuk makan dan juga keadaannya juga sangat lemas.

Hal ini pastinya sangat mencemaskan dan membuat khawatir pemilik dari si kucing tersebut, Bahkan tidak jarang si kucing tidur terus seharian serta tidak beraktivitas sama sekali.

Sebenarnya ada cara mudah dan efektif yang bisa kita lakukan untuk menurunkan panas atau demam pada kucing.

Lalu bagaimana caranya?

Baiklah mari kita bahas cara menurunkan demam dan panas pada kucing.

Cek Kondisi Kucing

Pertama-tama yang bisa kita lakukan adalah cek kondisi dari tubuh kucing kita, Apakah kucing kita ini panas dan demam atau tidak?

caranya adalah, kamu bisa pegang atau meraba bagian ketiak kucing hingga ke bagian perutnya, jika kucing itu mengalami demam maka akan terasa hangat mulai dari bawah leher serta di sekitar ketiak.

Jika setelah kita cek seperti tadi dan memang kucing kita itu sedikit lebih panas atau hangat itu pertanda bahwa kucing kita itu memang sedang dalam kondisi demam.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tentang Anjing German Shepherd Atau Herder

Menurunkan Demam Dengan Air Kelapa Ijo

Sebelum kita bawa ke dokter hewan atau di obati dengan obat-obatan. kucing yang demam bisa kita obati dengan air kelapa ijo atau air kelapa muda.

Selain mudah didapatkan dimana saja, air kelapa ijo juga banyak sekali manfaatnya diantaranya adalah untuk menurunkan demam atau panas Disamping itu juga dapat menetralisir racun pada tubuh serta bisa menggantikan cairan tubuh juga pada manusia maupun hewan.

Sebagai catatan jika air kelapa ijo sesudah dibuka, jangan diberikan lagi kepada si kucing jika sudah terkena udara lebih dari enam jam, karena zat – zat yang terkandung di dalamnya sudah kurang baik.

Cara meminumkan air kelapa ijo nya harus memakai pipet yang biasa dipakai untuk tetes obat, karena biasanya kucing itu tidak mau minum sendiri.

Lalu berapa takaran air kelapa ijo yang harus kita berikan untuk kucing yang sedang demam?

Kita bisa memberikan sekitar 3 – 4 mili setiap satu jam sekali, tetapi apabila pengobatannya berbarengan dengan obat – obatan alangkah baiknya jangan diberikan secara berbarengan.

Berikan jeda sekitar 1 jam antara air kelapa ijo dan obat sehingga mengurangi efek pada si kucing.

Cara meminumkannya juga tidak boleh sembarangan, cara yang paling bagus adalah lewat samping mulut si kucing di antara taringnya, agar si kucing tidak tersedak cairan.

Baca Juga: Kapan Kucing yang Habis Melahirkan Boleh Dimandikan?

Menurunkan Demam Dengan Alkohol 70%

Jika dirumah kamu tidak tersedia kelapa ijo ataupun sulit untuk mendapatkannya, kamu juga bisa menggunakan alkohol 70% dan alkohol juga bisa digunakan untuk menurunkan demam atau panas pada kucing.

Tetapi patut diingat jika alkohol ini hanya untuk pengobatan luar saja ya, tidak untuk diminumkan kepada si kucing.

Cara menggunakannya adalah kita tuang alkohol sedikit saja ke tangan kita lalu setelah itu kita usap usapkan di kedua tangan kita selanjutnya langsung kita usapkan di daerah sekitar bawah leher hingga ketiak sampai ke perut kucing.

Cara ini akan membantu untuk menurunkan panas atau demam pada tubuh si kucing jadi tidak usah terlalu banyak dan jangan sampai basah.

Kenapa cara ini aman? karena alkohol ini cepat kering dibandingkan jika kita menggunakan air.

itulah tadi dua cara dan bahan yang bisa kita gunakan yang pastinya mudah untuk kita dapatkan di sekitar kita tetapi sangat ampuh untuk mengobati atau menurunkan panas dan demam pada kucing.

Caranya sangat mudah kan? biasanya jika kita menggunakan cara di atas dengan teratur, keesokan harinya panas dan demam pada si kucing sudah turun.

Efeknya adalah si kucing akan segar kembali serta tidak lemas dan biasanya akan langsung meminta makan.

Semoga bermanfaat! untuk info mengenai serba – serbi hewan terus kunjungi binatangmu.com yah sobat.